Pentingnya UMKM Melek Digital Marketing di Era 4.0 Ini!

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki jumlah yang sangat banyak di Indonesia. Namun menurut data yang dipaparkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2018, masih sedikit sekali usaha kecil yang go online atau melek digital marketing. Padahal untuk siap bersaing di era industri 4.0 ini, penting sekali menguasai skill tersebut..

Banyak keuntungan yang ditawarkan jika UMKM mulai memasarkan produknya melalui sistem online. Para pelaku usaha kecil perlu menyesuaikan perubahan gaya hidup masyarakat modern yang sudah serba digital. Inilah keunggulan-keunggulan yang ditawarkan jika UMKM merambah dunia digital marketing.

Menjangkau Pangsa Pasar yang Lebih Luas 

Keuntungan pertama adalah mendapatkan pasar yang lebih luas jangkauannya. Jika biasanya konsumen datang dari orang-orang sekitar, dengan digital marketing pasar akan lebih luas. Mereka bisa menemukan bisnis UMKM hanya dengan mengklik di internet. Informasinya akan terpampang dengan gamblang. Pelanggan bisa datang dari berbagai tempat, bahkan memungkinkan juga konsumen datang dari luar negeri.

Menghemat Biaya Promosi

Ada banyak perbedaan traditional marketing dan digital marketing, salah satunya dalam hal pembiayaan. Jika ingin memangkas budget dalam hal pemasaran, teknik satu ini lebih disarankan. Promosi bahkan bisa gratis di berbagai media, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Tidak perlu repot untuk mencetak banner dan lain-lain.

Tidak Terbatas Oleh Waktu

Calon pembeli bisa melihat-lihat barang kapan saja, waktunya lebih fleksibel. Hal ini berarti keuntungan bisa datang setiap saat. Pastikan untuk memberikan informasi yang mendetail dan terpercaya. Selain itu sebagai penjual disarankan untuk fast respon dengan berbagai pertanyaan dari calon pembeli. Dengan begini, usaha bisa semakin berkembang.

Siap Bersaing dengan Kompetitor

Pastinya akan banyak kompetitor di luar sana, baik itu perorangan maupun perusahaan. Dan digital marketing ini memungkinkan para pelaku usaha kecil bersaing dengan siapapun. Tidak hanya bersaing, belajar dari kompetitor pun juga memungkinkan. Karena produk yang ditawarkan terbuka, para pelaku usaha bisa belajar dan terus berinovasi supaya tidak kalah dengan lainnya.

Proses Jual Beli Lebih Mudah

Keuntungan lainnya yang perlu untuk diingat adalah dengan melakukan digital marketing transaksi jual beli makin mudah. Jika dahulu perlu mempersiapkan toko atau mengikuti bazar-bazar untuk mengenalkan produk, sekarang tinggal online saja. Pekerjaan akan jauh dimudahkan, prosesnya juga lebih cepat serta uang segera di tangan.

 

Jangan sampai ketinggalan dengan kompetitor lainnya, pelajari segera digital marketing untuk berbagai usaha yang dijalani. Jika tidak memungkinkan untuk belajar, bisa menyewa jasa profesional untuk melakukannya.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Inilah Keuntungan yang Didapat dari Menyewa Jasa Digital Marketing Profesional!