6 Hal Ini Akan Membuat Foto Produk Anda Lebih Boom!

Ada banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengupload produk jualan kamu secara online. Salah satu hal yang sebenarnya sangat sederhana tapi juga penting dan bahkan terkadang diabaikan adalah kualitas dari foto produk yang dijual. Mengapa kualitas foto itu penting?

Sederhana saja, bayangkan kamu sedang belanja di sebuah pertokoan, hal pertama yang membuatmu tertarik untuk melihat adalah penampilan visualnya. Meski banyak produk lainnya, asal produknya menarik, perhatianmu pasti tertuju pada produk itu. Nah, hal ini juga berlaku di toko online. Foto produkmu adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembelimu. Jadi, jika foto produkmu tidak menarik, maka calon pembelimu tidak akan tertarik tentang produkmu lebih jauh lagi.

Foto produk yang bagus, professional, dan dibuat dengan sungguh-sungguh tentunya bisa memberikan kesan positif pada toko dan produkmu, juga akan membuat calon pembeli yakin pada kualitas produk yang kamu jual. Nah, untuk Juragan yang masih bertanya-tanya “Gimana sih cara mengambil foto produk yang menarik?”, yuk simak tips-tips berikut untuk membuat olshop kalian lebih laris dengan foto produk yang menarik!

Tonjolkan Produkmu dengan Background yang Tepat

Background yang digunakan harus bisa membuat produk terlihat menonjol dan menjadi pusat perhatian. Prinsip utama yang harus diperhatikan adalah konsistensi, karena background yang konsisten akan membantu calon pembeli untuk tetap fokus pada satu titik dalam foto, yaitu produkmu.

Buat Produkmu Bersinar dengan Pencahayaan yang Cukup

Sumber cahaya yang paling bagus untuk foto produkmu adalah sinar matahari. Jadi, pilihan paling bagus adalah memotret di luar ruangan saat pagi,sore hari atau saat cuaca cerah tapi berawan, pastikan juga cahaya yang didapat tidak berlebihan sehingga tidak akan memunculkan bayangan yang tidak perlu.

Ambil Foto dari Beberapa Angle

Angle yang tepat tidaklah mutlak, karena bergantung pada jenis dan bentuk produk yang dipotret. Jika kamu bisa memotret produkmu dari angle yang tepat, maka bentuk produkmu akan terlihat jelas sehingga calon pembeli tahu persis seperti apa bentuk produkmu sebenarnya. Selain angle, pastikan produk mengisi sebagian besar ruang foto (full frame). Dengan begitu, pandangan calon pembeli akan terfokus pada produkmu.

Satu lagi, sebaiknya kamu mengambil lebih dari satu angle  dan posisi yang berbeda, coba juga untuk mengubah sudut pencahayaan, posisi produk, latar dan segala bentuk modifikasi yang bisa kamu coba. Cobalah semua kemungkinan untuk menemukan foto produk yang paling menarik !

Foto Pakai Model, Perlu Nggak Yah?

Jika ingin foto produkmu menggunakan property atau model, pastikan property yang digunakan memang relevan dengan produk yang kamu jual. Untuk penggunaan model seperti pada produk pakaian, pastikan badan modelnya memang cocok menggunakan produk yang kamu jual, dan memiliki percaya diri ketika menggunakan produkmu, baik secara postur maupun ekspresi, sehingga foto produkmu terlihat bagus dan menarik.

Potret Foto dengan Ukuran Sebesar Mungkin

Jika foto produkmu berukuran kecil, calon pembeli tidak akan bisa melihat produkmu dengan jelas, sehingga mereka mungkin tidak yakin untuk membeli produkmu. Untuk menghasilkan foto produk yang besar, kamu hanya perlu menggunakan resolusi terbesar pada pengaturan kameramu.

Edit Foto Boleh-boleh Aja, Asalkan…

Jangan melakukan edit yang berlebihan sehingga bentuk dan warna produk yang ada di foto berbeda dari yang sebenarnya. Biasanya kamu hanya perlu mengubah sedikit brightness, contrast, dan cropping. Kemudian untuk watermark  dan semacamnya juga jangan berlebihan. Satu logo kecil transparan di bagian sudut foto sudah lebih dari cukup untuk memberikan identitas pada foto produkmu.

Nah, bagaimana Juragan, ternyata untuk mendapatkan foto produk yang menarik itu gampang kan? Semoga tips-tips di atas bisa membuat online shop Juragan kebanjiran order, ya!

Comments