Tips Jualan

Melirik Potensi Keuntungan Bisnis Laundry Rumahan

Dari sekian banyak bisnis rumahan yang berkembang saat ini, khususnya di kota-kota besar, bisnis laundry adalah salah satu bisnis yang memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari semakin menjamurnya usaha laundry kiloan di beberapa daerah.

Saat ini, bisnis laundry kiloan tidak hanya dipandang sebagai usaha sampingan dengan untung recehan. Namun sekarang juga sudah ada yang menjadikan usaha ini menjadi bisnis franchise, sehingga bisa lebih menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Sebelum berbicara cara bisnis laundry yang sukses, Anda perlu mengetahui sisi potensi bisnisnya dulu karena dengan mengetahui potensi bisnisnya akan membuat Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis laundry ini dengan sangat baik.

Masyarakat yang Serba Praktis, Instan, dan Hasil yang Maksimal

Pekerjaan dan rutinitas mahasiswa, pekerja lajang, maupun keluarga muda di kota-kota besar sangat menyita waktu. Sehingga, mereka tak sempat mengurus pakaian kotor. Padahal, pakaian bersih penting untuk mendukung aktivitas mereka sehari-hari.

Picklon, jasa laundry online yang beroperasi di kota Depok. [sumber]

Sehingga diperlukan solusi yang praktis, efektif, dan efisien bagi mereka yang memiliki kesibukan berlebih. Potensi bisnis laundry dirasa sangat menjanjikan dengan adanya permasalahan ini. Laundry menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki waktu luang untuk mengurus pakaian kotor.

Sulitnya Mendapatkan Tenaga ART

Di era emansipasi ini, wanita-wanita muda banyak yang lebih memilih berkarir daripada berdiam diri di rumah untuk menjadi ibu rumah tangga. Kondisi inilah yang mengharuskan setiap keluarga kecil mencari tenaga asisten rumah tangga (ART) untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah, salah satunya mencuci pakaian.

Namun, mencari tenaga ART juga tidak mudah. Belum lagi jika hasil pekerjaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, seperti cucian tidak bersih, hasil setrika tidak rapi, dan permasalahan-permasalahan lainnya.

Oleh karena itu, dengan adanya bisnis laundry tentu membantu para wanita karir ini untuk bisa menyelesaikan pekerjaan rumah mereka tanpa mengesampingkan karir di kantor dan tidak perlu susah payah mencari tenaga ART.

Pemasaran yang Mudah

Pemasaran bisnis laundry rumahan bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memasang spanduk atau x-banner di depan rumah agar setiap orang yang lewat depan rumah Anda mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

Untuk memperluas pasar, tingkatkan dengan media promosi lainnya seperti membagikan brosur, memasang pamflet, dan leaflet di sekitar tempat usaha dan di beberapa daerah yang ramai dan berpotensi menarik konsumen datang. Misalnya di sekitar kost, kampus, perkantoran, dan perumahan warga.

Bisnis Laundry Semakin Bertumbuh

Dari tahun ke tahun, bisnis laundry mengalami pertumbuhan. Hal ini bisa dilihat dari beragamnya variasi harga yang ditawarkan setiap tempat laundry. Mulai dari harga yang murah tetapi prosesnya memakan waktu lama hingga laundry express harga yang cukup lumayan mahal tetapi prosesnya cepat, sehingga bisa membidik target market yang juga beragam.

Bisa Dimulai oleh Siapa Saja

Bisnis laundry bisa dimulai oleh siapa saja, bisa dimulai dari mahasiswa, hingga lulusan perguruan tinggi, maupun pegawai swasta. Ditambah lagi, modal untuk memulai berbisnis laundry tidak terlalu besar, cukup membeli peralatan seperti mesin cuci dan setrika, Anda sudah bisa memulai berbisnis laundry.

Nah, setelah mengetahui beberapa potensi keuntungan berbisnis laundry rumahan. Apakah Anda tertarik untuk membuka jasa laundry di rumah Anda? Tidak ada salahnya kan untuk mencoba. Semoga berhasil!

Related posts
Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Tips Jualan

Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *