Tips Jualan

Memaksimalkan Penjualan saat Bulan Ramadan dengan 4 Tips Ini!

Ramadan merupakan salah satu festive season atau bulan perayaan di Indonesia. Bulan yang dipercaya memberikan banyak berkah, termasuk juga bagi para pelaku usaha. Bukan tanpa alasan disebut demikian. Pasalnya pada bulan ini penjualan akan berkembang pesat jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Pola konsumsi yang berubah merupakan salah satu penyebab utamanya. Namun tentu saja perlu marketing yang bagus supaya penjualan tetap mendapatkan keuntungan yang melimpah. Berikut ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan selama Ramadan.

Fokus Pada Penjualan Online

Penjualan online pada bulan Ramadan mengalami peningkatan yang drastis, bahkan lebih dari 100%. Di masa lalu, toko-toko offline mengalami peningkatan jumlah pengunjung setelah waktu berbuka. Namun saat ini rupanya orang-orang lebih memilih untuk berkunjung ke online store, baik untuk melihat-lihat atau melakukan transaksi.

Maka dari itulah secepatnya segera perbaiki sistem penjualan secara online. Sediakan juga pembayaran-pembayaran online yang populer. Seperti halnya OVO, bank virtual, dan lain-lain. Siapkan aplikasinya juga jika memungkinkan. Plus tawarkan diskon-diskon Ramadan supaya pelanggan berdatangan.

Mengoptimasi Website Supaya Mobile Friendly

Website juga merupakan salah satu wadah untuk jual beli online. Maka dari itulah, upayakan untuk mengoptimasi sedemikian rupa sehingga lebih ramah digunakan di ponsel. Jika sudah begitu, masuk ke website tidak akan loading lama dan para calon pembeli bisa berlama-lama memilih barang yang dikehendakinya. Apakah website yang dimiliki sudah mobile friendly?

Fokus Pada Promosi-promosi Ramadan

Karena sedang bulan Ramadan, lakukan berbagai promosi dengan tema yang senada. Pastian untuk mempromosikan barang-barang yang paling dibutuhkan saat Ramadan dan Idul Fitri, seperti halnya makanan, minuman, tiket alat transportasi, serta pakaian. Pastikan perusahaan tahu apa yang paling dibutuhkan orang-orang saat Ramadan.

Lakukan Pemasaran yang Tertarget

Karena bulan Ramadan memang begitu segmented, tentukan target marketing dengan lebih jelas. Maka dari itulah buat kampanye atau konten-konten lainnya yang berhubungan dengan bulan suci bagi umat Islam ini. Ini untuk membangun koneksi dengan para pelanggan. Saat berfokus pada pencarian Google, konsumen cenderung mencari lebih banyak tentang makanan, baju, dan tujuan perjalanan.

 

Itulah trik-trik marketing untuk memaksimalkan penjualan saat bulan Ramadan. Lakukan juga digital marketing dengan menggunakan sosial media, supaya hasil lebih terlihat nyata. Semoga tips-tips di atas membantu dan membuahkan laba yang besar.

Related posts
Tips Jualan

4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Sign up for our Newsletter and
stay informed