Lakukan 6 Hal Ini, Agar Anda Disukai Oleh Customer!

Setiap penjual pasti ingin disukai oleh customernya. Disukai customer bisa diartikan dengan perasaan nyaman mereka ketika bertransaksi dengan Anda. Pelayanan yang baik, keramahan, dan kepedulian Anda terhadap customer bisa menjadi alasan utama mereka melakukan pembelian ulang di kemudian hari. Oleh karena itu, menjadi seller yang disukai menjadi penting bagi seorang online seller. Siapa sih yang nggak mau customer order lagi order lagi?

Namun menjadi seller yang disukai tidaklah mudah, membutuhkan usaha untuk meyakinkan customer bahwa mereka memilih toko yang tepat untuk berbelanja. Selain itu, Anda juga harus menjaga komunikasi dengan mereka. Agar mereka merasa bahwa Anda peduli dengan keinginan mereka.

Berikut tips selengkapnya bagaimana menjadi seller yang disukai customer.

Kuasai Produk Jual Anda

Sebagai seorang seller, Anda wajib menguasai produk yang Anda tawarkan. Pengetahuan tentang deskripsi produk, kelebihan dan kekurangan produk, cara merawat produk, dan informasi lainnya harus Anda kuasai.

Kenali produk Anda sebaik mungkin

Produk yang Anda jual harus memiliki value dan merupakan produk berkualitas tinggi, agar customer memperoleh manfaat dan kesenangan setelah membeli produk Anda dan customer merasa puas. Customer yang puas dengan produk yang mereka beli, bisa dipastikan mereka akan melakukan repeat order dan dengan senang hati merekomendasikan Anda ke kerabat mereka.

Berikan Informasi Produk Sejelas Mungkin

Kendala dalam berjualan online adalah customer tidak melihat langsung seperti apa produk yang Anda tawarkan. Biasanya hal ini memicu keraguan mereka untuk segera membeli. Oleh karena itu, berikan informasi produk sejelas mungkin kepada customer. Informasi tak hanya mengenai deskripsi produk, namun juga foto kondisi produk sebenarnya (real pic).

Foto produk yang berkualitas akan membuat customer yakin dengan toko Anda

Gunakan kualitas foto yang bagus. Jika Anda memiliki budget khusus, Anda bisa menyewa studio foto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Namun, Anda juga bisa membuat studio foto kecil di rumah untuk menekan biaya operasional. Be creative, ya!

Gali Kebutuhan Customer

Good Listener

Tanyakan kepada customer produk seperti apa yang mereka inginkan, misalnya tanyakan apa warna favorit mereka dan ukuran yang sering mereka gunakan apabila produk Anda berupa baju, sepatu, dan lain-lain. Setelah Anda mengetahuinya, arahkan supaya produk yang Anda tawarkan itu bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan begitu, mereka akan merasa bahwa Anda peduli dengan kebutuhan mereka.

Kemas Produk dengan Unik, Rapi dan Aman

Anda bisa memberikan kesan khusus bagi customer dengan mendesain packaging produk yang unik sehingga menjadi ciri khas toko Anda. Saat ini banyak sekali inspirasi packaging produk yang bisa Anda dapatkan dengan berselancar di Internet. Salah satunya disini.

Kemasan Botol Minum untuk Brand T-Shirt

Dengan mengemas produk dengan unik, rapi, dan aman, customer Anda akan merasa senang dan puas dengan pelayanan toko Anda. Apalagi jika produk yang mereka pesan, sampai di tempat tujuan dengan aman.

Follow Up

Follow up your customer

Setelah paket Anda kirim, infokan nomor resi pengiriman kepada customer agar mereka yakin bahwa Anda adalah seller yang jujur. Jangan lupa pula menanyakan kepada mereka 1 atau 2 hari setelah pengiriman, apakah paket sudah mereka terima atau belum. Jika belum, bantulah kroscek dengan melacak paket atau segera hubungi jasa pengirimannya. Jika sudah, tanyakan apakah paket diterima dalam keadaan baik. Dan jangan lupa minta testimoni dari mereka bahwa mereka puas berbelanja di toko Anda. Testimoni yang mereka berikan bisa Anda jadikan alat promosi berikutnya.

Tetap Tenang Ketika Mendapat Komplain

Harapan customer setelah memutuskan membeli adalah mendapatkan produk dengan kualitas sepadan dengan harga yang telah mereka bayar. Artinya jika ternyata produk yang mereka terima tidak sesuai dengan gambaran yang Anda berikan, customer akan merasa kecewa dan melakukan komplain.

Handling Customer Complaint

Komplain dari customer adalah seni berjualan. Tetaplah tenang dalam menghadapi customer yang sedang marah. Jangan balas dengan amarah pula, karena bisa memberikan citra buruk bagi toko Anda. Tawarkan solusi terbaik, misalkan menawarkan retur produk atau refund. Anda juga bisa memberikan kompensasi berupa free ongkir untuk pembelian berikutnya. Dengan begitu, customer akan merasa Anda seorang seller yang bertanggung jawab.

Nah, bagaimana Juragan, sudah siap menjadi seller yang disukai customer Anda? Selamat mencoba 6 tips di atas ya. Semoga berhasil!

Comments