4 Cara Optimalkan Penjualan Online Selama Ramadhan

Bulan Suci Ramadhan akan segera tiba! Ramadhan tidak seperti bulan lainnya dalam kalender umat muslim. Bulan Ramadhan dapat mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan manusia, tanpa terkecuali online shopping. Apalagi akan ada banyak umat muslim yang berbelanja banyak keperluan untuk merayakan hari Lebaran, dan kebanyakan tempat perbelanjaan juga online shop akan mengadakan sale besar-besaran. Berikut beberapa rekomendasi tips yang dapat mengoptimalkan penjualan online selama Bulan Ramadhan.

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan promosi online 

Ada beberapa waktu dimana konsumen lebih banyak mengakses internet pada bulan Ramadhan. Yaitu pada waktu sahur. Pada saat inilah waktu yang tepat untuk melakukan promosi via online. Selain itu, waktu istirahat jam kerja merupakan waktu yang cukup lama untuk mengakses internet. Dimana biasanya waktu istirahat digunakan untuk makan siang, pada bulan Ramadhan mereka mengisinya dengan kegiatan lain dan salah satunya adalah mengakses internet.

Buat konten promosi yang mengandung nuansa Ramadhan

Buatlah konten promosi yang didalamnya mencerminkan kondisi bulan Ramadhan. Karena ini merupakan cara kita untuk menghormati umat beragama Islam. Adapun konten yang dimaksud seperti bulan sabit yang merupakan simbol dari umat muslim. Anda pun dapat menggunakan lentera untuk konten promosi, karena lentera dapat bermakna sebagai pencerahan. Selanjutnya Anda juga dapat menggunakan kaligrafi berbahasa Arab dan background berwarna hijau. Dan yang paling penting adalah gunakanlah konten promosi Anda yang mengandung kebersamaan. Di bulan Ramadhan sangat kental sekali dengan nuansa kebersamaan.

 Pilih produk yang cocok dipromosikan saat Bulan Ramadhan

Produk yang paling laris di bulan suci tersebut adalah kuliner. Produk makanan dan minuman yang Anda jual akan banyak kedatangan konsumen pada waktu menjelang buka puasa. Namun perlu diperhatikan juga mengenai menu makanannya. Semakin banyak variasinya, maka konsumen akan lebih banyak pilihan.

Gunakan promosi secara offline maupun online

Pemasaran produk yang dapat dilakukan secara offline adalah dalam bentuk penyebaran brosur, pemasangan spanduk atau plang di tempat-tempat keramaian contohnya Pasar Takjil yang ada di kota Anda. Namun di sini Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak dalam melakukan promosi offline. Ada alternatif lain dalam melakukan promosi yaitu dengan memanfaatkan akses internet. Contohnya adalah dengan membuat website sebagai strategi pemasaran online yang cukup murah dan dapat bertahan lama.

Nah, sudah siapkah Anda untuk mengoptimalkan penjualan di Bulan Ramadhan? Atur strategi Anda mulai dari sekarang! Semoga berhasil.

Comments