12 Aplikasi Penunjang Aktivitas Bisnis UKM dan Startup yang Bisa Dipakai Gratis!

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis UKM atau startup sendiri, kendala akan mulai muncul satu demi satu saat bisnis mulai berjalan. Untuk itu, kehadiran aplikasi bisnis ukm bisa jadi solusi yang menarik untuk Anda jadikan pertimbangan. Dengan pemanfaatan teknologi seperti mobile apps, produktivitas Anda dalam menjalankan bisnis pun ikut meningkat.

Daripada kebingungan harus mencari aplikasi tersebut satu persatu, berikut Ngorder tampilkan beberapa aplikasi yang bisa Anda jadikan pilihan. Penasaran? Langsung simak saja penjelasannya di bawah ini!

Skype

Sebagai aplikasi yang sudah cukup lama dikenal untuk kebutuhan chatting jarak jauh, ternyata Skype juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis, lho! Walaupun saat ini sudah banyak yang menjadi kompetitor aplikasi ini, nyatanya Skype masih banyak diminati pengguna dari seluruh dunia. Ini terbukti lewat 10 juta ulasan positif di Google Play Store akan aplikasi ini.

Sumber: windowscentral.com

Dengan memanfaatkan Skype, Anda bisa melakukan video call atau voice call dengan maksimal 25 orang sekaligus, berbagi file dengan berbagai ukuran, dan juga berbagi layar komputer atau juga mengirimkan pesan video atau suara.

Slack

Sumber: slack.com

Slack merupakan alternatif aplikasi bisnis ukm selain Skype untuk kebutuhan komunikasi. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa mengatur komunikasi tim melalui channel publik atau privat untuk berkirim pesan. Untuk mengirimkan dokumen juga mudah, Anda bisa langsung drag-and-drop dokumen dan akan langsung ter-upload secara otomatis. Aplikasi ini merupakan salah satu favoritnya startup teknologi.

Rescuetime

Sumber: alternativeto.net

Ingin tahu seberapa lama Anda menghabiskan waktu saat online? Coba gunakan Rescuetime, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengukur waktu kerja di depan laptop atau komputer. Dengan memanfaatkannya, Anda bisa bekerja lebih efisien dan menggunakan waktu lain dengan lebih bijak.

Asana

Sumber: asana.com

Jika Anda sedang mencari cara yang lebih efisien untuk berkolaborasi dengan tim, Asana bisa jadi aplikasi bisnis ukm yang menarik untuk digunakan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membagikan tugas kepada setiap anggota tim dan memantaunya melalui website atau aplikasi smartphone yang tersedia secara gratis. Anda juga bisa berbagai dokumen langsung melalui Google Drive atau Dropbox di aplikas ini, tanpa perlu mengandalkan email.

Trello

Sumber: trello.com

Trello merupakan aplikasi dan website yang memungkinkan Anda untuk melacak alur kerja dari anggota tim. Dengan memanfaatkannya, Anda bisa memberikan tugas dalam bentuk board yang terlihat seperti sticky notes yang biasa digunakan di kantor konvensional. Perbedaannya, semua dilakukan secara online tanpa perlu bertatap muka.

Evernote

Sumber: evernote.com

Sama seperti Trello, Evernote merupakan aplikasi bisnis ukm yang memungkinkan kamu mengsinkronisasi to-do-list dan berfungsi sebagai pengingat kegiatan yang bisa diakses melalui website atau aplikasi smartphone resminya secara gratis.

Dropbox

Sumber: blogs.dropbox.com

Masih bingung sebenarnya apa fungsi dari Dropbox? Sebenarnya aplikasi ini merupakan media penyimpanan berbasis cloud layaknya hard disk yang Anda miliki. Bedanya, semua dokumen yang Anda miliki tersimpan secara digital dan bisa diakses kapan saja dan oleh siapa saja. Perlu Anda ketahui, Dropbox sudah digunakan lebih dari 200.000 bisnis di seluruh dunia, jadi popularitasnya berbanding lurus dengan kualitasnya.

Paypal Here

Sumber: windowscentral.com

Jika biasanya Paypal digunakan sebagai platform penyedia layanan pembayaran global dengan biaya yang terjangkau, nah Paypal Here merupakan versi portabelnya. Aplikasi ini bisa digunakan melalui smartphone selayaknya mesin kasir digital, sehingga Anda bisa melakukan pembayaran dengan cepat tanpa perlu membuka website resminya.

Addappt

Sumber: thenextweb.com

Addappt berfungsi layaknya address book yang Anda miliki. Aplikasi ini memungkinkan klien atau tim Anda melakukan update informasi pribadinya di profil Anda, yang biasanya berisi nomor telepon, alamat email, hingga pekerjaan. Sangat cocok sekali dimanfaatkan sebagai aplikasi bisnis ukm yang Anda miliki.

Wave

Sumber: getapp.com

Apakah Anda kesulitan mengurus pembukuan di perusahaan? Coba saja gunakan Wave, yang merupakan aplikasi dan situs yang membuat pekerjaan pembukuan Anda jadi lebih mudah. Aplikasi ini memang ditujukan untuk UKM, karena umumnya digunakan untuk tim dengan jumlah maksimal 9 orang saja. Dengan Wave, Anda bisa melacak penjualan dan pengeluaran, mengatur invoice, hingga membuat laporan keuangan.

Freshbooks

Sumber: getapp.com

Freshbooks merupakan alternatif lain untuk masalah pembukuan, yang secara khusus digunakan untuk melacak dan mengatur invoice pembayaran perusahaan Anda. Tampilannya juga lebih profesional dan memudahkan Anda untuk melakukan penagihan, karena invoice bisa langsung dikirimkan ke klien atau konsumen.

Gusto

Sumber: financesonline.com

Bagi Anda yang melakukan pembayaran gaji karyawan dengan sistem payroll, Gusto bisa dijadikan pilihan menarik. Dengan aplikasi bisnis ukm ini, Anda bisa membantu pembuatan alur pembayaran gaji, pajak, dan juga bonus. Selain itu, dengan Gusto Anda bisa melaporkan pajak dan karyawan baru dengan otomatis.

 

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Tips Cara & Keuntungan Jualan di Shopee

Dari beberapa aplikasi di atas, manakah yang sudah pernah Anda gunakan? Jika masih ada yang belum Anda coba, saatnya Anda mulai mempertimbangkannya. Aplikasi bisnis ukm tersebut bukan hanya membantu produktivitas, tetapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan profit. Selamat mencoba!

 

Sumber: Nerd Wallet