Tips Jualan

Manfaat Sosial Media untuk Bisnis Daring!

Memilih berbisnis berarti siap menanggung berbagai resikonya. Ada banyak tantangan dan masalah yang akan dihadapi. Jika tidak ditangani dengan lebih baik, bukan untung yang datang melainkan kebangkrutan. Maka dari itulah tidak sedikit pebisnis melakukan banyak cara untuk membuat usahanya tetap lancar, salah satunya memanfaatkan keberadaan sosial media.

Tidak bisa dipungkiri jika sosial media sudah menjadi bagian dari masyarakat modern saat ini. Oleh sebab itu sebagai seseorang yang melakukan bisnis online, pandai-pandai memanfaatkan sosial media merupakan skill yang harus dimiliki. Ada banyak manfaat sosial media untuk kelangsungan bisnis daring. Mari simak ulasannya seperti berikut ini.

Ajang Promosi Gratis

Baik itu Facebook, Instagram, ataupun juga Twitter bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk promosi gratis. Tinggal upload berbagai barang atau jasa yang ditawarkan, hal tersebut pertama-tama akan mengenalkan kepada calon pelanggan. Lama kelamaan akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli. Kuncinya, lakukan promosi dengan konsisten dan berkala.

Jika bersedia mengeluarkan modal, banyak juga fitur-fitur berbayar yang ditawarkan untuk memasarkan produk. Misalnya saja di Facebook ada yang namanya facebook ads dengan berbagai keuntungan yang didapatkan. Biaya bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semakin besar bisa tambah menguntungkan dan cepat mendapatkan hasil.

Lebih Dekat dengan Konsumen

Sosial media dinilai lebih praktis untuk interaksi dengan konsumen. Jika ada pertanyaan, admin jejaring sosial bisa dengan cepat menjawabnya. Baik itu lewat kolom komentar ataupun direct message. Dengan begini bisnis dinilai lebih profesional dan fast respon oleh calon pembeli. Maka dari itulah, jika ada keluhan ataupun pertanyaan di sosial media segera ditangani dengan baik. Dalam hal ini, media sosial juga bisa sebagai tempat testimoni pelanggan.

Siap Bersaing dengan Kompetitor

Tidak bisa dipungkiri akan banyak sekali kompetitor di luar sana. Media sosial bisa dimanfaatkan untuk memantau aktivitas kompetitor guna memberikan pelayanan atau inovasi produk yang lebih mutakhir. Bisa juga mencari berbagai informasi bagaimana kompetitor melakukan strategi pemasarannya. Sehingga hal ini akan membuat bisnis yang dilakukan siap bersaing, dengan perorangan maupun perusahaan.

 

Manfaat lainnya, brand juga akan lebih dikenal masyarakat luas. Terlebih lagi mendapatkan citra yang baik, pelanggan akan berdatangan. Jadi pandai-pandailah dalam menggunakan media sosial untuk bisnis online.

Related posts
Tips Jualan

5 Aplikasi untuk Menunjang Work From Home, Kerja Lebih Mudah dan Cepat!

Tips Jualan

Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Lakukan Cara-cara Berikut!

Tips Jualan

6 Cara Mudah Tingkatkan Engagement di Facebook, Pelajari dan Terapkan!

Tips Jualan

Tips Mudah Meningkatkan Engagement di Media Sosial!

Sign up for our Newsletter and
stay informed