Tips Jualan

Ini Dia, 9 Tips Rahasia dalam Meraih Kesuksesan Bisnis Online!

Dari tahun ke tahun, penjualan di bidang ecommerce selalu meningkat. Bank Indonesia memprediksi angka transaksi ecommerce di tahun 2018 mencapai Rp 144 triliun. Seiring pertumbuhan ecommerce di tahun 2016 lalu, yakni Rp 69,8 triliun. Serta, di tahun 2014 lalu, yakni Rp 25 triliun. Melihat transaksi ecommerce yang tumbuh pesat ini, Anda hanya tinggal memilih ingin memulai bisnis baru di tahun ini atau melanjutkan dan meningkatkan penjualan bisnis lawas Anda? Berikut ini 9 tips meraih kesuksesan bisnis Anda di tahun 2018.

Jangan Terburu-buru Meluncurkan Website Toko Online Anda

Salah satu kesalahan terbesar pengusaha toko online adalah tergesa-gesa dalam merilis website toko online-nya. Padahal seharusnya, Anda harus bersabar dulu sampai selesai mengerjakan hal-hal penting. Seperti SEO, konten pemasaran, media sosial, iklan berbayar, dan lain-lainnya.

Menutupi Kekurangan dengan Kelebihan

Salah satu kekurangan dari bisnis ecommerce adalah konsumen tidak dapat melihat dan merasakan secara langsung produk yang akan mereka beli. Maka dari itu, Anda bisa menutupi kekurangan tersebut dengan suatu kelebihan. Anda bisa memberikan review produk secara keseluruhan sebelum produk diedarkan, seperti produk terbuat dari bahan apa, kualitas produk seperti apa, dan lain-lain. Anda juga bisa menawarkan gratis ongkos kirim, kartu garansi, proses pembelanjaan yang mudah, atau yang lainnya agar konsumen nyaman berbelanja di website toko online Anda.

Lakukan Pengujian dan Analisis Terlebih Dahulu

Saat Anda terjun di dunia bisnis online, Anda tidak akan bisa lepas dari yang namanya pengujian dan analisis. Karena sebagai penjual, Anda wajib mengetahui apa yang dirasakan, dipikirkan, dan diinginkan oleh customer. Dengan melakukan pengujian dan analisis, Anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang diinginkan oleh customer.

Terjun Langsung dalam Media Sosial

Memang tidak ada salahnya jika Anda menyerahkan akun media sosial toko online Anda kepada admin toko Anda. Anda mungkin merasa kerepotan untuk mengurus semua akun media sosial toko online Anda. Namun bukan berarti Anda memberikannya secara cuma-cuma. Sebaiknya, Anda tetap mengawasi dan sesekali terjun langsung untuk mengurus media sosial toko Anda. Sehingga Anda bisa mengetahui dengan sendiri, seberapa besarnya engagement yang dihasilkan dari akun media sosial tersebut dan Anda juga bisa mengamati perilaku customer yang bisa Anda manfaatkan sebagai perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Sertakan Testimoni Pelanggan Anda

Ulasan pelanggan berguna untuk mengetahui apa yang customer butuhkan dan apa yang mereka sukai dari toko Anda. Selain itu, testimoni berperan penting dalam menarik perhatian customer baru. Karena customer akan lebih percaya dengan testimoni sesama pelanggan, daripada sebuah iklan berbayar ataupun endorsement artis.

Manfaatkan Penjualan Melalui Smartphone

Anda bisa berjualan online di website toko online Anda, marketplace, dan lain-lain. Namun jangan lupakan platform yang lebih sering diakses oleh customer seperti Line, BBM, Whatsapp, dan lain-lainnya. Bisa dipastikan di era serba teknologi saat ini, calon customer Anda memiliki aplikasi-aplikasi perpesanan tersebut di smartphone mereka. Manfaatkan aplikasi tersebut untuk memudahkan mereka menghubungi Anda.

Jangan Lupakan SEO

Semakin menjamurnya online shop artinya persaingan semakin ketat. Akan lebih baik, jika Anda tetap terhubung dengan Search Engine Optimation atau yang lebih akrab disebut SEO. Bagaimanapun juga, SEO akan membantu Anda agar tetap kompetitif dalam jangka waktu yang panjang.

Pengumpulan Informasi sebelum Update Terbaru

Mengumpulkan informasi sebelum merilis update terbaru dari toko online Anda merupakan hal yang sangat penting. Anda perlu mengumpulkan informasi tentang pelanggan Anda, seperti gaya hidup mereka, cara berbelanja mereka, kualitas produk yang bagaimana yang paling sering dicari oleh pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyajiikan produk yang benar-benar dibutuhkan oleh calon customer. Ingat! Jangan mencari pelanggan untuk produk Anda, namun carilah produk untuk pelanggan Anda!

Inovasi dan Terus Berkembang

Dari tahun ke tahun, tren memang selalu berubah-ubah. Banyak yang mengatakan, jika Anda tidak mengikuti perkambangan jaman, maka Anda akan terlindas. Berubah atau punah? Maka dari itu, teruslah berinovasi menciptakan hal-hal baru. Selain itu, Anda perlu terus menerus pengembangkan bisnis Anda untuk kedepannya.

 

Semoga kesembilan tips di atas, dapat membantu Anda lebih mudah meraih kesuksesan bisnis Anda. Di tengah persaingan ecommerce yang sangat ketat saat ini, Anda dapat selalu menonjol dan menunjukkan bahwa toko Anda mampu bersaing. Semoga bermanfaat! 🙂

 

Source: Enterpreneur

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *