Tips Jualan

Panduan SEO Lengkap, Jadi Raja di Google dalam Waktu Singkat!

Nge-blog maupun menjalankan website tanpa memahami panduan SEO sama dengan nol besar. Mengapa begitu? Sebab SEO adalah kunci mendatangkan traffic, yang ujung-ujungnya bakal jadi potensi penghasilan menggiurkan. Puluhan, bahkan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Sayangnya, banyak orang berminat belajar SEO namun kerap berhenti di tengah jalan. Kebanyakan ingin langsung jadi ahli, tanpa melalui proses. Nah, agar tak salah langkah dalam me-manage website, ada baiknya simak panduan SEO lengkap berikut ini.

Apa sih SEO itu?

SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization, teknik mengoptimalkan website demi mendapat ranking terbaik di Google. Tekniknya bermacam-macam, mulai dari Blackhat, Whitehat, sampai Greyhat. Blackhat identik dengan cara-cara berbahaya, sementara Whitehat menggunakan teknik natural. Perpaduan dua teknik ini lantas sering dikenal dengan istilah Greyhat.

Pentingnya SEO

Selain meningkatkan peringkat website di halaman pencarian Google, SEO juga punya banyak manfaat dahsyat lainnya. Terutama bagi para pemilik situs jualan online, SEO efektif dalam menambah jumlah kunjungan dan berpotensi menaikkan jumlah penjualan.

Sementara bagi para publisher, SEO berguna mendatangkan pengunjung lewat kata kunci yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini secara tak langsung juga akan meningkatkan pendapatan.

Metode Kerja SEO

SEO bekerja dalam beberapa langkah. Crawling adalah salah satu yang paling umum diketahui. Dalam metode ini Google akan mengambil data sejumlah halaman web yang terhubung dengan satu situs. Fungsi ini dilakukan oleh Googlebot atau sering juga disebut spider/crawler.

Berikutnya ada processing. Di sini mesin pencari akan membandingkan kata kunci yang diketikkan di kolom pencarian dengan informasi di beberapa halaman web berbeda.

Selanjutnya Google akan menghitung seberapa relevan informasi yang diterima dari halaman web, dengan kata kunci yang dimasukkan user. Data-datanya berasal dari deretan situs yang telah terindeks.

Terakhir, Google akan menampilkan hasil pencarian di browser. Algoritma pencarian ini bakal terus diupdate secara berkala, agar user bisa mendapatkan hasil seakurat dan serelevan mungkin.

Poin Penting SEO

Ada beberapa poin penting yang harus diketahui dalam SEO. Pertama adalah keyword. Bagi para pemilik usaha misalnya, konten harus mengandung kata kunci relevan agar situs bisa mudah ditemukan di Google. Namun agar cakupannya tidak terlalu luas, gunakan keyword yang lebih panjang dan spesifik. Misalnya, alih-alih menggunakan kata kunci ‘wedding organizer’, pilihlah ‘wedding organizer jogja’.

Berikutnya, jangan lupa menambahkan link menuju situs lain yang relevan dan terpercaya. Contohnya jika menulis tentang kuliner malam jogja, tambahkan tautan menuju laman yang membahas wisata jogja atau agen travel jogja. Metode ini dikenal dengan istilah backlink dan cukup efektif meningkatkan ranking situs.

On-page dan Off-page SEO juga harus diperhatikan. On-page SEO meliputi segala sesuatu yang terlihat dalam konten dan berhubungan dengan optimasi mesin pencarian. Mulai dari penggunaan kata kunci hingga konten relevan. Sementara off-page berkaitan dengan teknik optimasi di balik layar, meliputi anchor text, penamaan image, dan masih banyak lagi.

Optimasi untuk Website Baru

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website baru. Pertama, cek apakah halaman web sudah terindeks di Google. Cukup ketikkan site: nama website di kotak pencarian. Jika ternyata hasilnya belum maksimal, daftarkan laman tersebut di Google Submit Url.

Berikutnya pastikan bahwa isi situs sudah berkualitas. Artinya, pengunjung tak lantas kabur setelah beberapa detik setelah masuk web. Sebuah laman akan dianggap Google berkualitas jika sanggup membuat pengunjungnya betah berlama-lama.

Terakhir, jangan lupa optimasi tampilan dan kecepatan loading website. Apalagi belakangan ini orang lebih suka mengakses Internet lewat perangkat mobile. Lakukan pengecekan di g.co/mobilefriendly untuk memastikan apakah laman sudah ramah smartphone dan bisa diakses dalam waktu relatif cepat.

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *