Ini Pertimbangan Sebelum Anda Menerima Cash on Delivery

cash-on-delivery

Memiliki usaha online shop yang semakin besar dari hari ke hari bahkan bisa memiliki omset yang berlimpah adalah tujuan utama para penjual online. Semakin besar usaha maka service yang diberikan pun semakin prima. Contohnya saja, customer service yang semakin banyak, pilihan barang yang dijual semakin bervariasi dan masih banyak lagi. Salah satunya yang bisa dipertimbangkan adalah pelayanan cash on delivery untuk pembeli yang berada di kota yang sama dengan Anda.

Mereka tidak perlu lagi transfer dulu, menunggu barang datang dari ekspedisi. Cukup pesan, dan barang bisa diterima di hari yang sama, bayarnya juga bisa langsung ke kurirnya. Biasanya untuk pebisnis makanan, menggunakan pelayanan cash on delivery ini. Jika Anda mencari pertimbangan untuk memutuskan enaknya menambahkan layanan COD atau tidak, ini dia:

Ada Tenaganya Atau Tidak

Memiliki layanan cash on delivery berarti Anda harus mempersiapkan kendaraan dan tenaga untuk melakukannya. Jika memang ada pegawai yang bisa dipercaya untuk menghandle ini, maka tidak masalah. Karena uang pembayaran nanti akan diberikan pada petugas COD, bukan? Jika tidak bisa amanah maka akan menimbulkan kesulitan di kemudian hari. Pastikan petugas COD adalah orang jujur, bisa bertanggungjawab dan tentu saja hapal jalanan. Tidak lucu jika waktunya habis hanya untuk kesasar saat mencari alamat.

petugas cash-on-delivery
petugas cash-on-delivery

Kota Tempat Tinggal Anda

Jika Anda tinggal di kota besar seperti Surabaya, Jakarta dan Medan maka pelayanan COD pasti ditunggu-tunggu. Ini bisa menjadi nilai plus karena pembeli akan memilih berbelanja di tempat Anda dibandingkan online shop lain. Tentu saja, semakin besar jangkauannya maka semakin besar juga kesempatan Anda untuk meraih pembeli lebih banyak lagi.

Biaya Operasional untuk COD

Pembeli biasanya mengharapkan COD karena bisa gratis ongkos kirim. Tunggu dulu, jika tempat tinggal Anda di Jakarta maka bensinnya saja sudah berapa? Belum biaya petugas COD nya. Jadi rasanya hampir mustahil jika biaya COD tidak dibebankan pada pembeli. Anggap saja, COD mempersingkat waktu pengiriman, dengan biaya kirim yang sama dengan biasanya ekspedisi memberikan harga. It’s fair enough.

value-vs-price
value-vs-price

Barang Jualan Anda

Jika Anda berjualan makanan seperti yang dijelaskan maka memiliki pelayanan COD itu menjadi nillai plus bagi Anda. Karena makanan apalagi berupa kue, makanan basah yang harus segera dikonsumsi dan beberapa tipe kuliner lainnya memang tidak bisa dikirim menggunakan ekspedisi atau harus memakai jasa yang express. Jika Anda memiliki petugas COD sendiri, juga bisa menghindari risiko kerusakan di tengah jalan, bukan?

food-home-delivery
food-home-delivery

Nah itu dia beberapa pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk memiliki pelayanan cash on delivery. Semoga membantu, ya!

Comments