5 Tips Menghadapi Harbolnas #1212Sale untuk Online Seller

Hari Belanja Online Nasional (HarBolNas), dikenal juga dengan #1212Sale, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari berbagai mitra kerja sama, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media.

HarBolNas diselenggarakan pertama kali pada tahun 2012. Setelah sukses menggelar 4 kali, di tahun 2016 ini HarBolNas kembali akan digelar pada tanggal 12 Desember 2016 dengan 200+ e-commerce yang ikut serta berpartisipasi. Pastinya, momen ini akan menguntungkan bagi penjual online seperti Anda.

Berikut ini 5 tips untuk online seller dalam menghadapi HarBolNas #1212Sale.

Persiapkan Tim Pelayanan

Antusias masyarakat untuk berbelanja online meningkat ketika HarBolNas
Antusias masyarakat untuk berbelanja online meningkat ketika HarBolNas [sumber]
Adanya HarBolNas akan mempengaruhi jumlah kunjungan ke situs-situs e-commerce di Indonesia, bahkan diperkirakan ada lonjakan kunjungan hingga 5-10 kali lipat dibandingkan jumlah kunjungan pada hari biasanya. Dengan adanya lonjakan ini, bisa dipastikan online shop Anda akan kebanjiran orderan. Oleh karena itu, persiapkan tim pelayanan secara maksimal untuk memenuhi melonjaknya jumlah pengunjung sehingga penjualan akan terus berjalan efektif dan efisien. Sepertinya mempersiapkan pekerja tambahan ketika HarBolNas bisa menjadi salah satu ide menarik untuk Anda.

Perbaiki Packaging Produk

Contoh desain packaging sepatu bayi yang bagus dan menarik.
Contoh desain packaging sepatu bayi yang bagus dan menarik.

Momen HarBolNas bisa Anda jadikan kesempatan untuk membuat customer terkesan dengan online shop Anda. Salah satu caranya buat konsep packaging baru dan menarik yang bisa membuat customer order kembali setelah momen HarBolNas usai. Harapannya online shop Anda akan tetap laris manis setelah HarBolNas usai. Jangan lupa juga persiapkan peralatan yang biasanya digunakan untuk packaging, seperti gunting, isolasi, bolpoin, dan lain-lain. Sebaiknya persiapkan peralatan tersebut dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Maksimalkan Kualitas dan Kuantitas Produk

Cek kualitas produk sebelum dikirim ke customer
Cek kualitas produk sebelum dikirim ke customer [sumber]
Hal yang terpenting dalam menghadapi Harbolnas adalah memastikan kualitas dan kuantitas produk yang Anda jual. Kedua hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi penjualan Anda selama Harbolnas. Tak hanya stok produk yang melimpah, namun juga kualitas produk yang tidak mengecewakan customer.

Update Harga Selama Promo

Seperti yang sudah dilakukan oleh e-commerce Internasional yang dikenal dengan Black Friday, Cyber Monday, dan Online Fever, Harbolnas di Indonesia diselenggarakan sebagai hari perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online dengan aman dan nyaman dengan tawaran diskon yang sangat menarik. Saat ini, HarBolNas menjadi kampanye cyber sale terbesar di Indonesia.

Diskon eksklusif selama promo HarBolNas
Berikan diskon eksklusif selama promo HarBolNas [sumber]
Selama Harbolnas, setiap penjual disarankan memperbaharui informasi produk khususnya mengenai harga selama promo. Anda bisa memberikan diskon khusus selama HarBolNas berlangsung. Pantau juga harga produk yang ditawarkan oleh pesaing Anda, jangan sampai Anda mematok harga yang terlalu mahal daripada harga pasar. Karena jika hal tersebut terjadi, pihak e-commerce bisa saja membekukan akun Anda untuk sementara waktu. Jangan sampai hal ini terjadi pada online shop Anda, ya!

Persiapkan Peralatan Teknologi

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan koneksi internet Anda stabil selama Harbolnas berlangsung. Tidak lucu bukan, membuat customer menunggu respon Anda hanya karena koneksi internet Anda tidak stabil.

Ilustrasi perangkat yang diperlukan online seller
Ilustrasi perangkat yang diperlukan online seller [sumber]
Selain itu, pastikan printer siap sedia untuk mencetak bukti pengiriman yang akan dilampirkan pada paket yang akan dikirim. Sehingga proses pemesanan hingga pengiriman akan berjalan cepat.

 

Nah, apakah Anda sudah siap menghadapi lonjakan customer selama HarBolNas? Semoga berhasil!

Comments