Everything You Need to Know About Instagram for Bussiness

Sebagai aplikasi berbagi foto dan video yang paling populer saat ini, Instagram juga merupakan sosial media yang memiliki peranan cukup penting bagi sebuah bisnis. Tidak hanya bermanfaat bagi online shop, retailer, restaurant, perusahaan travel, dan e-commerce saja, tapi Instagram juga menjadi salah satu media paling efektif untuk membangun sebuah brand bisnis.

Berikut hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum mulai menggunakan Instagram untuk bisnis Anda.

Create a Bussiness Page Not Personal Page

Ada 2 tipe page yang disediakan oleh Instagram, yaitu: Personal page dan Bussiness Page. Pastikan Instagram yang Anda buat untuk bisnis merupakan Instagram dengan tipe Bussiness Page agar mendapatkan semua fasilitas yang mendukung bisnis Anda.

Decide on a Strong Brand Strategy

Apakah Anda menggunakan halaman ini untuk meningkatkan brand awareness? Atau untuk menjual produk? Menambah fans? Tentukan segera apa tujuan Anda agar nantinya konten Instagram Anda terlihat konsisten.

Edit Your Share Settings

Setting pengaturan gambar yang di post ke Instagram agar bisa di post melalui sosial media lain seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Blog dengan mudah dan cepat.

Theme Your Photo to Have a Familiar Look

Meskipun semua postingan gambar menggunakan filter atau subjek yang sama, pastikan gambar/foto yang Anda upload memiliki kualitas High Definition dan filter yang konsisten agar followers dapat mengingat ciri khas postingan Instagram Anda.

Embed Instagram Photos on Your Blog

Manfaatkan fitur Embedding Instagram Post yang memungkinkan Anda untuk menambahkan foto dan video dari Instagram ke dalam blog atau website.

Post a Sponsored Ads

Buat iklan sponsor di Instagram secara rutin untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan potensi penjualan produk Anda.

Incentivize Followers with Exclusive Promo Codes

Tawarkan kode promo dan diskon eksklusif untuk followers Instagram bisnis Anda, karena dengan cara tersebut akan mendorong mereka untuk follow, bukan sekedar like postingan tertentu saja.

Regram Pictures Users

Reupload foto customer yang telah upload foto dan tag Instagram bisnis Anda sebagai bentuk apresiasi pada mereka yang telah menggunakan produk Anda.

Host a Photo Contest

Buat hashtag khusus sesuai kontes yang Anda adakan, misalnya kontes caption terbaik saat menggunakan produk Anda, dengan syarat tambahan yaitu upload foto atau logo di Instagram masing-masing dengan caption sebaik mungkin, dan jangan lupa sediakan giveaway bagi para pemenang. Keterlibatan followers dalam kontes tersebut secara langsung dapat meningkatkan brand awareness dan promosi produk secara gratis.

Show off Your Employees in Their Environment

Upload foto pegawai atau anggota tim Anda saat sedang aktivitas di tempat kerja, agar followers bisa mengetahui dengan pasti cara kerja Anda dan tim untuk menghasilkan suatu produk. Mereka juga bisa mengenal profil bisnis Anda lebih jauh. Keakraban antara produsen dan konsumennya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan potensi penjualan.

Nah, itu dia 10 cara menggunakan Instagram untuk bisnis Anda. Kira-kira cara nomor berapa yang akan Anda implementasikan pertama kali? Semoga cara yang Anda pilih akan membantu meningkatkan potensi penjualan dan brand awareness  terhadap produk kalian ya 😉

Comments