Manfaatkan Instagram Stories Sebagai Media Iklan Bisnis

Di era teknologi seperti saat ini, brand mana yang tidak memanfaatkan sosial media untuk beriklan? Salah satunya, aplikasi sosial media berbasis foto yaitu Instagram. Apakah Anda pernah beriklan di Instagram stories?

Para pengiklan sepertinya sadar betul dengan potensi Instagram. Saat ini, Instagram memiliki enam ratus juta pengguna aktif di seluruh dunia. 75 persen pengguna Instagram langsung bereaksi terhadap iklan di Instagram, misalnya dengan mengunjungi situs produk atau layanan tersebut.

Apakah Anda ingin menangkap peluang tersebut? Anda bisa beriklan di Instagram di Stories. Mirip dengan Snapchat, Instagram juga memiliki fitur stories yang memungkinkan para pengguna mengunggah foto dan video kesehariannya. Kabar bagus bagi para pemilik brand atau bisnis online, di mana, mereka dapat membuat iklan stories untuk audience yang ditarget. Dengan fitur stories ini, brand atau pemilik bisnis dapat menjalin koneksi lebih dekat lagi dengan audience-nya.

Berikut beberapa cara beriklan di Instagram Stories untuk mempromosikan bisnis Anda. Simak sampai akhir, siapa tahu Anda bisa mendapat inspirasi untuk mempromosikan bisnis Anda dengan iklan Instagram Stories.

Meningkatkan Kesadaran Merk dan Produk  

Meningkatkan kesadaran merk dan produk sangat bermanfaat untuk iklan Instagram stories. Hal ini sejalan dengan Reach sebagai tujuan yang Anda gunakan saat membuat kampanye.

Pilih gambar atau video yang bisa cepat menarik perhatian customer. Tampilkan juga nama brand Anda dengan cukup mencolok untuk menarik minat mereka sehingga mereka mudah untuk mencari toko Anda setelah melihat iklannya.

Target yang digunakan oleh iklan Instagram stories di bawah ini untuk menampilkan gambar sebuah boardgame, namanya, dan harganya. Iklannya cepat dan tepat sasaran, dan gambarnya cukup menarik perhatian untuk menciptakan kesadaran produk dan membuat pengguna melihat produk tersebut setelah iklan tersebut hilang.

 

Menggunakan UGC

User generated Content (UGC) adalah media pemasaran yang paling berpengaruh karena bisnis tidak membuatnya, pengguna melakukannya. Meskipun Anda tidak dapat membuatnya, Anda dapat mendorong audience agar lebih kreatif.

CTA untuk UGC adalah cara yang bagus untuk menggunakan iklan Instagram stories. Ini cepat dan langsung, dan meminta tindakan spesifik yang dapat diingat pengguna setelah iklan menghilang.

Anda bisa menggunakan iklan Instagram stories sebagai ajakan bagi pengguna untuk membuat UGC Anda. Karena sebagian besar pengguna suka ketika ditanya tentang jenis konten yang Anda cari, ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan banyak engagement dan UGC  yang dibuat hanya untuk bisnis Anda.

 

Umumkan Diskon

Semua orang menyukai diskon, dan beriklan di Instagram Stories untuk mengumumkan diskon  adalah cara yang dapat menarik perhatian pengguna dengan cepat dan tepat sasaran.

Contohnya Express yang menggunakan iklan stories ini untuk mengumumkan diskon sebesar 40% (hampir) semuanya, dan mereka menempatkan syarat dan ketentuan diskon dalam teks kecil di bawah teks pengumuman yang lebih besar. Tidak ada yang lebih menarik perhatian seperti penawaran spesial atau diskon. Mengumumkannya dengan beriklan di Instagram stories dapat memberi motivasi bagi pengguna untuk menuju ke website Anda dan berkonversi.

 

 

Buat Iklan Instagram Stories Anda Sendiri

Untuk membuat iklan di Instagram, Anda membuatnya melalui iklan Facebook, baik melalui Power Editor atau Facebook Business Manager. Anda harus memilih Reach sebagai tujuan Anda, yang saat ini satu-satunya tujuan aktif untuk iklan Instagram stories.

Setelah memilih halaman dan audience Anda , pilih penempatannya. Pilih opsi Edit placement, lalu klik panah bawah di samping Instagram dan pilih stories.

Di bawah materi iklan, pilih Single atau Single video. Anda tidak dapat menggunakan jenis format visual lainnya untuk iklan tersebut. Ukuran gambar yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel, atau rasio gambar yang lebih kecil dari atau sama dengan 9:16.

Anda dapat memilih format iklan Single Image atau Single Video untuk iklan Instagram stories.

Tidak seperti jenis iklan lainnya, Anda belum bisa menambahkan link ke website atau tombol CTA Anda. Sertakan apa pun yang Anda inginkan agar pengguna ketahui lewat teks ataupun gambar Anda.

Jadi, apakah Anda siap untuk beriklan di Instagram Stories? Semoga bermanfaat 😉

 

Comments