Tips Jualan

Bersaing dengan Kue Kekinian Artis? Siapa Takut!

Belakangan ini, banyak dari kalangan artis yang mulai merambah bisnis kuliner oleh-oleh kekinian. Seperti Strudel Malang oleh Tengku Wisnu, Bandung Makuta oleh Laudya Cynthia Bella, Medan Napoleon oleh Irwansyah, Gigieat Cake milik Raffi Ahmad, Surabaya Snowcake milik Zaskia Sungkar dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya tidak ada hal yang mengejutkan jika mendengar artis mulai mengembangkan bisnis mereka. Namun yang membuat hal ini menjadi fenomenal dan viral adalah tidak hanya 3 atau 4 artis saja, faktanya tiba-tiba saja ada daftar panjang artis-artis yang mulai tertarik bisnis kue manis.

Jannah Corp menaungi beberapa artis yang terjun di bisnis kue.

Selain itu, hal yang lebih menarik perhatian adalah artis-artis tersebut mengusung brand kue mereka dengan disertai embel-embel nama daerah yang seakan-akan kue mereka adalah oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Strategi marketing yang cukup menarik, bukan?

Kendati menggunakan nama daerah, karakteristik kue yang dijual para artis memiliki kemiripan dari bahan baku, tekstur hingga varian rasa. Suatu hal yang berbeda dengan kue khas daerah yang biasanya berbahan baku gula, santan, tepung beras dan kelapa, bukan tepung seperti yang kebanyakan dijual para artis tersebut.

Gigieat cake milik Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Nah, bagi Anda yang memiliki passion di dunia bisnis kuliner, khususnya berbisnis kue, jangan berkecil hati dengan fenomena ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba mulai menggeluti bisnis kue, karena bisnis ini dipercaya memiliki prospek yang menjanjikan dan memiliki peluang pasar yang terbilang cerah dan besar. Bahkan, seorang pemula sekalipun bisa mencetak untung dari bisnis ini.

Jika Anda berminat untuk menjalankannya, tak ada salahnya untuk mengikuti 7 tips dan strategi untuk memulai berbisnis kue di bawah ini.

Rencanakan Konsep Usaha dengan Matang

Perencanaan bisnis adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis. [sumber]

Perencanaan adalah salah satu kunci keberhasilan dalam berbisnis. Siapkan rencana sematang mungkin dengan menyusun anggaran, strategi marketing, dan taktik khusus untuk bisnis kue yang akan Anda geluti. Sesuaikan dengan kondisi pasar dalam merencanakan konsep usaha, agar mudah mengoptimalkan bisnis kue Anda.

Diferensiasi Produk

Kreasi kue cubit, jajanan khas Indonesia. [sumber]

Sekalipun banyak deretan artis yang berbisnis kue, usahakan kue yang Anda jual memiliki daya tarik sendiri di mata masyarakat. Buatlah produk kue Anda semenarik dan seunik mungkin. Unik tidak selalu dari bentuk kuenya, tapi unik juga bisa berasal dari bahan dasar pembuatannya atau packaging dari produk kuenya.

Persiapkan Modal

Setelah perencanaan konsep usaha disusun secara matang, Anda bisa menentukan berapa modal yang Anda butuhkan dalam merealisasikan bisnis kue Anda. Salah satu kendala yang sering dihadapi seseorang untuk mulai berbisnis adalah perlunya modal yang besar untuk memulainya. Namun, dalam bisnis kue, hanya dengan ratusan ribu saja Anda dapat memulai mencoba bisnis ini. Hal ini karena Anda hanya perlu membeli bahan baku kue yang harganya tidak mahal dan membuatnya menjadi kue yang layak untuk dijual.

Persiapkan modal usaha Anda

Tak ada jaminan modal besar akan melahirkan untung yang besar. Justru modal kecil yang memberi untung besarlah yang membuat orang mendapat predikat pebisnis sukses, tak terkecuali pebisnis kue.

Jaga Ritme Produksi

Pastikan proses produksi berjalan lancar.

Lakukan kegiatan produksi dengan terencana agar semua berjalan dengan lancar. Jika kegiatan produksi tersendat, bisa dipastikan bisnis kue Anda akan mengalami gangguan. Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda bisa mengalami kendala yang cukup berat akibat gangguan tersebut.

Pilih Nama Merek Dagang yang Mudah Diingat

Mungkin di bagian ini Anda kalah bersaing dengan kue artis, karena nama mereka sudah menjual produk kue kekinian mereka masing-masing. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan nama yang unik untuk brand kue Anda. Gunakan nama yang mudah dikenal dan diingat oleh konsumen Anda. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menjangkau konsumen.

Strategi Marketing yang Tepat

Sebagai permulaan, Anda bisa memberikan tester kepada orang terdekat Anda. Mintalah pendapat setelah mereka mencicipi kue buatan Anda. Ketika merasakan produk yang berkualitas dengan tampilan yang menarik, secara otomatis hal yang mereka alami ini akan disampaikan kepada orang lain. Nah, penilaian tersebut bisa menjadi promosi gratis bagi bisnis Anda.

Manfaatkan sosial media sebagai alat promosi Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan media digital untuk promosi bisnis kue Anda. Anda bisa promosi via akun facebook, instagram, BBM, Whatsapp, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Untuk jangka panjang, Anda dapat melakukan penawaran dan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang dapat menjual produk dan memperluas pasar penjualan. Misalnya, kerja sama dengan toko-toko roti dan kue, supermarket, katering, pembuat parsel, atau agen pemasaran kue.

Inovasi tanpa Henti

Selalu berinovasi terhadap produk Anda, agar konsumen selalu tertarik.

Dalam menjalankan bisnis kue, membuat produk yang enak tidaklah satu-satunya hal yang penting. Tetapi adanya inovasi dalam membuat produk adalah salah satu nilai jual tersendiri dalam bisnis ini. Sebab, produk yang memiliki daya tarik tentunya akan banyak diminati oleh konsumen. Namun tetap dengan kualitas rasa yang juga harus tetap dijaga. Jangan sampai ketika Anda disibukkan dengan membuat produk yang baru lantas membuat Anda mengesampingkan mutu dan kualitas dari produk Anda. Jika ini sampai terjadi, maka lambat laun konsumen pun akan pergi. Tentunya hal tersebut bukanlah suatu hal yang Anda inginkan, bukan?

 

Itulah beberapa tips dan strategi untuk memulai berbisnis kue dan siap bersaing dengan brand kue kekinian artis ternama. Semoga bermanfaat!

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *