Tips Jualan

Jangan Asal Murah, Begini Tips Mengenali Produk Palsu di Toko Online!

Belanja online dewasa ini sudah menjadi lifestyle tersendiri bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Banyak kemudahan yang ditawarkan saat belanja secara daring. Dibalik dengan berbagai kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan tentu saja banyak hal yang perlu diwaspadai. Salah satunya terkait keaslian barang-barang yang dibeli, terutama jika menyangkut kosmetik dan obat-obatan.

Harga yang murah kerap kali membuat orang-orang tergiur untuk membeli suatu barang. Tetapi jangan asal beli dan mengindahkan kesehatan dan keselamatan diri. Berikut akan diberikan tips mengenali produk palsu di toko online yang hanya bisa melihat gambarnya saja.

Mengecek di BPOM

Khusus untuk obat-obatan yang kerap kali dipalsukan, ada cara termudah untuk mengecek keasliannya. Yakni dengan mencari informasinya di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara online, cekbpom.pom.go.id. Langkahnya sangat mudah sekali, tinggal memasukkan nomor BPOM di bagian pencarian, jika langsung tersedia informasinya berarti produk tersebut asli. Sementara jika tidak ada informasinya, sebaiknya dihindari saja.  

Komentar Dimatikan

Salah satu kegunaan komentar di akun online shop adalah untuk mengetahui testimoni dari para pengguna atau pelanggan. Jika komentar dimatikan, ada baiknya untuk berpikir berulang kali untuk melakukan transaksi. Jangan sampai hanya karena mengejar harga terjangkau malah menjadi korban penipuan barang palsu. 

Tidak Ada Garansi untuk Elektronik

Kemudian untuk barang-barang elektronik seperti halnya laptop, smartphone, dan lain-lain, pastikan toko memiliki garansi. Jika deskripsi di produk terasa kurang jelas jangan segan untuk bertanya kepada seller. Dengan begini jika nantinya ada masalah bisa segera ditangani dengan baik. Garansi juga akan membuat pembeli merasa lebih aman.

Kualitas Foto yang Buruk

Hal lainya yang perlu diperhatikan adalah kualitas foto produk yang ditawarkan. Dalam bisnis online shop, foto merupakan salah satu variabel terpenting. Selain membuat calon pembeli tertarik, juga untuk branding produk itu sendiri. Lalu bagaimana jika kualitas foto yang ditampilkan tidak jelas dan terlihat buruk? Ada baiknya untuk mencari barang di online shop lainnya.

Stock Produk yang Terlalu Banyak

Perhatikan juga jumlah produk yang ditawarkan. Jika jumlahnya memiliki banyak sekali stock atau bahkan unlimited, perlu untuk dipertanyakan. Bisa jadi barang yang dibeli adalah produk tiruan. Ini kerap terjadi pada kosmetik. Terlebih lagi jika ditawarkan dengan harga di bawah normal, berhati-hatilah. Jangan sampai kulit yang selama ini dirawat dengan baik akan rusak karena tergiur barang palsu.

 

Supaya bisa mendapatkan barang-barang asli dan bergaransi, usahakan untuk membeli di official store atau star seller. Website-website resmi juga bisa menjadi pertimbangan. Selalu waspada dan hati-hati saat membeli barang baik online atau langsung.

Related posts
Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Tips Jualan

Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Sign up for our Newsletter and
stay informed