10 Marketing Tools untuk Promosi di Instagram

Memulai usaha atau bisnis merupakan pilihan terbaik saat ini, khususnya bisnis online. Hampir seluruh masyarakat telah mengenal bisnis ini, sehingga persaingan bisnis online pun semakin ketat. Salah satu media yang digunakan pebisnis online adalah Instagram.

Penggunaan Instagram yang sangat mudah membuat para pebisnis online memilih Instagram sebagai media jualan. Anda dapat mem-posting foto-foto produk yang Anda jual untuk dilihat para followers. Namun semakin menjamurnya bisnis online di Instagram, tak mudah bagi pebisnis online pemula menembus omzet yang ditargetkan.

Untuk dapat bersaing dengan pebisnis online yang lain diperlukan marketing tools yang tepat. Marketing tools bisa meliputi Scheduling Content, Editing, Content Management, dan lain-lain.

Berikut ini beberapa marketing tools yang dapat memudahkan Anda dalam berbisnis di Instagram.

Later

Later, atau yang lebih sering disebut Latergramme, adalah sebuah aplikasi sederhana dan efektif untuk penjadwalan posting Instagram Anda. Latergramme memiliki interface yang mudah dinavigasi dan Anda dapat menggunakannya pada beberapa perangkat (termasuk desktop, seluler, iOS, dan Android).

Later App
Later App [sumber]
Aplikasi ini dapat Anda manfaatkan untuk menentukan waktu posting, khususnya ketika jadwal peluncuran produk baru. Namun kelemahannya, aplikasi ini tidak dapat posting secara otomatis. Anda hanya diberikan notifikasi pengingat jadwal posting saja.

Hootsuite

Hootsuite merupakan sebuah situs layanan manajemen konten yang dapat terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti : Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dan WordPress. Jadi, aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan cross-post terhadap konten yang sama di situs sosial media lain.

Hootsuite App
Hootsuite App [sumber]
Jika yang Anda butuhkan adalah memanajemen dashboard ke semua sosial media, Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini. Tetapi, jika yang Anda butuhkan hanyalah menjadwalkan postingan untuk Instagram, interfacenya mungkin sedikit lebih rumit.

Boomerang

Boomerang adalah aplikasi video dari Instagram yang dapat membantu Anda membuat video pendek. Aplikasi ini akan mengambil gambar dengan cepat sebanyak 10 frame yang selanjutnya dijadikan sebuah video. Setelah itu, Anda bisa share videonya ke Instagram atau Facebook.

Boomerang App
Boomerang App [sumber]
Dengan mem-posting video, akan membuat tampilan Instagram Anda lebih dinamis, artinya tidak hanya foto yang sifatnya statis saja yang dapat Anda share ke followers Anda.

Layout

Layout adalah aplikasi Instagram resmi untuk membuat multi-image collages untuk postingan di Instagram. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menggabungkan hingga sembilan foto dengan memilih salah satu dari beberapa template.

Layout App
Layout App [sumber]
Aplikasi ini sangat mudah digunakan, Anda harus memilih foto yang ingin digunakan, menentukan tata letak yang disukai (garis vertikal, garis horizontal, kombinasi, dsb.), kemudian mulai mengeditnya secara mendetail. Ketika mengedit, Anda dapat mengubah ukuran foto, menerapkan efek cermin, atau mengganti foto dengan foto yang lain. Layout juga memiliki modus photo booth yang dapat Anda gunakan untuk membuat komposisi cepat, lucu, dan dinamis.

VSCO

VSCO App
VSCO App [sumber]
Sebagian besar orang pasti mendambakan hasil foto yang bagus. Jika Anda adalah salah satunya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi VSCO untuk menunjang hasil foto produk Anda. Dengan desain yang bagus dan interface sederhana, VSCO dapat menjadikan foto produk Anda terlihat lebih profesional meskipun sebenarnya Anda hanya menggunakan smartphone ketika mengambil foto. Ditambah lagi, banyaknya filter yang disuguhkan oleh VSCO pastinya akan membuat foto produk Anda semakin memukau.

Repost

Repost adalah aplikasi untuk mengepost ulang foto atau video yang sudah di-upload oleh pengguna lain. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk me-repost testimoni pembeli Anda yang telah di-upload ke akun instagram mereka.

Wishpond

Wishpond adalah sebuah aplikasi dengan banyak tool yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas pemasaran sosial media Anda. Salah satu tool yang dapat Anda gunakan adalah Instagram Hashtag Contest.

Wishpond - Hashtag Contest
Wishpond – Hashtag Contest [sumber]
Hashtag contest bisa dibilang menjadi salah satu strategi meningkatkan follower akun Instagram Anda. Anda bisa membuat persyaratan bahwa untuk mengikuti hashtag contest yang Anda buat peserta wajib mem-follow Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengorganisir hashtag contest dan mengumpulkan semua foto Instagram yang melekat pada hashtag tertentu. Sehingga, akun Instagram Anda akan lebih produktif dan hashtag contest yang Anda selenggarakan akan lebih efektif.

Websta

Websta adalah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melakukan analisis akun Instagram Anda. Anda dapat dengan mudah melihat perkembangan bisnis Anda di Instagram dengan aplikasi ini.

Websta App
Websta App [sumber]
Websta akan menampilkan laporan analisis yang mudah Anda pahami, menawarkan wawasan tentang posting, engagement, hashtag, dan siapa saja pengguna Instagram yang tepat menjadi target market Anda.

Have2Have.It

Have2Have.It akan mempermudah followers berbelanja di akun Instagram online shop Anda. Aplikasi ini akan membuat followers mengklik link yang terdapat pada profil bio dan akan menampilkan sebuah halaman yang sama dengan feed Instagram Anda. Pada halaman tersebut, followers dapat membeli langsung produk yang mereka inginkan. Sehingga akan meningkatan penjualan dan pendapatan online shop Anda.

Have2Have.It App
Have2Have.It App [sumber]
Selain memudahkan followers, Have2Have.It juga memudahkan Anda sebagai pebisnis online. Anda dapat mengelola bisnis Anda di desktop atau mobile. Anda dapat menambahkan tulisan pada feed Have2Have.It Anda dengan menandai beberapa produk dalam gambar pada dashboard Anda, sehingga memudahkan followers untuk membeli satu set produk secara lengkap.

Instagram Ads

Dengan jumlah pengguna Instagram yang lebih dari 500 juta pengguna, Instagram menjadi salah satu platform iklan mobile terbesar di dunia. Anda dapat mengubah profil akun Instagram Anda menjadi profil bisnis. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan akun Instagram Anda dengan halaman Facebook Anda. Dengan fitur ini, akan semakin banyak target market yang berhasil Anda jangkau.

Format Instagram Ads
Format Instagram Ads

Dengan Instagram Ads, promosi Anda akan semakin tertarget karena Instagram Ads memiliki penargetan mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Dengan begitu memungkinkan menempatkan iklan Anda langsung di depan target market.

Nah, sekarang Anda dapat menerapkan tools dan aplikasi di atas kemudian lihatlah mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Selamat mencoba!

Comments