8 Cara Jitu Fokus Bekerja Saat Berpuasa Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh seluruh umat muslim di dunia. Walaupun Anda berpuasa, namun Anda harus tetap beraktifitas dan bekerja seperti biasanya. Puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk malas bekerja. Tetapi mungkin saja Anda merasa bahwa tenaga Anda akan cepat berkurang saat bekerja dalam keadaan berpuasa. Tentunya Anda ingin agar tetap bisa berpuasa tapi juga fokus dan semangat dalam melakukan pekerjaan seperti biasanya. Untuk itu, silahkan simak 8 cara jitu berikut yang akan membantu Anda untuk tetap fokus bekerja saat melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Mulailah dengan niat yang tulus

Menurut buku Dr. Kazuo Murakami yang berjudul The Divine Message of the DNA menjelaskan hubungan DNA manusia dengan aktivitas yang dijalani. Jika kita berniat berpuasa dengan tulus, maka DNA tubuh kita yang berjumlah lebih dari 60 triliun sel akan menahan rasa lapar dan haus sampai waktu yang ditentukan.

Menyelesaikan tugas kantor sebelum siang hari

Saat berpuasa, biasanya tubuh akan mulai terasa lemas menjelang siang hari. Oleh sebab itu, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang berat di pagi hari ketika tubuh masih sega. Setelah istirahat siang, Anda tinggal melanjutkan pekerjaan yang lebih ringan dan tidak menguras energi.

Mengatur pola tidur

Seringkali kita tergoda untuk menonton pertandingan hingga dini hari (khususnya untuk para lelaki), ataupun para wanita yang kadang terlalu asik menonton film atau drama favoritnya hingga lupa waktu, padahal keesokan paginya masih harus berpuasa. Kondisi ini biasanya akan membuat tubuh semakin drop. Jadi, usahakan untuk menyelesaikan seluruh aktivitas Anda maksimal pukul 10 malam.

Olahraga di sore hari

Jika Anda sudah terbiasa berolahraga, tidak ada salahnya jika terus dilakukan selama berpuasa. Tapi ingat, lakukan pada sore hari agar tubuh bisa langsung mendapat asupan energi ketika berbuka puasa. Olahraga yang disarankan juga jangan terlalu berat, Anda bisa mencoba jogging, atau yoga.

Sempatkan diri untuk refreshing

Agar tetap semangat bekerja, selingi pekerjaan Anda dengan melihat situs favorit. Untuk Anda yang suka belanja, melihat web online shop bisa membangkitkan mood untuk bekerja. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk sekedar chatting, update status social media, atau bermain game. Tapi tetap ingat waktuya, jangan sampai pekerjaan utama terbengkalai.

Usahakan agar selalu makan sahur

Pilih makanan tinggi serat dan protein seperti sayur, daging, telur, dan buah-buahan saat sahur. Perhatikan juga asupan air dengan minum minimal 2 gelas saat sahur. Selain untuk bekal energi, makan sahur juga merupakan perintah agama yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, “Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur.”

Coba untuk pergi ke kantor lebih pagi

Cara ini sangat efektif untuk Anda yang menempuh perjalanan cukup jauh menuju kantor. Puasa bisa membuat Anda untuk berangkat kerja lebih pagi, keuntungannya sudah pasti terbebas dari macet dan udara masih segar. Nah, jika tiba di kantor lebih pagi, Anda bisa gunakan untuk beristirahat terlebih dahulu setelah melalui perjalanan cukup jauh menuju kantor.

Tetap gunakan jam istirahat makan siang

Meski tidak makan siang, tetap gunakan waktu istirahat kantor untuk keluar ruangan dan meninggalkan meja kerja Anda. Menghirup udara segar dan menggerakkan badan bisa menimbulkan semangat Anda kembali.

Semoga dengan 8 cara di atas, Anda bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar meskipun beban pekerjaan tetap menanti. Kita harus optimis bahwa ibadah dan pekerjaan adalah dua hal yang bisa dilakukan secara harmonis. Selamat berpuasa, Juragan 😉

Comments