Tips Jualan

Jenis-jenis E-Commerce yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia!

Free trial APlikasi menejemen toko online Ngorder.id

Electronic commerce atau yang lebih familiar dengan e-commerce adalah berbagai aktivitas jual beli yang dilakukan lewat media elektronik seperti televisi, telepon, serta internet. Bisa dibilang, e-commerce begitu berkembang pesat di Tanah Air. Didukung dengan berbagai teknologi, pertumbuhannya makin menjadi-jadi. Perusahaan atau individu yang bergerak di bidang e-commerce seakan berlomba-lomba untuk menarik pelanggan lebih banyak dengan melakukan berbagai inovasi.

Meskipun sarananya banyak, sekarang ini yang paling populer adalah e-commerce melalui internet. Jangan hanya berbelanja saja, supaya lebih mengenal e-commerce, mari membahas berbagai jenisnya yang populer di Indonesia.

Business to Business (B2B)

Secara mudahnya, jenis e-commerce ini adalah di mana perusahaan menawarkan produk atau jasa yang dimilikinya ke perusahaan lain. Maka dari itulah, model ini biasanya melakukan transaksi dalam jumlah yang besar. Misalnya saja menjual peralatan industri, perlengkapan elektronik untuk kantor dan rumah tangga, bahkan sampai alat-alat pertanian. Model e-commerce B2B ini di Indonesia contohnya adalah Ralali, Elevania, Electronic City, Mbiz, dan lain-lain.

Business to Consumer (B2C)

Jenis selanjutnya yang cukup populer di Indonesia adalah Business to Consumer (B2C). Seperti namanya, jenis satu ini adalah dari perusahaan menjual barang ataupun jasa ke konsumen. Caranya lebih mudah, para pembeli bisa mendapatkan barang langsung dari produsennya. Dalam sistem penjualannya biasanya para pembeli ini akan mengecer. Jenis satu ini begitu berkembang karena didukung banyaknya toko ataupun mall virtual. Contoh e-commerce ini di Indonesia antara lain Lazada, Traveloka, Tiket, Blibli, serta Shopee.

Customer to Customer (C2C)

Jika pernah jual beli barang bekas secara online, berarti sudah pernah melakukan e-commerce Customer to Customer (C2C). Jenis satu ini melibatkan dua individu, bisa secara langsung (classified) ataupun melibatkan pihak ketiga (marketplace). Untuk model marketplace perlu pihak ketiga yang akan menjadi perantara. Sudah banyak e-commerce jenis ini di Tanah Air, paling populer di antaranya adalah Bukalapak, OLX, Tokopedia, serta Kaskus.

Consumer to Business (C2B)

Customer to Business (C2B) merupakan jenis e-commerce di mana konsumen akan menjual produk ataupun layanannya kepada perusahaan, berkebalikan dengan B2C. Contohnya bisa seorang fotografer yang menjual foto-fotonya ke perusahaan, graphic designer membuat logo buatannya ke sebuah bisnis dan lain-lain. Contoh e-commerce ini banyak, ada iStock, Freelancer, 123rf, Shutterstock, dan sebagainya.

 

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  7 Rahasia Sukses Menjadi Reseller

Sebelum menggeluti lebih jauh mengenai e-commerce, ada baiknya mengenali jenis-jenisnya terlebih dahulu. Supaya melek dengan berbagai ilmu dan bisa melakukan bisnis dengan lebih mudah dan mendatangkan untung yang lebih melimpah.

Free trial APlikasi menejemen toko online Ngorder.id
Related posts
Tips Jualan

Inilah 5 Kesalahan fatal seller Shopee yang sering dilakukan

Tips Jualan

Cara Menjadi Star Seller Shopee

Tips Jualan

Tips Cara & Keuntungan Jualan di Shopee

Tips Jualan

4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Langganan Artikel Ngorder Sekarang, Gratis!