Meskipun terlihat sepele, review dari para pelanggan berperan penting untuk bisnis yang sedang dijalankan. Terutama jika berkaitan dengan produk berupa barang dan jasa. Tidak jarang, review menentukan keputusan para pelanggan. Bahkan menurut moz.com, review menempati urutan ketiga yang memengaruhi perilaku konsumen.

Intinya, review online atau offline sama-sama pentingnya, maka dari itulah perlu diperhatikan sedemikian rupa. Terutama bagi yang baru saja menjalankan bisnis kecil-kecilan, berikut ini ada 3 tips untuk mendapatkan lebih banyak review dari para pelanggan.

Usahakan untuk Selalu Aktif

Orang-orang akan menjadikan review ini sebagai salah satu penentu keputusannya. Bayangkan saja jika banyak review buruk mengenai sebuah produk, lama kelamaan tidak akan laku jika tidak ada perubahan. Tidak bisa dipungkiri jika akan selalu saja ada yang berkomentar negatif, namun usahakan untuk meyakinkan jika ke depannya akan memberikan yang lebih baik.

Jangan malas untuk menjawab berbagai pertanyaan para calon konsumen. Baik itu di sosial media atau akun di marketplace. Selain itu buat peraturan supaya orang-orang tidak berkomentar seenaknya. Sudah banyak contohnya, tinggal mencari referensi terbaik.

Lakukan dengan Sistematis

Selain memperhatikan mengenai aturan, risiko, atau konsekuensi terhadap spam review, perlu untuk membuat semuanya menjadi tersistematis. Mulai dari siapa, kapan, dan bagaimana meminta review dari para pengguna. Pertimbangkan siapa saja orang-orang yang akan dimintai review. Bagaimana cara terbaik yang bakal dilakukan. Misalnya saja dengan secara langsung, batch email, atau email personal.

Selain hal tersebut, perlu untuk mempertimbangkan kapan meminta review. Banyak orang merasa keberatan untuk dimintai review karena memang mereka tidak memintanya atau seringkali lupa mengisinya. Maka dari itulah cari waktu yang tepat dan cepat supaya bisa mendapatkan review positif dari pengguna.

Baca Juga 
Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Lakukan Semuanya dengan Teliti

Tips lainnya yang perlu dilakukan adalah teliti. Dengan begini, pekerjaan akan semakin mudah dilakukan. Jangan sampai pelanggan yang sama diminta untuk review kedua atau bahkan ketiga kalinya yang bisa saja membuat mereka jadi merasa terganggu. Ini akan menghemat waktu dan bisa saja mendapatkan review lebih banyak nantinya.

 

Lakukan tiga hal di atas supaya bisnis makin dikenal oleh banyak orang. Jika review sudah banyak yang positif, pelanggan akan berdatangan. Tidak jarang review ini juga menjadi pembanding dengan pesaing lain. Jadi, aktif untuk mendapatkan review positif untuk bisnismu.