Tips Jualan

Ketahui 3 Cara Online Store Anda Bisa Menghasilkan Uang Melalui Youtube!

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula kebiasan manusia, salah satunya adalah kebiasaan dalam menggunakan sosial media. Karena pengguna sosial media semakin meningkat dari hari ke hari, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis online Anda dengan menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, tak cukup dengan text dan gambar saja, Anda juga bisa menambahkan video dalam pemasaran Anda. Salah satu media yang sesuai adalah Youtube.

Youtube saat ini disebut-sebut sebagai mesin pencari terbesar ke-2 dan situs video terbesar. Youtube dengan konten berupa video memiliki nilai engagement yang lebih daripada konten lain. Video melibatkan suara, text, dan visual, sehingga konten yang ditampilkan dapat menyampaikan tujuan dari brand secara cepat. Nah, sekarang saatnya mengembangkan bisnis online Anda dan menghasilkan lebih banyak ‘pundi-pundi’ melalui Youtube.

Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

Sesuaikan Channel Youtube Anda

Membuat channel youtube untuk bisnis online akan membuat audience sadar akan adanya brand atau toko online Anda. Sebagai pebisnis online, Anda perlu tahu bahwa pemasaran melalui youtube bukan hanya tentang konten video. Namun yang terpenting adalah bagaimana menarik engagement dari customer baru dan menarik kembali customer lama.

Maksimalkanlah fitur youtube untuk kebutuhan pemasaran Anda. Dengan memberikan deskripsi yang jelas dan ringkas tentang channel bisnis Anda. Jangan lupa untuk menyertakan link sosial media dan website toko online Anda. Karena itu akan memudahkan audience melihat konten ataupun produk dari bisnis online Anda.

Anda juga bisa membuat video overview tentang bisnis online Anda. Seperti, memperkenalkan nama, lokasi toko, produk yang Anda jual, dan Anda bisa mengajak audience dan customer Anda berinteraksi melalui like dan comment. Selain video perkenalan, Anda juga bisa membuat konten tentang video testimoni. Agar pelanggan baru bisa melihat review tentang produk Anda.

Tingkat keberhasilan youtube sebagai media pemasaran bergantung pada penayangan. Jika konten video Anda dapat menarik perhatian audience maka jumlah penayangan pun akan meningkat. Hal yang tak kalah penting untuk Anda ketahui yaitu tentukan konten seperti apa yang akan Anda buat, image seperti apa yang ingin Anda tampilkan untuk brand Anda, dan buatlah jadwal teratur untuk memposting konten.

Memahami Demografi dan Memanfaatkan Analytics Tool

Selain menentukan konten apa yang ingin Anda buat, menentukan tujuan dari konten juga tak kalah penting. Jika tujuan konten Anda jelas, Anda akan tahu bagaimana dampaknya terhadap bisnis Anda. Misalnya dengan menggunakan like dan comment jika tujuan konten Anda untuk meningkatkan brand awareness. Dan menggunakan jumlah klik penayangan konten dari video ke website Anda, jika tujuan konten untuk meningkatkan penjualan.

Untuk memantau aktivitas terhadap konten dan dampak terhadap penjualan dan pendapatan bisnis online, Anda bisa menggunakan Analytics tool. Anda bisa menggunakan Youtube Analytics atau Google Analytics. Analytics tool merupakan alat yang menyajikan data berkaitan dengan aktivitas di konten Anda.

Menghasilkan Uang dari Konten Youtube

Setelah set-up channel youtube untuk channel bisnis online Anda dan perencanaan konten. Selanjutnya bagaimana menghasilkan uang dari channel youtube Anda?

Selain menjadikan youtube sebagai media pemasaran, tujuan utamanya adalah meningkatkan penjualan untuk menghasilkan uang. Ada beberapa cara untuk monetizing dari konten Anda.

Berikut 3 cara yang bisa Anda manfaatkan :

Fitur Iklan

Melalui fitur iklan yang disediakan oleh youtube, Anda akan diminta registrasi sebagai mitra youtube. Kemudian menyiapkan akun untuk Google AdSense. Tujuannya untuk memberi Anda akses masuk ke jaringan iklan google, menerima pembayaran, dan melihat laporan pendapatan. Setelah langkah registrasi selesai, di sebelah video Anda akan terdapat tanda “$” atau dolar berwarna hijau dibagian video manager di channel youtube Anda. Sebagai indikator apakah video Anda tersebut dapat diizinkan untuk dimonitize.

Program Afiliasi

Pemasaran melalui afiliasi masih menjadi cara tercepat dan termudah untuk menghasilkan uang ekstra dari youtube dan meningkatkan trafik website online store Anda. Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu registrasikan bisnis online Anda dengan program afiliasi dan memberi link afiliasi produk yang terdapat dalam video ke kolom deskripsi. Jika audience atau customer membeli produk Anda melalui link afiliasi, Anda tentu akan mendapat komisi.

Promosi Melalui Sosial Media

Anda dapat membagikan konten video dari channel youtube Anda ke platform sosial media seperti facebook atau twitter. Ini adalah cara untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Follower sosial media Anda dapat membagikan video youtube Anda dan menyarankan follower mereka untuk melihat konten Anda juga. Cara seperti ini berpotensi untuk mengubah audience menjadi customer Anda.

 

Semakin meningkatnya pengguna Youtube maka meningkat pula jumlah audience. Nah, Anda bisa mempengaruhi audience menjadi calon pembeli Anda, dengan 3 cara yang telah kami ulas di atas. Selamat mencoba 🙂

 

 

Sumber : A Better Lemonade Stand

Related posts
Tips Jualan

5 Aplikasi untuk Menunjang Work From Home, Kerja Lebih Mudah dan Cepat!

Tips Jualan

Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Lakukan Cara-cara Berikut!

Tips Jualan

6 Cara Mudah Tingkatkan Engagement di Facebook, Pelajari dan Terapkan!

Tips Jualan

Tips Mudah Meningkatkan Engagement di Media Sosial!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *