Ini Dia, 4 Langkah Membangun Instagram Marketing!

Dengan lebih dari setengah miliar pengguna, Instagram memiliki peluang besar bagi pebisnis online untuk memasarkan produk mereka, berinteraksi dengan pembeli, dan menjangkau calon prospek baru.

Salah satu yang paling penting untuk diingat saat membangun strategi Instagram marketing adalah bahwa tidak semua pengguna Instagram memiliki kepentingan yang sama. Jadi dibutuhkan strategi khusus agar iklan Anda di Instagram tepat dan sesuai dengan target market Anda.

Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu Anda membangun Instagram marketing.

Bangun Engagement

Engagement marketing adalah sebuah teknik pemasaran yang melibatkan partisipasi pelanggan, sehingga pelanggan tidak lagi pasif tetapi bisa ikut serta dalam proses pemasaran.

Nah, bagaimana caranya untuk membangun engagement melalui Instagram?

Hasil foto yang bagus dapat meningkatkan engagement rate
Hasil foto yang bagus dapat meningkatkan engagement rate [sumber]
Seperti yang kita ketahui, Instagram merupakan media sosial yang menekankan bidang fotografi, jadi foto memegang peranan paling penting. Pilihlah foto produk yang memiliki kesan eye-catching untuk Anda posting di Instagram. Pastikan kualitasnya bagus, baik dari segi pencahayaan, proposisi, warna, dan lain sebagainya.

Apabila konten-konten Instagram Anda mampu membuat pengguna Instagram berinteraksi dengan Anda (repost dan memberi komentar atau like), maka kemungkinan besar konten Anda akan sering muncul pada feed Instagram mereka.

Dapatkan Calon Prospek yang Tepat

Instagram baru-baru ini memperbaharui sistem pengelolaan feed yang berdasarkan algoritma. Artinya, foto-foto yang ditampilkan pada feed Instagram didasarkan pada hal-hal yang dinilai lebih menarik perhatian pengguna.

Instagram Measure
Instagram Measure [sumber]
Semakin banyak repost, komentar dan like yang Anda peroleh, maka akan semakin sering pula foto produk Anda wara-wiri di feed Instagram. Apalagi terdapat fakta bahwa 92% pembeli akan memutuskan untuk membeli sebuah produk atas referensi dari orang yang mereka kenal. Bisa dibilang promosi gratis, nih.

Gunakan Hashtag

Hashtag berfungsi untuk mempermudah Anda menjangkau banyak pengguna Instagram. Dengan hashtag, akan membuat foto-foto produk Anda mudah ditemukan. Terdapat riset yang menyatakan bahwa konten yang memiliki hashtag mampu melakukan engagement dua kali lebih tinggi daripada konten yang tidak memiliki hashtag.

Penggunaan Hashtag
Penggunaan Hashtag [sumber]
Masing-masing post dapat Anda sematkan maksimal 30 hashtag. Gunakan hashtag yang merepresentasikan produk Anda. Anda juga bisa memanfaatkan hashtag yang sudah sering digunakan oleh banyak pengguna Instagram. Semakin banyak dan tepat hashtag yang Anda gunakan, maka semakin banyak pula pengguna yang Anda jangkau.

Gunakan Instagram Ads

Instagram Ads merupakan fitur beriklan yang kini dimiliki oleh Instagram untuk membantu pebisnis yang ingin berpromosi kepada seluruh pengguna Instagram di seluruh dunia. Dengan adanya fitur ini akan semakin mempermudah pebisnis online untuk membangun marketing campaigns yang canggih.

Dengan Instagram Ads, promosi Anda akan semakin tertarget karena Instagram Ads memiliki penargetan mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Dengan begitu memungkinkan menempatkan iklan Anda langsung di depan target market sehingga Anda akan merasakan keuntungan menggunakan Instagram Ads untuk bisnis online.

Terdapat 3 format dalam beriklan dengan Instagram Ads, antara lain Photo Ads, Video Ads, dan Carousel Ads.

Format Instagram Ads
Format Instagram Ads [sumber]
Photo ads adalah format iklan di Instagram dengan menggunakan satu gambar di iklan Instagram Anda, gambar Anda akan muncul dalam format persegi atau landscape, tergantung pada format yang Anda pilih ketika membuat iklan.

Video ads, sama halnya dengan Photo Ads, iklan video Anda akan muncul dalam format persegi atau landscape, tergantung pada format yang Anda pilih ketika membuat iklan.

Carousel ads adalah format iklan di Instagram yang nantinya pengguna dapat men-swipe atau menggeser postingan Anda ke arah kanan atau kiri untuk melihat lebih banyak foto dan mengakses link website Anda. Jika Anda menggunakan Carousel Ads sebagai materi iklan untuk iklan Instagram Anda, iklan Instagram Anda akan muncul dalam format persegi.

Instagram adalah sebuah platform yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online. Dengan Instagram, produk Anda akan dilihat oleh banyak orang, brand Anda menjadi terkenal, penjualan meningkat drastis, dan Anda pun mendapatkan banyak sekali keuntungan dari penjualan tersebut.

Siapkah Anda memasarkan online shop Anda di Instagram? Selamat mencoba!

Comments