Jualan Sisa Bulan Ramadan Belum Habis, Harus Bagaimana?

stock parcel lebaran

Bulan Ramadan tak terasa segera usai, semua orang bersukacita menikmati hari demi hari penuh berkah ini. Puasa lancar, jual beli semakin mengalir, ibadahpun lebih tenang. Beberapa barang jualan yang hanya spesial tersedia di bulan lebaran juga dikeluarkan, seperti aneka kue kering, kurma, baju muslim dan masih banyak lagi.

Namun rezeki sudah ada yang mengatur, ada kalanya stock jualan tidak ludes alias masih terisa. Sedangkan lebaran sudah hampir menjelang dan diri sendiri sudah repot dengan persiapan hari raya. Nah, stocknya bagaimana? Yuk disimak tipsnya:

Stock Makanan

Jika stock yang masih tersisa adalah makanan, seperti kue kering, kurma, minuman, cokelat dan masih banyak lagi maka silakan dicheck masa kedaluwarsanya. Jika masih lama, usai lebaran masih bisa dijual dengan harga diskon. Bagaimana jika sudah menjelang kedaluwarsa?

kue lebaran
kue lebaran [sumber]
Bisa dijual dengan potongan harga selama beberapa hari, hingga stock habis. Jika belum habis juga, alangkah baiknya jika diikhlaskan untuk disumbangkan pada yang membutuhkan. Ingat bahwa berbagi rezeki pada mereka adalah pahala yang besar. Selain membahagiakan orang lain, kita juga secara tidak langsung sedang membersihkan harta.

Stock Pakaian

Pakaian masih aman karena tidak memiliki masa kedaluwarsa. Tapi tetap saja jika sudah tidak tren lagi maka akan susah untuk dijual. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan potongan harga dan menjualnya dengan sistem paket. Misal beli 2 diskon 50% misalnya, ini membantu agar stock juga lebih cepat habis.

baju sisa jualan stock lebaran
baju sisa jualan stock lebaran [sumber]
Jangan lupa juga jika berkenan, disumbangkan kepada yang membutuhkan. Pasti senang sekali mereka yang kurang mampu, mendapatkan baju baru saat lebaran. Pahala berlipat, Anda juga lega karena stock sudah menumpuk.

Stock Parcel

Sudah merangkai banyak parcel tapi ternyata tidak laku terjual semua, jika isinya adalah barang pecah belah atau bukan makanan, maka disimpan saja untuk dijual di bulan Ramadan berikutnya. Tidak masalah karena barang-barang tersebut relatif tahan lama dan tidak ada masa kedaluwarsanya.

stock parcel lebaran
stock parcel lebaran [sumber]
Atau bisa juga dibongkar, kemudian dijual perbiji atau per set. Ini memang untungnya lebih tipis tapi daripada modalnya mandeg bukan? Daripada rugi dan menumpuk stock hingga berbulan-bulan lamanya.

Stock Barang Lainnya

Hal ini yang dimaksud adalah bukan makanan ataupun parcel. Bisa jadi barang yang lainnya, contohnya saja toples-toples kue, taplak meja dan masih banyak lagi. Ini juga masih memungkinkan untuk dijual di ramadan tahun depannya.

jualan lainnya
jualan lainnya [sumber]
Memberikan diskon adalah solusi paling ampuh untuk menghabiskan stock, dan juga menyumbangkan beberapa untuk yang kurang mampu. Matematika Tuhan berbeda dengan manusia, jika ikhlas maka akan mendapatkan hadiah dari Tuhan yang tidak terkira. Nah, selamat lebaran ya!

Comments