Tips Jualan

Marketer Wajib Tahu 7 Tren Strategi Pemasaran Online Saat Ini!

Evolusi teknologi mengubah cara kita untuk membentuk strategi pemasaran digital. Hal ini menciptakan tantangan bagi profesional industri untuk mengikuti tren yang berkembang dan menemukan cara terbaik untuk menggabungkannya ke dalam rencana pemasaran mereka.

Berikut adalah tampilan terkini tren pemasaran digital saat ini, dan bagaimana pemasar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi terdepan untuk menciptakan strategi mereka.

Content Marketing

Content Marketing saat ini berperan penting dalam evolusi pemasaran digital. Ada banyak permintaan konten yang meningkat pada tahun 2017, dan sangat penting bagi merek apa pun untuk mengembangkan strategi konten yang sesuai dengan sasaran yang lebih luas. Banyak marketer yang bilang bahwa Content Marketing dapat bekerja secara efektif jika dilakukan dengan benar.

Content marketing

Semakin penting bagi merek untuk memprioritaskan konten yang relevan dan mendalam. Namun, berfokus pada konten tidak berarti berfokus pada kuantitas daripada kualitas. Suatu bisnis juga harus terus mengembangkan kualitas produk mereka agar sesuai dengan konten yang ditampilkan.

Menciptakan Konten yang Bersambung

Konten yang bersambung akan menimbulkan rasa penasaran dan keingintahuan yang lebih bagi para pembaca. Jika dibandingkan dengan konten biasa, konten bersambung lebih memberikan efek jangka panjang terhadap ingatan konsumen. Mungkin hal ini akan membantu Anda dalam menentukan waktu yang tepat untuk setiap episode konten yang akan Anda buat. Jika dilakukan dengan benar maka konsumen akan penasaran dengan kelanjutan konten tersebut, atau bahkan berujung pada pencarian informasi mengenai bisnis Anda.

Menjaga Hubungan Baik Dengan Perusahaan Media

Media relations hanya satu bagian dari kerja public relations. Tapi, keberhasilan membangun hubungan dengan media akan berdampak pada keseluruhan hasil kerja public relations. Keterbukaan suatu perusahaan terhadap kebutuhan media akan menentukan persepsi awak media terhadap perusahaan tersebut. Sebesar apa publisitas yang akan diperoleh suatu perusahaan tergantung kepiawaian sang MRO (Media Relations Officer) dan perusahaan itu sendiri.

Media relation

Kebutuhan media massa, khususnya media pemberitaan diantaranya adalah memperoleh peristiwa yang bernilai berita (news value) dan laporan atas satu atau lebih peristiwa yang akan dibuat sebelum tenggat media (deadline) habis.

Pemasaran Berbasis Data

Pemasaran Basis Data memiliki bagian penting dalam menjangkau calon klien Anda, memberikan peluang kepada Anda untuk meningkatkan konversi dan closing penjualan. Baik dalam metode pemasaran jarak jauh (telemarketing), pemasaran lewat email (email marketing) atau pemasaran langsung (direct marketing).

Email marketing

Basis data pelanggan yang dikembangkan dengan baik akan menjadi aset eksklusif yang dapat memberikan keunggulan bagi perusahaan. Dengan memanfaatkan informasi dalam basis data, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak target market yang tepat. Perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan yang akan mendapatkan tawaran dan komunikasi pemasaran yang telah diselaraskan dengan kebutuhan mereka.

Mobile Marketing

Mobile marketing mampu menjadi pertimbangan bagi perusahaan sebagai salah satu cara baru dan fungsional yang mampu mengoptimalkan pemasaran. Melaui media mobile ini, sebuah perusahaan atau produk dapat memilih target audiens berdasarkan lokasi, kegemaran pengguna, demografi dan masih banyak lagi dengan memanfaatkan teknologi mobile tersebut.

Mobile marketing

Beberapa media yang sering digunakan adalah SMS. Ketika perusahaan atau sebuah produk dihadapkan dengan biaya marketing yang tidak besar maka media mobile cukup bisa diandalkan untuk menyediakan rasio laba bersih yang tinggi. Dan biasanya respon dari audiens sendiri juga cukup postitif, karena memang mereka membutuhkan info yang ditawarkan dari produk tersebut.

Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran

Manfaatkan sosial media sebagai alat pemasaran.

Tidak sedikit data menunjukkan bahwa pengguna sosial media kian meningkat seiring dengan banyaknya para ritel hingga pelaku usaha online melirik dan menggunakan media yang satu ini. Sebut saja Instagram dan Facebook, dimana keduanya cukup familiar bagi pengguna internet dikarenakan fasilitas yang ditawarkan semakin mendekatkan kepada para calon konsumen.

Memanfaatkan BuzzWords untuk Memunculkan Efek Viral

Salah satu senjata ampuh marketer untuk memasarkan produk adalah dengan memunculkan sesuatu yang bisa viral sehingga produknya akan dikenal. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Buzzwords. Buzzwords adalah sebuah isu atau topik yang sedang hangat untuk diperbincangkan oleh masyarakat. Namun, dalam praktiknya buzzwords terkadang bisa memunculkan efek negatif untuk bisnis Anda. Oleh, karena itu gunakan buzzwords yang sekiranya tepat untuk bisnis Anda.

 

Nah, kira-kira strategi yang mana yang akan Anda gunakan dalam memasarkan bisnis Anda? Selamat mencoba!

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *