Ini Dia, 3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Untuk Bisnis Anda

Aplikasi Menejemen seller Online — Hal apa yang Anda lakukan saat ingin bepergian ke luar kota, mencari tempat untuk berlibur atau sekadar makan malam? Salah satunya mungkin melihat rekomendasi tempat yang muncul di hasil pencarian Google atau aplikasi Google Maps. 

Bagaimana Cara Menambahkan Lokasi Google Maps Untuk Bisnis Anda?

Google Maps telah menjadi tools andalan untuk mencari tahu lokasi apa saja, mulai dari gedung, restoran, tempat wisata, atau sekadar toko kecil. Oleh karena itu, mengindeks alamat lokasi bisnis di Google Maps pun saat ini sudah menjadi keharusan agar toko atau jasa yang Anda tawarkan dapat dijangkau pembeli. 

Ternyata, cara menambahkan lokasi di Google Maps itu tidak sulit, loh. Siapapun bisa melakukannya sendiri dan tidak dipungut biaya sama sekali. 

Manfaat Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Sebelum membahas cara menambahkan lokasi di Google Maps, sebaiknya kita bahas dulu apa sih manfaatnya. Berikut beberapa manfaat dari mengindeks lokasi di Google Maps. 

Membantu Konsumen Menemukan Lokasi Anda

Dengan Google Maps, konsumen yang sebelumnya tidak tahu lokasi bisnis Anda dapat dengan mudah menemukannya. Konsumen dari berbagai daerah tinggal mengikuti jalan yang diarahkan oleh Google Maps. Fitur mode kendaraan membantu konsumen untuk sampai di lokasi bisnis Anda dengan rute yang telah disesuaikan.

Mendapatkan Fitur Google My Business 

Jika Anda mendaftarkan lokasi usaha di Google Maps, maka secara otomatis Anda terdaftar di Google My Business. Ini merupakan sebuah layanan Google untuk membuat listing usaha dari perusahaan besar maupun kecil di seluruh dunia. 

Google akan menampilkan usaha yang telah terdaftar di Google My Business pada hasil pencarian yang sesuai di kata kunci. Letaknya di bagian atas hasil pencarian atau pada bagian kotak di sisi kanan. Langkah Google ini untuk memenuhi keinginan pengguna internet yang cenderung mencari lokasi restoran, cafe, tempat wisata yang dekat dengan mereka. 

Sebagai Sarana Promosi

Fitur Google My Business memungkinkan pelaku usaha untuk menampilkan informasi lengkap seputar bisnisnya seperti deskripsi, alamat lengkap, jam buka, foto, video, sampai review dari pelanggan. Hal ini dapat menjadi sarana promosi yang cukup baik bagi bisnis Anda. Menarik, bukan? 

Tiga Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

1. Melalui Google My Business

Langkah mendaftarkan lokasi usaha seperti toko, restoran atau tempat usaha lainnya di Google My Business adalah sebagai berikut. 

 

  1. Kunjungi situs Google My Business lalu klik Login pada bagian kanan atas atau klik Kelola Sekarang
  2. Masukkan nama bisnis Anda misalnya, “Rumah Makan Bu Tedjo”.cara menambahkan google maps bisnis rumah makan
  3. Masukkan kategori bisnis Anda. Contoh: restaurant
  4. Kemudian muncul pertanyaan “Apakah Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor?” dan pilih Yesmenambahkan lokasi google maps bisnis
  5. Isi alamat dengan secara lengkap lalu Google akan menampilkan beberapa nama bisnis yang sudah ada di maps. Pilih “Tidak Satupun” karena Anda ingin membuatnya sendiri. 
  6. Pada bagian selanjutnya adalah yang paling penting. Pick lokasi bisnis Anda di peta Google. Usahakan agar pilih titik yang tepat agar tidak membuat pelanggan Anda tersesat. dimana lokasi google maps bisnis anda
  7. Selanjutnya, masih ada beberapa pertanyaan standar yang perlu kamu jawab. Jika prosesnya sudah dilewati semua, Google akan mengirimkan surat konfirmasi fisik ke alamat yang didaftarkan tadi. 

 

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  7 Cara Mengelola Keuangan Usaha Bagi UMKM

Surat konfirmasi tersebut biasanya akan sampai 3-4 hari. Setelah menerima surat tersebut, Anda tinggal memasukkan kode konfirmasi sesuai dengan petunjuk yang ada di surat. Selesai, lokasi bisnis Anda resmi tercantum di Google Maps!

2. Mendaftar langsung di Google Maps

Untuk mendaftarkan lokasi di Google Maps, sebenarnya bisa dilakukan secara langsung di aplikasi atau situs resminya. 

  • Kunjungi www.google.com/maps lalu klik pada icon tiga garis di kiri atas
  • Scroll ke bawah dan temukan Add Your Business
  • Setelah itu, Anda akan diarahkan ke Google Business dan mengikuti proses pendaftaran seperti di atas. 

add your bisnis to google maps

3. Klaim Lokasi Bisnis di Google Maps

Terkadang, lokasi bisnis Anda sudah didaftarkan oleh orang lain. Jika kasusnya seperti ini, maka Anda tinggal mengklaim lokasi tersebut melalui Google My Business. 

 

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Digital marketing : Manfaat, Pengertian, Jenis, dan Kelebihannya

Pertama, cari lokasi bisnis Anda di Google Maps dan lalu klik “Pemilik bisnis ini?”. Setelah diarahkan ke Google My Business, pilih Request Access. Isi formulir klaim secara lengkap dan Google akan memverifikasi laporan. Ada tiga pilihan verifikasi yaitu telepon, email dan surat fisik. 

Tips Optimasi Google My Business untuk Usaha

Mendaftarkan usaha Anda di Google My Business merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh guna memaksimalkan pemasaran di ranah digital. Ini adalah langkah pertama yang sebaiknya Anda selesaikan sebelum mengoptimasi SEO atau membuat iklan digital. 

 

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalisasi Google My Business. 

Isi Informasi Secara Lengkap

Google My Business merupakan direktori usaha yang powerfull. Isi dengan lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan mengenai bisnis Anda. Upload logo dan foto terbaik agar terlihat lebih profesional di mata pelanggan. 

Cek Secara Berkala

Jangan tinggalkan akun Google My Business anda begitu saja. Sesekali cek akun Anda dan lakukan pembaruan informasi bila ada. Perhatikan juga apakah Google menambahkan fitur baru yang perlu Anda ikuti. 

Minta Review Pelanggan 

Seperti disebutkan di atas, profil bisnis di Google Maps juga memuat review dari pelanggan. Agar terlihat lebih baik, sesekali mintalah pelanggan Anda membuat review di akun bisnis Anda di Google Maps. Review yang positif akan menarik perhatian pelanggan yang lain untuk datang. 

Embed Lokasi Google Maps 

Jika Anda sudah memiliki website sendiri, maka sebaiknya memasukkan peta bisnis Anda di salah satu bagian situs. Tempatkan lokasi bisnis Anda di bagian Contact atau Footer web. Dengan begitu, pengunjung situs Anda dapat mengetahui lokasi bisnis Anda.  

Kesimpulan

Mengindeks lokasi di Google Maps penting bagi pebisnis untuk membantu memudahkan konsumen menemukan lokasi usahanya. Bukan cuma itu, Google Maps yang merupakan bagian dari Google My Business juga dapat dimaksimalkan sebagai direktori online untuk usaha yang Anda miliki.