Cara Cepat Mendongkrak Omzet Bisnis Produk Fashion

Fashion merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari wanita. Faktanya, wanita dapat menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli baju untuk bepergian daripada perjalanan yang akan dilakukannya. Fakta inilah yang membuat produk fashion menjadi komoditas unggulan yang laris manis di pasar dunia maya.

Menjalankan bisnis fashion tentu mempunyai strategi khusus tersendiri. Diperlukan strategi promosi yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang maksimal. Promosi produk fashion harus mencerminkan style dari brand produk tersebut.

Berikut ini adalah tips mempromosikan brand produk fashion Anda.

Jadilah Beda

Yup, menjadi berbeda akan memudahkan Anda “terlihat” dari sekian banyaknya bisnis fashion online di Indonesia. Misalnya, Anda menciptakan desain produk sendiri. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat moodboard. Moodboard dapat membantu Anda memvisualisasikan ide yang Anda miliki.

Contoh Moodboard
Contoh Moodboard [sumber]
Moodboard akan mengungkapkan gambaran awal bagaimana suasana, warna dan tema yang akan diwujudkan. Saat ini cukup mudah mendapatkan inspirasi moodboard, Anda bisa cari di Pinterest dan Designspiration.

Ask Around

Mintalah pendapat orang di sekitar Anda, keluarga atau teman, tentang bagaimana kualitas produk Anda, target market seperti apa yang tepat dengan produk Anda, dan di mana Anda dapat memasarkan produk Anda. Semakin banyak Anda mendapatkan penilaian, akan memudahkan Anda menentukan strategi promosi untuk produk fashion Anda.

Fokus pada Model

Salah satu poin terpenting dalam strategi promosi adalah menentukan model. Dalam memilih model hendaknya juga disesuaikan dengan tema atau style dari produk fashion yang akan Anda jual. Misalnya, Anda tidak mungkin menggunakan model dengan penuh tatto di tubuhnya untuk produk fashion busana muslim. Tentu saja karena hal tersebut tidak sesuai, akan jauh lebih baik jika model mencerminkan bagaimana produk Anda.

Contoh Foto Produk Tanpa Model
Contoh Foto Produk Tanpa Model [sumber]
Namun yang perlu diketahui ketika memutuskan menggunakan jasa model adalah diperlukan budget yang maksimal. Jika tidak memiliki budget yang mencukupi, Anda bisa menyajikan foto produk dengan membuat hal-hal sederhana. Misal meletakannya di meja atau menggantungnya agar terlihat lebih anggun. Biarkan produk fashion Anda berbicara dalam cara yang paling sederhana dan tentunya ramah di ongkos.

Membuat Video Promosi

Sebuah gambar dapat berbicara seribu kata, lalu bagaimana dengan viralnya kumpulan gambar yang dijadikan sebuah video promosi? Pastinya akan lebih membantu Anda dalam mempromosikan produk bukan. Menyusun video promosi akan membuat brand Anda terlihat semakin profesional. Dengan teknologi saat ini, Anda dapat membuat video promosi Anda sendiri tanpa membuat anggaran promosi Anda membengkak.

Manfaatkan Endorsement

Sistem endorsement adalah bentuk kerja sama yang dibangun antara pemilik produk (pebisnis online) dengan orang biasa, figur publik, hingga selebriti untuk memberikan testimoni sebagai ajang promosi. Saat ini endorse merupakan salah satu teknik promosi yang diminati oleh pebisnis online.

endorse ke artis
Endorse ke Artis

Sistem endorsement dipercaya ampuh meningkatkan penjualan, karena sikap pembeli yang secara umum ingin tampil seperti artis atau tokoh idolanya. Sebelum memulai sistem endorsement, ada baiknya Anda membaca tipsnya terlebih dahulu di sini.

Membuat Kolam Prospek

Antrean Pembeli
Antrean Pembeli [sumber]
Kolam prospek adalah tempat kita mengumpulkan calon prospek pada satu media. Contoh kolam prospek seperti grup di BBM, Whastapp, Facebook, dll. Kolam prospek ini akan menjadi tempat berkumpulnya calon pembeli dalam jumlah yang besar. Dengan adanya kolam prospek ini, Anda tidak akan kehabisan daftar calon pembeli Anda.

Selamat mencoba!

Comments