Leverage: 5 Rahasia untuk Melipatgandakan Penjualan

Setiap pengusaha tentu menginginkan bisnisnya berjalan dengan lancar, sukses, dan menghasilkan omset lebih cepat dan berlipat ganda tiap bulannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memiliki Leverage Bisnis. Apa itu Leverage Bisnis?

Secara sederhana leverage bisnis bisa diartikan sebagai daya ungkit bisnis. Menciptakan daya ungkit bisnis merupakan salah satu seni tersendiri bagi seorang pengusaha dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya. Untuk bisa survive dan berkembang, seorang pengusaha harus kreatif menciptakan daya ungkit dan menjaga nama besar bisnisnya.

Berikut 5 Leverage Bisnis untuk melipatgandakan penjualan online shop Anda.

Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas untuk membangun networking [sumber]
Saat ini banyak sekali komunitas bisnis yang menawarkan segudang manfaat untuk online shop. Ada komunitas yang memberikan tips-tips berjualan hingga menghimpun anggotanya untuk mengeluarkan ide-ide bisnis baru. Dengan aktif di beberapa komunitas membuat Anda semakin dikenal, bahkan juga bisa Anda gunakan sebagai Personal Branding. Bergabung dengan komunitas sangat bermanfaat, apalagi jika anggota di komunitas tersebut sesuai dengan target market Anda, wah bisa jadi kolam ikan, tuh!

Dekati Mereka yang Punya Banyak Massa

Selebgram @joyagh

Eits, maksudnya disini bukan tokoh penggerak demo ya, hehe. Dalam berjualan online, hal ini bisa diterapkan dengan mendekati orang-orang yang memiliki akun sosial media dengan banyak followers, misalnya artis dan selebgram. Anda bisa menggunakan jasa mereka untuk mempromosikan online shop Anda. Jasa seperti ini disebut dengan sistem endorsement. Beberapa tips endorse ke selebgram bisa Anda cek di sini.

Melek Internet

Di era teknologi saat ini, sangat disayangkan jika Anda masih menggunakan cara tradisional untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Sebagai online seller, pantang menyebut diri Anda gaptek atau gagap teknologi. Anda dituntut untuk melek internet khususnya dalam mengetahui manfaat sosial media bagi keberlangsungan online shop Anda.

Aktif di sosial media [sumber]
Mau tidak mau, Anda harus aktif di sosial media, agar calon pembeli Anda mengetahui siapa Anda (personal branding), apa produk yang Anda jual (promotion), apa manfaat produk yang Anda tawarkan, dan lain-lain. Khusus untuk promosi, Anda perlu mengalokasikan dana marketing khusus. Tentukan budget promosi Anda sesuai dengan keuangan bisnis Anda, yang terpenting disini adalah dengan promosi di media sosial Anda menjadi UNTUNG, bukan BUNTUNG.

Customer Loyal

Loyal customer

Customer yang loyal atau melakukan repeat order pasti memiliki alasan tersendiri, misalnya karena produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang bagus, pelayanan online shop Anda adalah yang terbaik, atau Anda dikenal sebagai penjual yang ramah. Customer yang loyal akan sukarela mengajak teman-temannya untuk membeli di online shop Anda. Mereka bisa menjadi leverage bisnis online shop Anda secara GRATIS tanpa biaya tambahan.

Bangun SuperTEAM

Tak dipungkiri, dalam berbisnis Anda tidak bisa berjalan sendiri. Anda memerlukan tim penjualan yang solid untuk bisa mempromosikan produk Anda. Caranya, Anda bisa memulai membuat grup khusus reseller atau dropshipper. Edukasi mereka tentang bagaimana cara membangun personal branding, cara berpromosi, teknik closing, dan jangan lupa juga mengedukasi tentang produk yang harus mereka promosikan. Semakin banyak tim penjualan yang Anda bangun, maka bisa dipastikan semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda terima.

Bangun SuperTEAM yang solid dan hebat [sumber]
Saat paling menyenangkan bagi seorang pengusaha adalah ketika bisnisnya bisa berjalan, sedangkan ownernya jalan-jalan. Betul? Itu semua hanya bisa dilakukan ketika Anda memiliki sistem yang kuat dan tim yang hebat untuk menjalankannya secara otomatis.

Apakah Anda sudah siap melipatgandakan penjualan online shop Anda? Tentukan leverage yang cocok untuk bisnis Anda! Selamat  mencoba.

 

Comments