Kurma Mana yang Akan Anda Pilih untuk Bulan Ramadhan Nanti?

Buah kurma adalah buah favorit yang selalu ada di meja makan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Selain karena sunnah Rosul dan rasanya yang manis, buah kurma memiliki banyak khasiat yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh kita.

Siapa sangka, buah kecil ini ternyata memiliki banyak jenis dan rasa yang berbeda-beda di setiap jenisnya. Hal ini wajib Anda ketahui untuk memudahkan Anda dalam membeli buah kurma, apalagi jika Anda berniat berjualan buah kurma di bulan Ramadhan nanti. Berikut beberapa jenis kurma yang perlu Anda ketahui.

Kurma Madinah

Kurma yang berasal dari Madinah ini merupakan kurma yang paling enak dan favorit diantara jenis kurma lainnya. Oleh karena itu, harga yang dibanderol untuk kurma jenis ini akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Beberapa kurma Madinah yang paling laris di Indonesia adalah Kurma Ajwa dan Kurma Sukkari.

Kurma Ajwa

Kurma Ajwa, yang juga disebut sebagai Kurma Nabi, merupakan kurma terlezat dibandingkan dengan kurma lainnya. Kurma Ajwa memiliki tekstur yang lembut, halus, dan daging buah yang tebal, serta rasa yang tidak terlalu manis.

Kurma ajwa juga disebut dengan kurma Nabi. [sumber]

Ciri-ciri kurma ajwa asli berbentuk lebih kecil dibandingkan jenis yang lain. Selain itu warnanya juga lebih gelap dengan tekstur yang agak kering. Guratan-guratan pada permukaan kurma juga terlihat lebih jelas jika dibandingkan dengan jenis kurma yang lain.

Kurma Sukkari

Kurma sukkari, disebut juga dengan kurma raja. [sumber]

Kurma sukkari atau yang dikenal juga dengan sebutan kurma raja adalah salah satu kurma yang paling disukai di kawasan Saudi Arabia dan Timur Tengah. Kurma sukkari berukuran besar dan berwarna cokelat terang dan ujungnya kuning ranum. Daging buahnya sangat lembut sehingga lumer di mulut saat dimakan.

Kurma Emirate (Dubai)

Kurma yang paling terkenal dari Emirate ini adalah jenis kurma date crown. Kurma date crown sering dijadikan sebagai kado dan hadiah karena memiliki kemasan yang sangat bagus. Kurma date crown yang paling laris di Indonesia adalah kurma date crown Lulu, kurma date crown Khenaizi, dan kurma date crown Khalas.

Kurma Date Crown Lulu

Kurma Date Crown Lulu

Kurma Date Crown Lulu berbentuk bulat kecil dan berkeriput dengan warna coklat gelap. Rasanya manis, legit dan lembut. Bentuk dan warnanya yang mirip kurma Ajwa ini sering membuat orang keliru sehingga menganggap kurma ini jenis Ajwa. Untuk membedakannya, selain kurma Lulu lebih murah dibandingkan dengan kurma Ajwa, warna kurma Ajwa kelam lebih hitam dan rasanya juga lebih lembut, beda dengan Lulu.

Kurma Date Crown Khenaizi

Kurma Date Crown Khenaizi

Kurma Date Crown Khenaizi adalah kurma terbaik dari semua merek kurma date crown. Memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan dagingnya sangat lembut. Karena kenikmatannya inilah yang membuat kurma date crown khenaizi menjadi paling favorit diantara jenis kurma date crown yang lain, dan dari segi harga juga paling mahal.

Kurma Date Crown Khalas

Kurma Date Crown Khalas

Kurma Date Crown Khalas merupakan salah satu kurma yang paling laris di Indonesia, karena harganya yang cukup terjangkau. Kurma Khalas berbentuk oval/lonjong dengan ukuran sedang. Kurma ini memiliki serat yang lunak, apabila digigit/dikunyah kurma ini terasa lembut. Bagian luar kurma khalas kadang seperti masih terbungkus kulit ari tipis. Kurma ini memiliki rasa manis yang khas, sehingga sebagian orang menganggap manisnya kurma ini mirip dengan manisnya madu.

Kurma Tunisia

Kurma yang berasal dari Tunisia ini memiliki 2 macam kurma yang paling laris, yaitu Kurma Palm Fruit dan Kurma Sun Fruit.

Kurma Palm Fruit

Kurma Palm Fruit [sumber]

Kurma Palm Fruit berbentuk agak gemuk, oval/lonjong dengan ukuran yang sedang. Kurma palm fruit berwarna cokelat terang, dikemas langsung bersama dengan tangkainya sehingga kesegaran kurma akan semakin terasa dan rasa manisnya pun lebih fresh serta alami. Teksturnya padat dan apabila digigit/dikunyah kurma ini terasa lembut.

Kurma Sun Fruit

Kurma Sun Fruit [sumber]

Kurma Sun Fruit adalah kurma yang sangat digemari di bulan ramadhan. Kurma ini sangat bagus dimakan saat berbuka puasa dan banyak orang yang menggunakan kurma ini sebagai bahan dasar kurma coklat, karena rasa kurma sun fruit tidak terlalu manis. Kurma Sun Fruit berwarna coklat terang, dikemas eksklusif bersama tangkainya. Tekstur kurma ini lembut tapi tidak basah.

Kurma California

Kurma ini berasal dari California, Amerika. Kurma California yang paling laris adalah kurma Medjool California.

Kurma Medjool California [sumber]

Kurma yang manis dan legit ini kerap menjadi favorit banyak orang ketika bulan ramadhan tiba. Bentuk kurma medjool yang super besar dan daging buahnya yang tebal, manis, legit, empuk, dan lembut, serta aromanya yang begitu harum membuat kurma asal Amerika ini disukai banyak orang.

Kurma Medjool memiliki biji yang kecil padahal daging buah kurmanya sangat tebal dan enak, sehingga sangat cocok bagi pecinta kurma.

Kurma Mesir

Kurma yang berasal dari mesir. Kurma Mesir yang sering dijual di Indonesia antara lain Kurma Golden Valey, Natjwa dan Siwa.

Kurma Golden Valey

Kurma Mesir Golden Valey [sumber]
Kurma Golden Valey merupakan kurma yang memiliki cita rasa empuk, manis dan merupakan kurma premium. Kurma ini berasal dari mesir dan di indonesia sendiri kurma ini termasuk favorit karena dari segi harga termasuk murah. Kurma golden valley ini memiliki rasa yang hampir mirip dengan madu.

Kurma Natjwa

Kurma Mesir Natjwa

Kurma Natjwa memiliki ukuran buah yang sedang dan berwarna coklat terang. Kurma ini memiliki rasa yang manis, dengan tekstur yang sedikit kasar.

Kurma Siwa

Kurma Mesir Siwa [sumber]

Kurma Siwa memiliki ukuran sedang dan berwarna cokelat gelap. Kurma ini memiliki rasa yang manis agak sedikit pahit dengan teksturnya yang lembut.

Sepintas tidak ada perbedaan pada bentuk buah kurmanya, ya. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda dalam membeli buah kurma. Kira-kira mana yang akan jadi favorit Anda di bulan Ramadhan tahun ini? Atau apakah Anda sudah ada ide untuk berjualan kurma di bulan Ramadhan? Semoga bermanfaat!

Comments