Tips Jualan

5 Cara Memaksimalkan Fitur Instagram untuk Kemajuan Bisnis Online di Tahun 2018

Saat ini, Instagram merupakan jaringan sosial yang paling cepat berkembang, telah beralih dari 600 juta menjadi 800 juta pengguna aktif selama tahun 2017, dan ini belum termasuk penambahan jumlah pengguna akibat meningkatnya penggunaan Instagram Stories.

Dengan meningkatnya jumlah pengguna, pastinya sebanding dengan banyaknya orang atau pelaku bisnis online yang memanfaatkan Instagram untuk pemasaran produk mereka. Dan Anda juga akan bersaing dengan mereka dalam hal ruang dan perhatian untuk meningkatkan engagement.

Jika Anda ingin meningkatkan performa Instagram Anda di tahun 2018 ini, Anda wajib mengikuti perkembangan fitur-fitur Instagram. Berikut 5 tips yang dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan kehadiran Instagram Anda dan pastikan Anda memanfaatkan peluang ini dengan baik.

Gunakan Hashtag secara Efektif

Hashtag selalu menjadi cara efektif untuk memperluas jangkauan di Instagram. Anda dapat menambahkan hingga 30 hashtag di setiap postingan. Namun, sekarang ada pertimbangan baru dalam memanfaatkan hashtag untuk strategi marketing online. Per Desember 2017, pengguna Instagram sekarang dapat mengikuti (following) hashtag tertentu, artinya pengguna dapat memantau postingan yang relevan dengan menggunakan hashtag saja.

Apa keuntungannya untuk pebisnis online seperti Anda?

Pentingnya hashtag dalam setiap postingan.

Kemampuan untuk mengikuti hashtag menambahkan elemen baru ke pertimbangan strategi marketing. Sekarang, Anda memiliki cara lain untuk menjangkau pelanggan baru dengan menggunakan hashtag yang ditargetkan dan dapat memperluas jangkauan brand Anda dengan mempromosikan tag brand.

Anda juga dapat mendorong audiens untuk mengikuti hashtag brand Anda, misalnya dengan cara membuat giveaway yang mewajibkan mereka untuk menyematkan hashtag brand Anda di postingan mereka. Perlu diperhatikan juga, untuk lebih mengoptimalkan strategi hashtag Anda, Instagram juga menyoroti tag terkait dalam opsi pencariannya, beserta volume pemakaian hashtag.

Integrasi dengan Direct Message

Trend direct message

Tak bisa dipungkiri bahwa semakin banyak pengguna Instagram yang lebih sering berinteraksi via direct message (DM). Menurut Instagram, lebih dari 375 juta orang sekarang menggunakan DM Instagram setiap bulan. Peningkatan fokus pada DM menyebabkan Instagram menambahkan berbagai alat DM spesifik baru, termasuk alat remix foto mereka, kemampuan untuk berbagi Stories melalui DM dan yang penting bagi pebisnis online adalah kapasitas untuk menyertakan tautan di DM.

Manfaatkan Stories

Instagram Stories telah berkembang pesat, tercatat adanya peningkatan pengguna Stories dari 150 juta per hari di bulan Januari 2017 menjadi 300 juta di bulan November 2017, dan pencapaian ini melampaui pertumbuhan Snapchat yang mencapai 178 juta pengguna per hari.

Instagram Stories, salah satu alat promosi baru di Instagram.

Jika Anda ingin memanfaatkan Instagram, Anda perlu mempertimbangkan fitur Stories. Karena, Instagram akan terus memperbarui fitur ini dan terlebih lagi Instagram telah menaikkan nilai Stories dengan menambahkan fungsi Arsip dan Sorotan. Alat baru ini akan memungkinkan pengguna menyimpan konten Stories mereka tanpa batas waktu, dan menampilkannya di profil mereka. Sorotan akan sangat bermanfaat bagi Anda sebagai pebisnis online, karena akan memungkinkan Anda untuk menampilkan Stories yang spesifik terkait dengan produk, promo, testimoni, dan lain-lain.

Selain itu, Instagram juga menambahkan kemampuan untuk mengirimkan Instagram Stories ke Facebook. Meskipun Facebook Stories belum sepopuler Instagram Stories, namun dengan adanya kemampuan ini Anda bisa memperluas jangkauan target market Anda, tidak hanya di Instagram namun juga di Facebook.

Perhatikan Komposisi dan Konsistensi Visual

Instagram telah mengalami banyak perubahan selama 12 bulan terakhir, namun penting untuk dicatat bahwa Instagram masih merupakan saluran visual, penting untuk mempertimbangkan komposisi pada gambar Anda dan konsistensi visual Anda saat memposting.

Pentinganya komposisi warna, teks, font di setiap postingan Instagram.

Anda harus memiliki strategi visual untuk brand Anda, menentukan ciri khas dari setiap postingan Anda melalui warna yang Anda gunakan, filter, jenis font, dan lain-lain. Dengan memiliki ciri khas, pengguna akan mudah menangkap pesan dari setiap postingan Anda.

Berfokus pada gambar kreatif dan imajinatif, serta komposisi yang hebat, akan membantu meningkatkan kinerja Instagram Anda. Meskipun telah hadir fitur baru pada Instagram seperti Stories, pendekatan visual dalam pikiran adalah kunci keberhasilan yang optimal.

Gunakan Instagram Live

Dan yang terakhir adalah fitur Instagram Live. Fitur ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kehadiran Anda di Instagram. Ditambahkan pada akhir 2016, fitur Instagram Live telah berkembang perlahan, dan Instagram terus menambahkan inovasi dan opsi baru agar lebih menarik. Salah satu perkembangan terakhir adalah penambahan opsi Live Guest, yang memungkinkan Anda untuk live dengan orang lain.

Manfaatkan fitur Instagram Live untuk promosi brand Anda.

Adanya inovasi baru di Instagram Live dapat memberikan peluang promosi baru untuk kelangsungan bisnis Anda. Anda dapat memanfaatkannya untuk melakukan wawancara dengan beberapa pelanggan Anda, yang juga pengguna Instagram, secara live dan nantinya akan disaksikan oleh ribuan bahkan jutaan pengguna Instagram lainnya.

 

Nah, ini adalah 5 cara untuk menggunakan Instagram di tahun 2018 dengan lebih baik, memanfaatkan inovasi dan fitur terbaru Instagram untuk memaksimalkan kehadiran Anda. Perlu diketahui, persaingan di Instagram semakin meningkat, tercatat lebih dari 25 juta bisnis aktif di Instagram, jadi Anda perlu melakukan strategi baru untuk promosi di Instagram.

 

Source : Social Media Today

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *