5 Aplikasi Live Chat Gratis untuk Melayani Calon Pembeli Toko Online Anda

Pelayanan yang cepat dan maksimal adalah salah satu hal yang dapat membuat pengunjung terkesan dengan toko online Anda. Salah satu hal yang dapat menunjang hal tersebut adalah aplikasi Live Chat.

Live chat merupakan salah satu fitur komunikasi terbaik antara pengunjung situs toko online dengan pemiliknya. Dengan aplikasi ini, pengunjung dapat melakukan negosiasi dan bertanya tentang produk yang akan dibeli secara langsung dengan admin atau pemilik toko.

Banyak aplikasi live chat yang menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Tak sedikit diantaranya yang menawarkan paket gratis, namun pastinya fitur yang dimiliki tidak selengkap paket yang berbayar. Berikut sedikit ulasan 5 aplikasi live chat yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan aplikasi mana yang Anda pilih untuk situs toko online Anda.

Zopim

Zopim adalah aplikasi live chat yang dapat Anda gunakan darimana saja pada setiap jenis perangkat atau platform dengan koneksi internet. Anda juga dapat menggunakan perangkat mobile untuk memulai obrolan. Harga yang ditawarkan aplikasi ini mulai dari $14.00 USD per bulan/agent. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Zopim secara gratis, namun fitur yang ditawarkan sangat terbatas, salah satunya hanya bisa digunakan untuk 1 agent/CS saja. Jika Anda ingin mencoba paket premium, Zopim menawarkan paket free trial paket premium selama 14 hari.

Zopim App
Zopim App

Zopim memiliki fitur pelaporan yang dapat diandalkan dan berkualitas, sehingga Anda dapat mengukur data-data penjualan dan tetap pada target. Dengan analisis tersebut, Anda dapat memperoleh gambaran mengenai tingkat kepuasan pelanggan, performa agent/CS dan membantu tim sales/penjualan untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin ada.

Dengan Zopim Anda bisa menerapkan sistem rating sehingga pengunjung dapat memberikan penilaian kepada agent/CS Anda. Mungkin hanya beberapa pengunjung saja yang memberikan rating, biasanya hanya mereka yang benar-benar kecewa atau terpuaskan. Dari penilaian tersebut Anda bisa menganalisa, apa penyebab pengunjung sangat marah atau sangat senang. Hal itu bisa Anda jadikan evaluasi sehingga pelayanan toko Anda dapat menjadi lebih baik.

LiveHelpNow

Aplikasi LiveHelpNow memberikan banyak fungsi monitoring yang dapat menganalisis siapa pengunjung toko online Anda meliputi lokasi, usia, jenis kelamin, browser, melacak halaman apa yang sedang diakses, dan informasi lainnya secara real time. Aplikasi ini memberikan free trial selama 30 hari, selanjutnya harga yang ditawarkan mulai dari $21.00 per bulan/agent.

Live Help Now App
Live Help Now App

LiveHelpNow sudah terintegrasi dengan Google Analytics, Google AdWords, Salesforce, Netsuite, Zendesk, SugarCRM, dan Social Insights untuk membantu membangun situs toko online Anda. Selain itu, aplikasi ini dapat menerjemahkan bahasa secara real time sehingga memungkinkan agent/CS Anda berkomunikasi dengan pengunjung di seluruh dunia.

Sayangnya, akses layanan support aplikasi ini hanya tersedia selama jam kerja saja bukan 24/7 seperti layanan live chat lainnya.

Chatra

Chatra adalah aplikasi live chat modern yang memberikan solusi messaging yang dirancang untuk memudahkan komunikasi antara pemilik toko online dengan pengunjung situs mereka. Sama seperti Zopim, Chatra juga menyediakan paket Free Forever. Sedangkan untuk paket berbayar, harga aplikasi ini mulai dari $14.00 USD per bulan/agent untuk pembayaran tagihan per tahun, sedangkan untuk tagihan per bulan sebesar $17.00 USD per bulan/agent.

