15 tips praktis untuk meningkatkan penjualan toko online Anda

Selama beberapa tahun terakhir boleh dikatakan adalah masa kejayaan bisnis jualan online di Indonesia. Banyak bermunculan brand-brand baru, namun mereka mendapat antusisme yang tinggi dari masyarakat. TokoPedia, BukaLapak, BliBli, Lazada, tentu Juragan & Sista sudah tidak asing dengan mereka. Selain itu ada ratusan ribu brand rintisan lain dengan topik sama: menjual produk mereka secara online.

Bagi anda yang baru memulai atau sedang merintis, tentu kita juga ingin seperti mereka yang mampu menghasilkan omzet tinggi dan terus meningkat. Berikut ini ada beberapa tips singkat dan praktis untuk meningkatkan penjualan toko online:

  1. Pastikan Agan & Sista punya halaman sendiri untuk setiap produk yang dijual.
  2. Jadikan barang jualan Agan & Sista unik, artinya punya deskripsi sendiri untuk setiap produk yang dijual, jangan hanya copy-paste keterangan produk dari produsen / supplier.
  3. Testimoni atau User Review itu sangat penting. Setelah belanja dan memakai produk Agan, dorong customer untuk mereview atau memberikan testimoni, dan lihat berapa banyak pembeli lain yang berdatangan. Ingat, pakai testimoni asli ya, Gan!
  4. Permudah mereka dalam berbelanja. Jika menggunakan sistem cart sebaiknya sederhana saja, misalnya: pengunjung tinggal klik produk, checkout langsung arahkan ke pembayaran, dengan cara pembayaran yang umum dipakai di Indonesia.  Permudah juga untuk menjadi member di toko online Agan & Sista, misalnya signup dengan Facebook atau Google.
  5. 1- 2 minggu setelah transaksi, tanyakan kepada mereka, bagaimana kepuasan menggunakan produk Agan & Sista. ini berhubungan dengan poin 3.
  6. Memberikan giveaway kepada mereka yang mau memberikan review tidak akan membuat rugi!
  7. Gunakan tool seperti CrazyEgg untuk mengetahui seberapa jauh pengunjung membuka halaman produk, termasuk scroll dan klik.
  8. Jika produk sedang Out of Stock tawarkan kepada mereka untuk mengisi kontak yang bisa dihubungi, kemudian hubungi ketika produk sudah tersedia lagi.
  9. Pastikan website toko online Agan & Sista loadingnya cepat. Loading halaman yang lama hanya akan membuat mereka pergi dan tidak jadi belanja, rugi kan Gan!
  10. Di website Agan & Sista ada fitur seach kan, nah monitor apa yang dicari pengunjung. Apabila permintaan terhadap suatu produk tinggi Agan bisa jual barang tersebut di kemudian hari.
  11. Akan lebih baik jika punya blog, yang berisi diskon, kupon, dan informasi lainnya yang membuat pengunjung antusias untuk berbelanja.
  12. Jika Agan & Sista berani memberikan jaminan uang kembali calon pembeli akan lebih percaya.
  13. Informasi kontak yang lengkap. Jangan lupa mencantumkan nomor telepon, email, alamat toko fisik jika ada, semakin lengkap akan lebih baik.
  14. Tingkatkan branding toko online. Semakin banyak dikenal orang brand Agan&Sista biasanya orderan akan terus meningkat. Kalian bisa mencoba misalnya dengan membuat box packing khusus dengan brand toko Agan & Sista tercetak disana. Dengan aplikasi Ngorder kalian bisa mencetak shipping label dengan mudah, termasuk menambahkan logo dan keterangan toko.
  15. Beriklan. Agan & Sista dapat menggunakan iklan untuk lebih menjangkau pembeli dan bahkan men-tarjet audience sesuai pasar yang diinginkan. Kalian bisa beriklan melalui Facebook Ads, Google AdWords, Instagram Ads, atau mungkin BBM Ads.

Comments