Lakukan 7 Hal Ini Agar Merasa Tenang Ketika Mudik Lebaran

Ramadhan sudah hampir berakhir, sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri atau biasa disebut dengan Lebaran. Selama libur lebaran Anda sebagai penjual akan memiliki quality time dengan keluarga dan libur sejenak dari rutinitas jual beli, pelayanan customer, restock produk di gudang, packing, dan lain-lain.

Momen lebaran tidak lengkap rasanya jika tidak dirayakan bersama keluarga. Perasaan bahagia bisa berkumpul dan silaturahim bersama keluarga saat lebaran menjadi salah satu alasan utama untuk pulang ke kampung halaman. Karena hanya datang satu tahun sekali, wajar bila Anda tidak ingin melewatkannya.

Saat ini mudik sudah menjadi tradisi di kehidupan masyarakat, ibaratnya kalau tidak mudik saat lebaran rasanya ada yang kurang. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik, salah satunya adalah persiapan fisik dan kesehatan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa hal ini sebelum berangkat mudik.

Lakukan Stock Opname Sebelum Mudik Lebaran

Ilustrasi kegiatan stock opname di sebuah toko. [sumber]
Sebelum libur lebaran, sebaiknya Anda melakukan stock opname. Stock opname adalah kegiatan menghitung kembali barang yang ada di gudang, apakah sudah cocok antara stok yang ada di sistem dan nyata. Jika terjadi perbedaan maka Anda bisa cepat bertindak untuk menanggulangi masalah tersebut. Dengan melakukan stock opname, Anda akan mengetahui sisa stok produk yang siap dipromosikan dan djual setelah lebaran nanti.

Anggarkan Pengeluaran Selama Mudik

Anggarkan pengeluaran mudik Anda. [sumber]
Selain menyenangkan karena akan bertemu dengan sanak saudara, mudik juga merupakan momen “penghabisan” pengeluaran. Kebutuhan untuk mudik sangat banyak dan jika tidak dianggarkan secara cermat bisa menghabiskan isi tabungan Anda. Tidak mau kan sepulang mudik usaha Anda jadi gulung tikar karena kehabisan modal untuk jualan lagi?

Oleh karena itu, membuat anggaran pengeluaran selama mudik sangat penting. Anda juga harus disiplin terhadap anggaran yang telah Anda buat. Bila perlu bawa uang cash secukupnya saat di perjalanan.

Tentukan Berapa Lama Anda Akan Mudik

Bagi Anda yang hidup di perkotaan, mudik ke kampung halaman adalah saat yang menyenangkan. Rindu suasana perkampungan yang sejuk bisa terobati dengan momen mudik lebaran. Namun, Anda harus ingat bahwa setelah lebaran banyak pelanggan setia Anda menunggu kapan toko Anda akan buka kembali. Jangan sampai pelanggan Anda melirik toko lain karena sudah tidak sabar menunggu Anda pulang dari mudik ya Juragan. 🙂

Pastikan Kendaraan yang Akan Digunakan untuk Mudik

Sebelum mudik, pastikan kendaraan apa yang akan Anda gunakan untuk mudik bersama keluarga. Kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat, dan lain-lain. Atau Anda memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Persiapkan kendaraan Anda sebelum mudik. [sumber]
Jika Anda memilih menggunakan kendaraan umum, hendaknya Anda sudah pesan tiket jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Misalnya saja untuk kereta api, pembelian tiket mudik sudah bisa dipesan H-90 hari sebelum lebaran.

Jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, periksa kembali kendaraan Anda sebelum berangkat mudik. Jika perlu lakukan servis ke bengkel terpercaya dan pastikan tidak ada masalah. Servis kendaraan sebaiknya dilakukan jauh hari, karena apabila kendaraan Anda memiliki masalah pasti membutuhkan waktu untuk memperbaikinya. Jika terlalu mepet, bisa-bisa Anda sekeluarga gagal mudik lebaran.

Kemas Barang dengan Baik dan Bawa Seperlunya

Kemas barang bawaan mudik Anda dengan baik dan rapi. [sumber]
Mengingat jalur mudik di setiap kota biasanya akan padat sekali, sebaiknya Anda mengemas barang dengan baik dan rapi, serta tidak berlebihan. Bawalah pakaian seperlunya saja, karena jika berlebihan dapat merepotkan Anda ketika di perjalanan. Jika Anda membawa balita, pastikan perlengkapan anak Anda tidak tertinggal. Bawa mainan dan makanan favorit mereka agar tidak bosan selama perjalanan.

Pastikan Pintu Rumah Sudah Terkunci dan Aman

Cabut kabel elektronik sebelum berangkat mudik.

Sebelum Anda berangkat mudik, pastikan bahwa rumah Anda sudah aman. Kunci semua akses keluar masuk rumah seperti pintu dan jendela. Selain itu, cabut barang-barang berbahaya yang bisa mengakibatkan kebakaran seperti tabung gas elpiji, kabel TV dan peralatan eletronik lainnya. Jika perlu, minta tolong pada penjaga sekitar rumah Anda untuk menjaga keamanan selama Anda mudik.

Berdoa Sebelum Berangkat Mudik

Ilustrasi berdoa sebelum berangkat. [sumber]
Setelah memastikan rumah ditinggal dalam keadaan aman dan barang bawaan sudah dikemas dengan baik. Berdoa adalah tips yang paling ampuh yang harus dipersiapkan. Sebelum berangkat, alangkah baiknya jika Anda berdoa terlebih dahulu, hal ini berguna agar Allah selalu melindungi Anda sekeluarga di perjalanan hingga tiba sampai tujuan.

 

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda yang merencanakan mudik lebaran tahun ini. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. 🙂

Comments