6 Cara Mudah untuk Bisa Kerja dengan Maksimal Meski sedang Puasa!

Bekerja saat puasa Ramadan menjadi tantangan tersendiri untuk kita semua. Tubuh merasa lemas dan kerap kali membuat malas. Meskipun energi tidak 100 persen terisi, semua tugas dan pekerjaan harus diselesaikan supaya tidak semakin menumpuk di akhir pekan atau bulan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya kerja bisa tetap maksimal meskipun sedang berpuasa.

Sahur dengan Makanan yang Tepat

Tidak boleh dilewatkan adalah sahur dengan makanan yang tepat dan tidak berlebihan. Makanlah jenis-jenis kuliner secara seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, serat dan tidak lupa tetap terhidrasi dengan baik. Makanan yang memiliki serat banyak akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Disarankan juga mengonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Ingat untuk makan secukupnya.

Hindari Konsumsi Kafein Berlebihan

Pada hari-hari biasanya, kafein digunakan memang sangat membantu untuk tetap bangun dan segera beraktivitas. Tetapi, saat bulan puasa tidak disarankan mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan. Boleh sedikit saja, satu dua cangkir. Namun usahakan untuk tidak meminumnya langsung setelah berbuka puasa atau saat sahur. Jika dilakukan, asam yang terdapat di minuman berkafein bisa membuat perut sakit.

Sesuaikan Kebutuhan Istirahat

Saat bulan Ramadan, kebiasaan tidur akan berubah. Tadinya tidak bangun tengah malam, tiba-tiba saja mau tidak mau langsung beraktivitas untuk sahur. Maka dari itulah, sesuaikan kebutuhan istirahat supaya aktivitas pagi harinya tetap bisa lancar. Apalagi bagi yang gemar tidur telat atau begadang, perbaiki jam tidur supaya semua kegiatan tetap terkontrol dengan baik.

Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Sebenarnya tidak hanya saat bulan puasa saja, kita semua perlu untuk menghindari makan-makanan yang kurang sehat, setiap waktunya perlu. Namun saat sedang berpuasa asupan yang tidak bergizi ini akan sangat memengaruhi. Maka dari itulah, jaga kesehatan diri sendiri dengan konsumsi makanan sehat, lakukan kegiatan yang bermanfaat. Jika bisa menghindari makanan sehat dan mengurangi aktivitas kurang bermanfaat, kerja bisa lebih optimal nantinya.

Hemat Energi Tapi Tidak Malas

Waktu yang diberikan untuk istirahat gunakan semaksimal mungkin. Jika sekiranya tidak ingin tidur siang, bisa melakukan kegiatan santai untuk tetap menjaga suasana hati. Misalnya saja ngobrol santai dengan rekan kerja, main video game, atau sekadar berjalan-jalan santai mencari udara segar di lingkungan tempat kerja. Aktivitas tersebut bisa membuat semangat kerja kembali lagi.

Minumlah Air yang Cukup Saat Waktu Berbuka

Sepele namun sangat penting dilakukan adalah mencukupi asupan cairan tubuh. Caranya? Minuman kurang lebih 8 gelas per hari saat waktu berbuka tiba. Bisa dibagi menjadi dua atau beberapa waktu. Misalnya saja, 3 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah Salat Tarawih dan sisanya pada waktu sahur. Penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Supaya konsentrasi tetap terjaga, kerja bisa selesai tepat waktu.

 

Cara yang mudah untuk dilakukan, bukan? Selalu jaga kesehatan diri sendiri supaya semuanya terkendali. Baik itu pekerjaan ataupun interaksi dengan lingkungan.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  6 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan ini Bisa "Menggembungkan" Dompet Anda, Lho!