Chatra App
Chatra App

Chatra memberikan pendekatan secara pasif dan aktif bagi pengunjung toko online Anda. Aplikasi ini memiliki fitur predefined responses sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan pengunjung dengan cepat dengan input tanda garis miring (/) maka akan muncul tanggapan yang telah ditetapkan sebelumnya. Chatra juga memiliki fitur typing insight yang memungkinkan Anda melihat apa yang sedang diketik oleh pengunjung. Selain itu, apabila pengunjung berlama-lama di salah satu halaman produk atau halaman checkout, Anda bisa menampilkan jendela chat secara otomatis yang menginformasikan bahwa Anda sedang online atau menawarkan bantuan seperti “Chat Us”, “Were Online” atau “Tanyakan kepada kami”.

Salah satu yang membuat orang lebih memilih berbelanja online adalah mereka bisa berbelanja tanpa mengenal waktu. Mereka dapat mengunjungi situs toko online Anda setiap saat. Jika Anda sedang offline, Chatra akan menangkap alamat email pengunjung, sehingga Anda dapat menjawab pertanyaan mereka via email.

Fitur-fitur yang dimiliki Chatra sudah sangat baik, sayangnya Anda tidak dapat menikmati beberapa fitur seperti predefined responses, typing insight, dan banned user pada paket Free Forever.

LiveChatInc

LiveChatInc adalah sebuah aplikasi live chat yang dapat dengan mudah terintegrasi dengan hampir semua halaman website. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk memperoleh feedback dari pengunjung setelah melakukan chatting dengan agent/CS toko online Anda. Harga yang ditawarkan aplikasi ini mulai dari $16.00 USD per bulan/agent untuk pembayaran tagihan per tahun, sedangkan untuk tagihan per bulan sebesar $19.00 USD per bulan/agent.

Live Chat Inc App
Live Chat Inc App

Helpdesk LiveChatInc hadir selama 24/7 sehingga Anda akan mendapatkan bantuan dengan cepat jika terjadi kendala dalam menggunakan aplikasi. LiveChatInc memiliki reputasi yang baik, buktinya aplikasi ini telah digunakan lebih dari 14.000 perusahaan dari 140 negara. Contoh perusahaan yang menggunakan aplikasi ini adalah Samsung dan Air Asia.

LiveChatInc memang bisa digunakan secara gratis, namun tidak seperti Chatra dan Zopim yang memiliki paket gratis selamanya, paket gratis LiveChatInc hanya selama 30 hari saja. Dan jika Anda berminat menggunakan aplikasi ini dalam jangka panjang, sebaiknya Anda tidak memilih paket starter. Karena LiveChatInc hanya menyediakan 60 hari riwayat percakapan, setelah itu percakapan lama Anda akan dihapus. Hal ini mungkin bukan permasalahan yang besar, tapi bukan berarti tidak menjadi pertimbangan.

Crisp

Sama seperti aplikasi live chat lainnya, Crisp dirancang untuk startup yang dapat memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pengunjung situs toko online Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan memilih paket Seed. Sedangkan paket berbayar, Anda perlu membayar mulai $25.00 USD per bulan/agent dengan free trial selama 14 hari.

Crisp App
Crisp App

Anda bisa mengakses Crisp darimana saja dan di berbagai platform. Anda juga dapat mengelola beberapa situs dengan Crisp. Seperti halnya dengan Chatra, jika pengunjung Anda offline, percakapan Anda akan diteruskan ke email pengunjung. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur typing insight.

Jika Anda berniat menggunakan Crisp dalam jangka panjang sebaiknya Anda tidak memilih paket Seed, karena beberapa fitur tidak tersedia pada paket tersebut.

 

Hal yang terpenting yang harus diketahui adalah aplikasi live chat “menuntut” waktu dan tenaga kerja yang lebih karena membutuhkan orang yang mampu stand by untuk merespon pada jam-jam operasional yang telah ditentukan. Jika diperlukan, Anda bisa menambah karyawan toko online Anda yang khusus bertugas sebagai admin situs toko online. Jadi, aplikasi live chat mana yang akan Anda pilih?

Comments