Lakukan 3 Hal Ini untuk Membangun Personal Brand Anda!

Dalam bisnis online, salah satu faktor utama terjadinya penjualan adalah faktor siapa penjualnya. Calon pembeli akan merasa lebih nyaman bertransaksi jual beli dengan orang yang mereka percaya, meskipun mereka belum mengenalnya. Agar calon pembeli percaya melakukan transaksi dengan Anda, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membangun personal branding. Apa itu personal branding?

Personal branding merupakan hal yang sangat alamiah karena manusia memiliki kecenderungan untuk menonjolkan dirinya. Anda bisa memperkenalkan diri Anda ke orang banyak dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli kepada Anda. So, yuk mulai bangun persepsi positif tentang dirimu.

Pilih dan Tentukan, Anda Ingin Dikenal sebagai Apa

Sederhananya, personal branding adalah tentang bagaimana Anda ingin dikenal, sebagai apa Anda ingin dikenal, usaha untuk memperkenalkan diri Anda ke orang banyak, dan tentang meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap Anda.

Tentukan Anda ingin dikenal sebagai apa oleh calon pembeli [sumber]
Sebagai contoh, jika produk yang Anda jual adalah produk baju muslimah, maka personal branding yang dapat Anda bangun adalah Anda dikenal sebagai sosok yang paham mengenai hukum berpakaian seorang muslimah atau Anda bisa juga paham tentang trend fashion muslimah saat ini.

Contoh lain, jika produk yang Anda jual adalah produk anak-anak, misalnya baju atau mainan anak, maka personal branding yang dapat Anda bangun adalah dikenal sebagai sosok yang paham mengenai parenting.

Jadi, Anda bisa mulai membangun personal branding berdasarkan produk apa yang Anda jual.

Kuasai Ilmu yang Berhubungan dengan Produk Anda

Sebagai penjual, Anda dituntut untuk mengetahui detail produk yang Anda jual. Jika Anda ingin dikenal sebagai sosok yang paham mengenai hukum berpakaian untuk seorang muslimah, maka Anda harus menguasai ilmu tentang adab berpakaian sebagai wanita muslimah. Jika Anda ingin dikenal sebagai orang yang paham mengenai parenting, maka Anda harus menguasai ilmu tentang parenting.

Perbanyak membaca buku [sumber]
Beberapa langkah praktis yang bisa Anda lakukan untuk menambah pengetahuan adalah dengan mengikuti training produk, training yang berhubungan dengan produk, memperbanyak membaca buku, dan lain-lain.

Berbagi Materi yang Bermanfaat secara Rutin

Setelah Anda menentukan ingin dikenal sebagai apa serta telah memulai mempelajari ilmu yang berhubungan dengan produk yang Anda jual, selanjutnya Anda perlu membangun personal branding Anda via sosial media.

Berbagilah ilmu yang bermanfaat dengan tim penjualan Anda [sumber]
Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah berbagi ilmu yang bermanfaat di sosial media Anda, seperti Facebook, Grup Whatsapp, Telegram, BBM, dan lain-lain. Saat ini sangat mudah mendapatkan referensi ilmu. Anda bisa mencari materi di situs pencarian Google, semua pembahasan terkait materi tersebut akan dengan mudah Anda dapatkan di sana.

Anda juga bisa membedah salah satu buku bisnis yang Anda percaya ulasan pada buku tersebut memang bermanfaat untuk friendlist Anda di sosial media. Berikan jadwal khusus setiap harinya di masing-masing grup jualan yang Anda buat. Tak harus tentang jualan, Anda juga bisa berbagi ilmu bermanfaat lainnya, misalnya berbagi resep masakan bagi grup yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

Pada intinya, membangun personal branding membutuhkan proses dan konsistensi. Jika sudah terbangun, bersiaplah dengan meningkatnya penjualan di online shop Anda. Selamat mencoba!

Comments