Tips Jualan

Cara Mudah Mengoptimasi Instagram Bisnis, Followers Meningkat Orderan Bermunculan!

Berdasarkan NapoleonCat, sampai akhir tahun 2019 yang lalu ada setidaknya 61 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia. NapolenCat ini sendiri merupakan salah satu perusahaan riset sosial media marketing yang berbasis di Warsawa, Polandia. Dengan angka demikian, artinya, seperempat penduduk Indonesia merupakan pengguna aktif Instagram.

Dengan tren yang sedemikian rupa, lebih dari 80 persen penggunanya mengikuti akun bisnis. Ini merupakan ladang yang sangat subur untuk memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Ada beberapa tips supaya Instagram bisnis memiliki banyak followers. Apa saja caranya?

Membuat Instagram Jadi Public

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang-orang adalah membuat Instagram bisnis jadi private. Memang benar hal ini akan membuat banyak orang penasaran, tapi tidak membuat banyak orang serta merta mengikutinya. Pertama pastikan terlebih dahulu profil Instagram yang dimiliki terbuka untuk umum, semua orang bisa melihatnya.

Buat Username yang Mudah Dikenali

Selanjutnya, pastikan untuk membuat nama Instagram yang mudah untuk dicari dan dikenali. Usahakan sama dengan usaha yang dijalani. Jika nama usaha sudah jadi username, usahakan untuk tetap menggunakan sebutan tersebut di bagian bio. Misalnya saja di Australia ada Lorna Jane yang menggunakan username @lornajaneactive.

Jadikan Logo Perusahaan Sebagai Profile Picture

Profile picture merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pengikut potensial. Maka dari itu pasang sesuatu yang familiar dengan bisnismu. Misalnya saja logo perusahaan atau hal-hal lain yang diingat orang. Unggah gambar yang pas ukurannya, supaya brand atau logo tidak terpotong. Batas minimum untuk profile picture adalah 110 x 110 piksel, jadi usahakan jadi terlalu besar dan di bawah 200 x 200 piksel.

Buat Bio Instagram Keren

Seperti halnya profile picture, bio di Instagram juga tidak kalah penting. Buatlah semenarik mungkin, informatif, dan menyenangkan untuk dibaca. Inilah tantangannya, buatlah kata-kata sekeren mungkin dengan maksimal 150 karakter. Setidaknya isi di bio perkenalan mengenai brand atau alasan untuk follow Instagram bisnismu.

Tambahkan Link Website

Selanjutnya yang perlu ditambahkan adalah link website di bio Instagram. Supaya memberikan impact yang bagus, gantilah link tersebut secara berkala. Bisa saat sedang promo atau update hal-hal terbaru. Bisa website, Twitter bisnis, dan lain-lain ya.

Pastikan Notifikasi Aktif

Selanjutnya pastikan untuk mengaktifkan notifikasi. Caranya klik “option” lalu tekan “notification setting” lalu pilih “from everyone”. Dengan begini, tidak akan ada notifikasi yang terlewatkan. Mulai dari share, komentar, ataupun menjadikan unggahan sebagai Insta Story.

 

Selain itu, jangan lupa untuk memilih foto dengan kualitas terbaik saat mengunggahnya ke feeds. Karena bisa dibilang, foto merupakan media untuk memperkenalkan produk, jadi usahakan untuk menampilkan yang terbaik supaya bisa optimal hasilnya.

Related posts
Tips Jualan

5 Aplikasi untuk Menunjang Work From Home, Kerja Lebih Mudah dan Cepat!

Tips Jualan

Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Lakukan Cara-cara Berikut!

Tips Jualan

6 Cara Mudah Tingkatkan Engagement di Facebook, Pelajari dan Terapkan!

Tips Jualan

Tips Mudah Meningkatkan Engagement di Media Sosial!

Sign up for our Newsletter and
stay informed