Tips Jualan

Ini Dia, 4 Fitur yang Diprediksikan akan Hadir di WhatsApp for Business!

Selama tujuh tahun WhatsApp telah benar-benar bebas untuk digunakan, bahkan tanpa sedikit pun iklan menghalangi penggunaan layanan ini.

Ketika Facebook membeli WhatsApp seharga $ 22 miliar tiga tahun lalu, mereka memberi isyarat bahwa terdapat potensi pendapatan yang sangat besar dari WhatsApp. Meskipun begitu, WhatsApp tetap 100% bebas digunakan oleh 1 miliar penggunanya.

Facebook saat ini sedang menjalankan pilot layanan bisnis berbayar yang disebut WhatsApp for Business. Itu berarti Facebook telah memutuskan akan memanfaatkan potensi WhatsApp untuk lebih mengembangkan fitur bisnis yang dimilikinya.

Bagi marketer, hal ini menjadi kesempatan emas untuk bisa berkomunikasi dengan maksimal satu miliar pelanggan potensial melalui platform WhatsApp. Fitur ini nantinya akan bersifat komersil, jadi tidak bisa digunakan secara gratis.

Saat ini, belum terdapat informasi resmi apa saja yang akan diperoleh marketer ketika memanfaatkan layanan WhatsApp for Business. Pastinya, WhatsApp for Business dirancang untuk membantu perusahaan atau toko online mengelola klien mereka dengan lebih mudah.

Namun berdasarkan beberapa bukti bagaimana Facebook telah mengerjakan produk serupa, Social Media Today membuat beberapa dugaan tentang platform baru yang akan ditawarkan.

Berikut adalah empat fitur yang diprediksikan akan hadir di layanan WhatsApp for Business.

Fitur Chatbots yang Lebih Powerfull

Layanan Facebook Messenger saat ini memungkinkan perusahaan menggunakan chatbots untuk segala jenis fungsi praktis, mulai menerima pesanan produk hingga mengarahkan pengguna ke konten blog yang bermanfaat.

Dari fitur tersebut, sangat mudah untuk melihat penggunaan WhatsApp untuk hal yang serupa, yaitu pelanggan WhatsApp akan dilayani oleh chatbot brand untuk mendiskusikan produk yang mereka inginkan.

Facebook secara perlahan mengintegrasikan jenis pengalaman yang lebih responsif ini ke Messenger. Hal ini dirasa cukup aman, sehingga mereka dapat menerapkan hal yang sama ke dalam platform WhatsApp.

Mudahnya Promosi ke Pengguna

Sebagai penjual online, Anda pasti akan menyukai kesempatan untuk memulai obrolan dengan calon konsumen di WhatsApp. Hal ini pada dasarnya berisiko mengganggu sebagian besar pengguna aplikasi. Tapi kita tahu bahwa pengguna akan memiliki kemampuan untuk memblokir brand atau toko online di WhatsApp for Business.

Fitur kirim pesan ini cukup bisa dijadikan alasan bagi Facebook untuk menjadikan layanan WhatsApp for Business menjadi sebuah layanan berbayar. Karena layanan ini akan memudahkan pemilik brand untuk mengirimkan jutaan pesan ke pengguna WhatsApp tertarget melalui platform.

Terhubung dengan Workplace

Fitur lain yang kemungkinan akan dimiliki oleh layanan WhatsApp for Business adalah integrasi dengan Workplace. Workplace adalah layanan messaging dan social media yang berfokus pada kalangan korporasi dan profesional dan bisa digunakan secara internal oleh perusahaan. Tentu saja, apabila WhatsApp bisa terintegrasi dengan Workplace, hal ini akan lebih memudahkan pemilik brand untuk berkomunikasi dengan tim internal mereka.

Mudahnya Mengumpulkan Testimoni Pelanggan

Adanya fitur WhatsApp Stories, pemilik brand akan lebih mudah mengumpulkan informasi berupa foto dan video dari pelanggan. Dengan ini, Anda bisa meminta pelanggan Anda untuk memberikan testimoni untuk diunggah di stories mereka. Anda bisa memanfaatkan konten stories pelanggan sebagai bahan promosi di kemudian hari.

 

Berdasarkan 4 fitur yang diprediksikan di atas, terlihat bahwa ada potensi besar dalam layanan WhatsApp for Business. Layanan ini dipercaya akan menjadi alat bisnis yang menarik dan bermanfaat. Semoga segera release, ya!

 

Source : Social Media Today

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *