Ini Dia, 6 Tips Promosi di Bulan Ramadhan!

Bulan Ramadhan diyakini menjadi bulan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat. Keinginan berbelanja menjadi semakin tinggi di bulan ini, entah karena memang butuh atau hanya sekedar menuruti nafsu saja. Sebagai penjual, Anda harus pandai-pandai memanfaatkan momen ini. Salah satunya menjadikan produk jualan Anda terlihat menarik di mata calon pelanggan. Anda bisa membuat promosi produk yang menarik hingga membuat pelanggan Anda tidak bisa menolak penawaran yang Anda ajukan.

Sebenarnya promosi di bulan Ramadhan tidak ada bedanya dengan promosi di hari-hari biasanya. Hanya saja di bulan penuh berkah ini, Anda perlu ekstra memahami bagaimana cara berpromosi yang efektif untuk memanfaatkan banyaknya peluang closing.

Nah, agar Anda tidak salah strategi, berikut tips berpromosi di Bulan Ramadhan yang bisa Anda praktekan untuk meningkatkan penjualan!

Ucapan Selamat Ramadhan

Contoh ucapan selamat ramadhan.

Promosi di bulan Ramadhan ada baiknya diawali dengan mengucapkan selamat Ramadhan kepada semua pelanggan setia Anda khususnya yang beragama muslim. Dengan mengucapkannya, mereka akan merasa bahwa Anda memiliki kepedulian kepada pelanggan dan tidak serta merta mementingkan penjualan.

Desain Promosi dengan Unsur Ramadhan

Contoh desain dengan menggunakan icon Ramadhan. [sumber]
Berbeda dengan hari biasanya, bulan Ramadhan memiliki icon atau simbol khusus yang dapat Anda tambahkan pada materi promosi produk. Icon atau simbol yang umum digunakan saat bulan Ramadhan antara lain icon bulan sabit, kurma, lentera, dan lain-lain. Dengan menambahkan icon-icon tersebut akan membuat alat promosi Anda bernuansa bulan Ramadhan dan siap untuk dipasarkan.

Anggaran Promosi selama Ramadhan

Dengan adanya hubungan antara datangnya bulan Ramadhan dengan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat, sebagian besar perusahaan memanfaatkannya dengan fokus meningkatkan jumlah iklan selama bulan tersebut. Berdasarkan penelitian terdapat kenaikan pengeluaran untuk iklan sekitar 20% selama bulan Ramadhan melebihi pengeluaran bulanan biasanya.

Atur budget promosi Anda. [sumber]
Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam menentukan budget untuk promosi. Jangan sampai Anda sudah promosi habis-habisan tapi ternyata hasil yang diperoleh tidak sepadan. Sebaiknya pelajari hasil promosi pertama Anda. Jika hasilnya bagus, Anda bisa meningkatkan budget promosi selanjutnya. Dan yang lebih penting adalah gunakan teknik promosi yang bisa menekan biaya operasional namun target market yang diperoleh bisa maksimal.

Hati-hati dengan Konten Promosi Anda

Dalam berpromosi, khususnya di bulan Ramadhan, Anda harus berhati-hati saat menentukan konten promosi. Pesan seperti apa yang akan disampaikan selama bulan Ramadhan dan Anda juga harus memastikan promosi produk Anda selalu menghormati budaya dan tradisi umat Muslim.

Bulan Ramadhan adalah tradisi religius dengan ikatan emosional yang kuat di masyarakat yang harus dihormati. Oleh karena itu, jangan sampai konten promosi Anda menyinggung pihak tertentu. Sebaiknya Anda memiliki tim khusus yang bertugas untuk memilah dan memilih mana alat promosi yang bisa digunakan dan mana yang harus diperbaiki sebelum diluncurkan.

Manfaatkan Digital dalam Promosi

Manfaatkan sosial media sebagai alat promosi Anda.

Di era serba teknologi saat ini, Anda dipermudah dengan banyak platform promosi dalam bentuk digital. Anda bisa memanfaatkan platform digital tersebut, misalnya media sosial, untuk melakukan promosi secara gratis. Dengan begitu Anda bisa mengurangi budget promosi yang sudah dianggarkan. Walaupun memang untuk mendapatkan hasil maksimal Anda perlu membayar biaya promosi (contohnya fb ads), namun setidaknya dengan media digital pengeluaran untuk biaya promosi Anda bisa sedikit ngirit dibandingkan dengan promosi secara tradisional seperti pasang iklan di televisi atau media cetak.

Ditambah lagi selama bulan Ramadhan sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu berselancar di dunia maya dibandingkan hangout ke luar rumah. Sehingga promosi Anda akan mudah dan cepat tersampaikan kepada mereka.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Promosi

Waktu promosi yang tepat di bulan Ramadhan tentu berbeda dengan waktu promosi di hari-hari biasanya. Anda harus memperhatikan kapan biasanya target market Anda mengakses media sosial. Anda bisa pilih waktu sahur, jam istirahat kantor, dan menjelang berbuka puasa untuk melakukan promosi. Karena dipastikan banyak masyarakat yang mengakses media sosial di jam-jam tersebut.

 

Nah, dengan tips di atas semoga promosi Anda berhasil meningkatkan omzet di bulan Ramadhan, ya! Selamat mencoba.

Comments