Apa Perbedaan SEO dan SEM, Pentingkah dalam Digital Marketing?

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) merupakan dua istilah yang sangat familiar dalam dunia marketing digital. Keduanya sama-sama berada di ranah mesin pencari. Meskipun memiliki kemiripan, SEO dan SEM cukup berbeda dalam tugas dan cara kerjanya. Mari kita kulik lebih mendalam mengenai istilah-istilah tersebut dan peranannya dalam digital marketing secara lebih dalam.

Definisi SEO dan SEM

SEO adalah proses optimasi untuk membuat website dalam posisi bagus di search engine result page (SERP). Tujuan utamanya adalah membuat konten website di peringkat pertama Google. Jika sudah berada di halaman utama Google, customer bisa berdatangan. Ada beberapa cara untuk membuat posisi website di halaman pertama untuk kunci tertentu.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Ada dua kategori SEO yang bisa dilakukan. Pertama adalah SEO on page atau on site SEO dengan cara internal link, membuat meta description, heading, permalink URL yang relevan, dan masih banyak yang lainnya. Kedua adalah SEO off page, melakukan optimasi di luar website. Misalnya saja membuat blog dummy, mempromosikan website, sampai komentar di blog orang lain.

Sementara SEM sendiri adalah sebuah bentuk pemasaran di search engine supaya bisa bertengger di laman pertama Google. Tujuannya kurang lebih sama dengan SEO, namun caranya berbeda. Yakni menggunakan bantuan layanan iklan dari Google Adwords dengan membayar sejumlah uang. Jika sudah diiklankan, postingan bisa muncul di Google Display, Google Search, Google Shopping, bahkan YouTube.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Jualan Online Kurang Lancar? Mungkin ini Penyebabnya

Perbedaan SEO dan SEM

Setelah mengulas pengertian dari SEO dan SEM, selanjutnya adalah perbedaan keduanya. Pertama adalah trafik dari SEO akan bertahan lebih lama dan tidak langsung dengan biaya yang terjangkau. Sementara trafik dari SEM lebih cepat, bahkan bisa dilihat dalam hitungan jam saja tapi perlu mengeluarkan uang yang lebih untuk operasionalnya.

Selanjutnya, SEM bisa dibilang lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan SEO. SEM memiliki pola yang bisa dipelajari dengan mudah, bahkan ada Academy for Ads yang ditawarkan oleh Google. Sementara SEO aturan mainnya tidak pernah dipublikasikan dan seringkali berubah.

Peran SEO dan SEM di Digital Marketing

Baik SEO dan SEM sama-sama memiliki peran yang besar dalam digital marketing. Bisa meningkatkan trafik yang nantinya mendatangkan pembeli. Dalam hal search engine, keduanya bisa saling membantu sama lain. Misalnya saja SEO digunakan untuk mencari kata kunci populer yang akan diiklankan oleh SEM. Banyak kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Dan sebenarnya tidak ada yang lebih baik atau buruk antara keduanya, dengan catatan bisa memaksimalkan fungsi masing-masing.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Mau Tambah Follower Instagram Tanpa Beli? Begini Caranya!

Semoga ulasan yang telah disampaikan memberikan pengetahuan baru terkait SEO dan SEM. Gali terus berbagai ilmu pengetahuan mengenai digital marketing supaya bisnis daring makin lancar.