6 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan ini Bisa “Menggembungkan” Dompet Anda, Lho!

Tidak terasa sebentar lagi akan memasuki Bulan Ramadhan, nih. Bulan penuh rahmat yang dinanti-nanti oleh semua umat muslim di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bulan ramadhan tak hanya diisi dengan kegiatan untuk memperbanyak ibadah dan mempertebal iman, namun juga dijadikan momentum bagi orang-orang yang ingin memulai bisnisnya.

Kira-kira bisnis apa saja sih yang pasti laris di bulan ramadhan?

Hidangan Buka Puasa

Sejumlah warga membeli makanan berbuka puasa di Pasar Ramadhan [sumber]
Pasar ramadhan atau kerap disebut dengan pasar kaget biasanya mulai diserbu penikmatnya ketika waktu akan berbuka puasa. Aneka gorengan, kue, dan jajanan pasar lainnya menjadi pilihan favorit pembeli. Tak hanya itu, berbagai pilihan sayuran dan takjil juga laris manis diborong pembeli. Apalagi bagi seorang wanita karir yang tidak memiliki waktu untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa bagi keluarga mereka, pasti beli banyak tuh.

Jika Anda berniat untuk berjualan aneka hidangan buka puasa di bulan ramadhan nanti, usahakan pilihan hidangan di lapak Anda bervariasi ya, agar pembeli semakin tertarik dengan lapak Anda.

Perlengkapan Ibadah

Di bulan ramadhan nanti Anda juga bisa mencoba peluang bisnis perlengkapan ibadah seperti peci, sajadah, mukena, sarung, dll. Mungkin akan banyak sekali orang yang berbisnis perlengkapan ibadah, jadi buatlah lapak Anda berbeda dari yang lain sehingga pembeli akan selalu mengingat lapak Anda.

Di bulan ramadhan, banyak orang yang berbelanja perlengkapan ibadah [sumber]
Salah satunya adalah membuat desain yang unik pada produk Anda. Misalnya membuat desain khusus sajadah untuk keluarga, ada ayah, ibu, anak laki-laki, dan perempuan. Anda bisa membuat desainnya secara custom, sesuai permintaan pembeli. Wah, pasti banyak yang tertarik tuh!

Usaha Catering

Salah satu kegiatan yang pasti dilakukan ketika bulan ramadhan adalah berbuka puasa bersama. Acara berbuka puasa selalu dinantikan oleh sebagian besar umat muslim. Untuk Anda yang hobi memasak, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis catering.

Peluang bisnis catering meningkat di bulan ramadhan. [sumber]
Biasanya buka puasa bersama mulai ramai di minggu kedua bulan ramadhan hingga minggu terakhir. Jika setiap hari Anda menerima pesanan catering, jangan kaget dengan keuntungan yang Anda peroleh, ya!

Busana Muslim

Selain menjaga tutur kata dan perilaku, menjaga penampilan juga sangat dianjurkan selama bulan ramadhan. Oleh karena itu, berjualan busana muslim bisa menjadi salah satu alternatif bisnis di bulan ramadhan. Khususnya busana muslim wanita, karena melihat dari sifat wanita yang gemar berbelanja, pastinya akan menambah pundi-pundi keuntungan untuk lapak Anda.

Peluang berjualan busana muslim wanita di bulan ramadhan. [sumber]
Anda bisa memasarkan produk busana muslim Anda di akun instagram layaknya etalase toko. Tak perlu budget untuk sewa tempat dan pegawai. Semuanya bisa Anda lakukan secara gratis dan bisa Anda lakukan sendiri. Praktis, bukan?

Kue Lebaran

Setelah menjalankan ibadah puasa, seluruh umat islam akan merayakan hari raya idul fitri atau lebaran. Momen lebaran diisi dengan bersilaturahmi dengan keluarga, tetangga, kerabat, teman, dll. Di momen inilah setiap rumah akan menyuguhkan aneka kue lebaran bagi tamu mereka.

Aneka kue kering yang cocok disuguhkan di momen lebaran. [sumber]
Saat ini sebagian besar ibu-ibu rumah tangga lebih memilih untuk membeli kue lebaran daripada membuatnya sendiri. Dengan membeli selain karena harganya lebih murah, mereka tak perlu repot berbelanja bahan, mempelajari resep, atau bahkan kecewa karena adonan yang mereka buat gagal. Dengan begitu, ide bisnis ini sangat berpeluang bukan?

Parcel

Untuk Anda yang ingin menambah penghasilan di bulan ramadhan, bisnis parcel bisa menjadi alternatif bagi Anda. Meskipun bisnis parcel ini merupakan bisnis musiman yang hanya ramai di saat tertentu saja seperti menjelang lebaran dan natal, namun bisnis ini cukup menjanjikan, lho.

Parcel kosmetik lebaran, salah satu hadiah menarik untuk kerabat. [sumber]
Parcel banyak dibutuhkan pembeli yang berniat memberikan hadiah kepada kerabat, rekan bisnis, dan orang terdekat mereka. Sehingga meskipun usahanya musiman, karena permintaan cukup banyak maka bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah untuk Anda.

Tak perlu modal banyak, yang terpenting adalah Anda bisa mendekor parcel dengan kreatif. Semakin kreatif, semakin mahal harganya!

Nah, bisnis mana yang akan Anda pilih untuk bulan ramadhan nanti? Yang terpenting adalah jangan sampai bisnis Anda mengganggu waktu ibadah Anda. Ibadah jalan, bisnis berjalan lancar. Selamat mencoba!

 

Comments