Buat Customermu Balik Lagi dengan Tips Simple Ini

Menjadi seorang pebisnis online tentu akan menemui berbagai jenis customer. Mulai dari customer yang ramah hingga customer yang kerap kali membuat Anda marah. Tetapi semua itu tergantung Anda, apakah Anda mampu melayani customer dengan baik atau tidak.

Sikap ramah Anda dalam melayani customer memberikan pengaruh besar bagi customer untuk betah berlama-lama memilih barang hingga memutuskan untuk membeli. Namun jika customer hanya satu kali membeli, itu sudah biasa, yang luar biasa adalah membuat mereka menjadi loyal terhadap Anda sehingga akan berkali-kali membeli.

Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh pebisnis online agar customer menjadi pelanggan yang loyal? Berikut tips dari kami.

Manfaatkan Database Customer Anda

Salah satu cara terbaik untuk tetap berhubungan dengan customer Anda adalah melalui daftar email. Dengan daftar email, Anda dapat mengirimkan informasi produk terbaru, menawarkan informasi eksklusif tentang promosi khusus yang akan toko Anda berikan, atau hanya sekedar mengirimkan ucapan terima kasih karena sudah menjadi customer setia Anda.

Kirim email ke customer terkait informasi produk, promo terkini, dan info menarik lainnya [sumber]
Kirim email ke customer terkait informasi produk, promo terkini, dan info menarik lainnya [sumber]
Email merupakan media pemasaran yang cocok untuk menarik customer melakukan repeat order. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk berbagi informasi promosi, namun juga memungkinkan Anda membangun hubungan yang lebih pribadi dengan mereka.

Berikan Penawaran Terbaik

Sebuah cara yang bagus untuk membuat customer datang kembali adalah dengan menawarkan diskon dan berbagai benefit yang dapat mereka peroleh jika melakukan repeat order. Dengan menawarkan diskon atau benefit, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai atas loyalitas customer sehingga membuat mereka terus datang kembali.

Diskon eksklusif untuk pelanggan setia [sumber]
Diskon eksklusif untuk pelanggan setia [sumber]
Selain diskon, Anda juga bisa membuat voucher khusus yang bisa mereka gunakan untuk transaksi selanjutnya. Dengan demikian, customer akan melakukan transaksi lagi agar bisa menggunakan voucher tersebut.

Contoh lainnya adalah membuat ketentuan free produk senilai Rp 100.000 dengan menunjukan 10 kupon. Customer akan memperoleh 1 kupon setiap melakukan pembelian minimal Rp 50.000. Jadi jika ingin mendapatkan bonus, customer harus melakukan pembelanjaan 10 kali atau melakukan pembelanjaan sebesar Rp 500.000. Cukup menarik, bukan?

Berikan Layanan yang Maksimal

Terkadang alasan customer kembali melakukan order tak melulu berdasarkan kualitas dan harga produk. Tetapi pengalaman berbelanja sebelumnya juga bisa membuat mereka setia kepada toko Anda.

Pelayanan ramah kepada customer [sumber]
Pelayanan ramah kepada customer [sumber]
Jika Anda ingin customer Anda terus datang kembali, maka Anda harus memperhatikan sikap Anda kepada mereka saat berbelanja. Pastikan Anda memiliki sikap ramah, menunjukkan rasa terima kasih untuk setiap pembelian, mengatasi keluhan customer dengan cepat dan efektif, dan merespon customer dengan cepat dan tanggap.

Perbaiki Product Packaging

Desain packaging cookies
Desain packaging cookies

Salah satu alasan customer memilih produk adalah ketertarikan mereka terhadap kemasan produk yang unik dan menarik. Jika para customer telah tertarik dengan kemasan produk yang Anda tawarkan, maka tidak diragukan lagi mereka akan datang kembali untuk melakukan order. Anda bisa mendapatkan ide desain packaging seperti apa yang cocok dengan produk Anda di sini.

Jadilah Proaktif

Peduli dan tanggap kepada customer [sumber]
Peduli dan tanggap kepada customer [sumber]
Tanyakan beberapa pertanyaan kepada customer setelah Anda mengirimkan produk, jangan sampai Anda tidak melakukan follow-up setelah mereka melakukan order. Anda bisa menanyakan apakah paket sudah mereka terima? Apakah mereka menyukai produknya atau merasa tidak puas? Dengan demikian, customer akan merasa Anda peduli terhadap mereka. Kepedulian Anda bisa menjadi alasan mereka untuk melakukan repeat order.

Jangan Abaikan Pesaing Anda

Amati pesaing Anda [sumber]
Amati pesaing Anda [sumber]
Meskipun Anda sudah memberikan pelayanan yang ekstra kepada customer, Anda juga harus selalu up-to-date pada harga, pelayanan, diskon, dan promosi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing Anda. Pastikan bahwa produk dan layanan yang Anda berikan selalu mendapatkan nilai terbaik di mata customer. Harga boleh bersaing, namun jangan sampai Anda menurunkan harga tanpa memperhitungkan profit yang akan Anda peroleh, ya.

Intinya, berikan pelayanan yang maksimal dan terbaik untuk customer Anda. Jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik pasti mereka tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan repeat order. Selamat mencoba!

Comments