Tips Jualan

Bingung Menulis Caption Di Social Media? Ikuti 7 Tips Mudah Berikut Ini!

Tahukah Anda, caption yang Anda tulis di social media bisa menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki. Meskipun begitu, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menulis caption di social media yang tepat sasaran. Apalagi, terkadang kita juga bisa kehabisan ide untuk membuat tulisan yang pas dan disukai para follower.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini Ngorder.id akan memberikan beberapa tips mudah yang bisa diikuti pemula sekalipun untuk membuat caption yang tidak hanya menarik tetapi juga mengajak orang untuk mencari tahu lebih dalam tentang produk atau jasa yang Anda pasarkan. Mau tahu selengkapnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Ciptakan Caption yang Memiliki Tujuan Spesifik

Ada banyak sekali akun social media baik di Instagram, Facebook, atau juga Twitter dengan caption yang bagus atau puitis. Tapi tidak semuanya menulis caption social media yang ampuh dan tujuannya jelas serta spesifik.

Sumber: pexels.com

Sebelum Anda menulis, pastikan untuk menentukan tujuan atau pesan yang akan diterima follower saat membaca tulisan tersebut. Misalnya, tujuannya untuk memberi informasi tentang produk, berkomunikasi dengan follower, atau juga menampilkan humor yang dekat dengan konsumen Anda. Beberapa tujuan ini nantinya menentukan arah caption yang Anda tulis.

Hadirkan Konten yang Mengundang Interaksi

Cobalah sesekali untuk menampikan caption yang mengundang interaksi atau komentar follower Anda melalui kolom comment yang tersedia. Dengan adanya respon dengan mereka, Anda jadi tahu pendapat yang mereka kemukakan dan bisa menjalin interaksi lebih lanjut dengan para follower setia di semua saluran social media yang dimiliki.

Sumber: unsplash.com

Untuk menciptakan caption yang seperti ini, caranya juga tidak terlalu sulit. Cukup membuat tulisan diakhiri dengan pertanyaan yang menanyakan pendapat follower. Misalnya, “bagaimana pendapat kamu tentang berita viral ini?” atau juga “favorit kamu yang mana nih?”

Coba Manfaatkan Call to Action

Call to action pada dasarnya merupakan ajakan dari sebuah brand untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan menulis caption di social media yang mengandung call to action, Anda bisa menarik calon konsumen untuk mengklik sebuah link atau TaGar yang mendekatkan mereka dengan brand Anda dengan lebih dekat.

Sumber: pexels.com

Cara ini cukup efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Tapi perlu diingat, jangan dilakukan terlalu sering, ya! Yang ada, follower bisa kabur karena Anda terlalu “jualan” di social media.

Berikan Nilai Lebih Di Caption

Sumber: pexels.com

Dengan menghadirkan value atau nilai lebih di caption yang Anda tulis, para follower dapat merasakan koneksi yang lebih dekat dengan sebuah brand. Untuk melakukannya juga tidak susah, cukup hadirkan tulisan yang memberikan mereka hal baru, seperti info yang sedang viral, meme lucu yang bisa mereka pakai, atau juga kutipan inspiratif untuk memulai hari.

Melihat dari Kacamata Follower

Sumber: stocksnap.io

Untuk dapat menulis caption di social media yang menarik, Anda harus sering melihatnya dari kacamata follower. Anda bisa mulai dengan pertanyaan sederhana seperti:

  • Apakah konten yang Anda bagikan akan disukai?
  • Kenapa caption tersebut akan diperhatikan follower?
  • Apakah konten yang ditulis mencerminkan brand saya?

Menanyakan hal-hal seperti ini sangat penting, tidak hanya untuk perkembangan social media Anda saja, tetapi juga membangun basis komunitas online yang siap menjadi fans loyal jangka panjang yang bisnis Anda.

Jadilah Diri Sendiri

Sumber: pexels.com

Meskipun menampilkan caption yang menarik adalah tujuan sebuah brand, jangan pernah melupakan jati diri sebagai entitas bisnis. Tetap tampilkan konten yang jujur dan asli, tanpa terlalu dibuat-buat dengan tujuan viral semata. Alasannya sederhana, karena sebagai brand Anda ingin akun social media terlihat “semanusiawi” mungkin.

Tampilkan Sebuah Cerita

Sumber: pexels.com

Jika semua cara sebelumnya gagal, cara terakhir yang bisa Anda coba untuk menarik minat follower membaca caption yang Anda tulis adalah dengan menampilkan sebuah cerita. Coba ciptakan cerita yang menampilkan pesan perjuangan dari bawah, hal sederhana tapi inspiratif, atau juga kisah sukses dari klien atau konsumen yang menggunakan produk atau jasa Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menciptakan koneksi langsung dengan para follower lewat momen atau cerita asli yang bisa mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Itulah tadi beberapa tips menulis caption di social media yang bisa Anda coba sendiri dengan mudah. Dengan sedikit uji coba, nantinya Anda bisa menemukan formula tulisan yang pas untuk sosmed yang dimiliki. Selamat mencoba!

Sumber: Dharilo #SocialMedia

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *