Tips Jualan

6 Tool Digital Marketing yang Wajib UKM dan Startup Miliki Di Tahun 2020!

Update : 29 Juli 2020

Persoalan pemasaran atau digital marketing kerap kali menghantui pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dan startup. Hal yang dihadapi pun bermacam-macam, mulai dari kurangnya pengetahuan akan digital marketing hingga keterbatasan dana untuk tool digital marketing 2020 karena perputaran uang sepenuhnya masih dialokasikan untuk produksi dan pemasaran konvensional.

Padahal, menurut data yang dihimpun dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), per Desember 2017, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 143 juta jiwa. Sementara itu, berdasarkan riset yang dilakukan Katadata pada 2015, konsumen Indonesia yang berbelanja secara online mencapai 18 juta konsumen. Angka ini disebut-sebut akan tumbuh menjadi 199 juta konsumen pada tahun 2020.

Oleh karena itu, peran digital marketing bukan lagi hanya sebagai pelengkap saja, tetapi menjadi bagian utama promosi yang harus Anda lakukan. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memasarkan produk secara online, 6 tool digital marketing 2020 ini penting untuk Anda pelajari. Penasaran? Berikut penjelasan lengkapnya!

Pingdom – Pengukur Kecepatan Website

Bukan menjadi rahasia lagi kalau konsumen menginginkan informasi yang serba cepat. Para konsumen tidak memiliki waktu untuk menunggu waktu loading yang terlalu lama, apalagi jika kompetitor Anda memiliki situs dengan kecepatan yang lebih dari Anda. Bisa dipastikan prospek konsumen akan beralih ke mereka.

Sumber : https://tools.pingdom.com/

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kecepatan loading di situs Anda saat ini. Caranya, Anda bisa mencoba menggunakan tool digital marketing 2020 bernama “Pingdom”, yang memungkinkan Anda untuk mengecek kecepatan situs Anda berdasarkan negara tempat situs Anda dibuka.

Akses Pingdom secara gratis di link berikut ini.

Google Analytics – Perangkat Analitikal Website

Sumber : https://www.pexels.com/

Berdasarkan pengalaman Ngorder.id, “Google Analytics” adalah salah satu tool digital marketing 2020 terbaik yang Anda butuhkan. Melalui perangkat ini, Anda dapat mengukur performa website melalui berbagai indikator yang berguna untuk promosi dan utilisasi website dengan lebih baik. Anda hanya butuh add semacam tracking code ke dalam website yang kini dimiliki dan perangkat ini pun bisa langsung Anda gunakan secara GRATIS!

Setelah mendapatkan data yang sekiranya cukup, Anda bisa mulai memikirkan strategi pemasaran yang sesuai dengan demografi pengunjung website Anda.

Akses Google Analytics secara gratis di link berikut ini.

Google Alerts – Perangkat Manajemen PR

Ingin tahu seberapa sering nama brand atau produk Anda disebut oleh warganet? Berarti Anda harus memasukkan “Google Alerts” ke dalam daftar “wajib” tool digital marketing 2020 yang harus digunakan. Penggunaan perangkat ini pun terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu membuat yang disebut alert yang memungkinkan Anda untuk memantau sebuah keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Sumber : https://medium.com/@cassandragraft

Melalui perangkat ini, Anda bisa menemukan blog yang membahas tentang produk Anda atau juga konsumen yang bisa langsung Anda jangkau sendiri. Sehingga, Anda bisa mengatur public relation terkait konsumen atau blogger tersebut.

Akses Google Alerts secara gratis di link berikut ini.

Kreator Email Marketing

Pemasaran melalui surel atau email marketing sudah lama menjadi komponen penting dalam strategi pemasaran bisnis melalui internet. Kebanyakan konsumen pastinya ingin merasa lebih dekat dengan brand Anda dengan lebih personal. Mulai dari mengetahui promo terbaru, hingga update tentang bisnis seringkali dilakukan lewat email.

Sumber : https://www.pexels.com/

Untuk mempermudah Anda, saat ini ada beberapa tool digital marketing 2020 untuk membuat email yang lebih menarik dan sesuai citra perusahaan Anda. Anda bisa mencoba yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti MailChimp, Hatchbuck, Constant Contact, dan masih banyak lagi.

SEMRush – Perangkat SEO yang Umum Digunakan

Sumber : https://www.semrush.com/

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal melalui pemasaran online, penggunaan tool digital marketing 2020 yang berkaitan dengan SEO perlu untuk Anda pelajari. Tidak perlu yang terlalu rumit, Anda hanya butuh perangkat Search Engine Optimization umum yang bisa memantau keyword, konten milik kompetitor, backlink, dan lainnya. Semua itu bisa Anda dapatkan dalam SEMRush, yang cukup sering direkomendasikan kepada para pemilik startup dan UKM di Indonesia.

Anda bisa mencoba SEMRush secara GRATIS di link berikut ini.

Canva – Perangkat Desain Grafis

Sumber : https://www.pexels.com/

Bagi startup dan UKM, mempekerjakan seorang desainer grafis atau agensi desain tentunya tidaklah mudah. Selain ada dana lebih yang dikeluarkan, belum tentu hasilnya sesuai dengan keinginan Anda. Daripada susah-susah, coba gunakan Canva saja! Dengan tool digital marketing 2020 ini, Anda tidak perlu repot lagi mendesain segalanya dari awal, karena di dalamnya tersedia ratusan template yang siap digunakan.

Akses Canva secara GRATIS di link berikut ini.

 

Itu tadi beberapa tool digital marketing 2020 yang bisa Anda pelajari dan gunakan sendiri untuk kebutuhan promosi dan pemasaran di internet. Selamat mencoba!

 

Sumber: Quantum Dynamix

 

Related posts
Tips Jualan

4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *