Tips Jualan

Penuhi 10 Kriteria Ini Untuk Mencari Rekan Bisnis

Berbisnis dan berteman jelas dua hal yang berbeda. Rekan bisnis adalah teman, tapi teman belum tentu bisa menjadi rekan bisnis. Seorang rekan bisnis memiliki peranan penting untuk mendukung bisnis yang Anda jalankan dengan keterampilan yang dibutuhkan. Bisa diartikan juga bahwa rekan bisnis adalah orang pertama yang kita tuju saat ingin membagi tugas perusahaan. Lantas bagaimana cara memilih mitra usaha atau rekan bisnis yang tepat? Pilihlah yang memiliki 10 kriteria berikut agar usaha Anda semakin berkembang.

Punya Visi dan Misi yang Sama

Pastikan calon rekan bisnismu memiliki visi dan misi yang sama. Kalau visi dan misi saja sudah berbeda, pasti kedepannya akan kesulitan dalam menjalankan bisnis bersama-sama. Jika sudah terlanjur memiliki rekan bisnis yang tidak yakin dengan visi kita, lakukan yang terbaik untuk membantu dan meyakinkan mereka memahami visi yang kita emban.

Punya “Nilai” yang Sama

Meskipun Anda bisa menghargai pendapat orang lain, memilih teman yang memiliki nilai yang sama denganmu tetaplah penting. Hal itu akan membuat Anda tidak mudah terpengaruh oleh orang-orang yang tidak menjunjung tinggi nilai dan standar hidupmu.

Satu Arah

Bila Anda memberi tahu rekan Anda apa yang ingin Anda lakukan, mereka dapat membantu untuk tetap bertanggung jawab dan menindaklanjutinya. Inilah yang disebut partner ideal. Hal itu bisa membuat Anda dan rekan akan selalu saling mendukung. Izinkan juga mereka untuk mengevaluasi dan mengkritisi kinerja Anda, begitu pun sebaliknya.

Pilih Orang yang “Get-it

“Get-it” artinya orang yang serius tentang tujuan mereka dan serius tentang kesuksesan. Mereka tidak memperlakukan hidup dengan santai atau membuang waktu untuk hal-hal yang sembrono.

Orang-orang seperti itu mengambil tindakan cepat dan menyelesaikan sesuatu. Jika Anda menganggap diri sendiri sebagai orang yang bisa melakukannya, penting bagi Anda untuk memiliki rekan bisnis yang beroperasi dengan cara yang sama.

Pilihlah yang Kompeten

Carilah rekan yang memiliki kemampuan berbisnis, sehingga kerja Anda akan lebih ringan. Jangan sampai memilih rekan bisnis hanya karena teman dekat atau saudara yang tidak memiliki keterampilan. Ujung-ujungnya pekerjaan Anda malah jadi makin berat.

Pilih yang Standar Moralnya Tinggi

Standar moral yang tinggi akan membuat seseorang menjadi pengusaha yang beretika. Jika Anda berfokus untuk membawa hidup, karier, maupun bisnis ke tingkat berikutnya, mengapa tidak bergaul dengan orang-orang seperti ini? Mereka dapat membantu memperkaya cara berpikir Anda.

Coba untuk keluar dari zona nyaman dan menghabiskan waktu bersama teman-teman yang dapat membuka wawasan. Termasuk dalam hal rekan bisnis.

Pilih yang Bisa Saling Mengisi

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan. Carilah rekan bisnis yang memiliki keahlian di bidang yang tidak Anda kuasai. Dengan begitu, Anda dan rekan Anda bisa saling mengisi dan melengkapi layaknya pasangan hidup.

Pilih yang Menenangkan, Memotivasi, dan Mendorong Anda

Jenis rekan bisnis ini juga merupakan mitra tujuan yang hebat. Tentunya tidak ada yang menginginkan teman yang membawa pengaruh negatif,sama halnya dengan rekan bisnis. Carilah yang selalu bisa menenangkan dan memotivasi Anda. Jangan sampai ketika bisnis sedang sulit, Anda harus berjuang seorang diri lantaran salah memilih rekan bisnis.

Pilih yang Haus akan Ilmu

Hidup adalah belajar, tumbuh dan berkembang. Dengan teman seperti ini, Anda bisa saling belajar satu sama lain. Selalu menyenangkan memiliki teman yang bisa merekomendasikan buku bagus atau berbagi informasi untuk membantu Anda. Teman-teman yang merupakan pembaca setia biasanya adalah pembicara yang hebat dan menyenangkan untuk diajak bicara juga.

Dapat Dipercaya

Apakah Anda sudah sangat percaya dengan calon rekan Anda? Kalau masih ragu atau curiga, maka lebih baik carilah rekan yang baru. Rasa percaya ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Jangan sampai hubungan Anda berdua diselimuti kecurigaan yang akan mengganggu bisnis ke depan.

Hati-hati berbisnis bila Anda hanya berperan sebagai rekan yang memberikan uang, tidak memberikan waktu, dan tidak melakukan apa-apa untuk usaha. Suatu saat, usaha akan dikuasai oleh rekan Anda yang memiliki lebih banyak waktu.

Karena, dengan menghabiskan waktu untuk usaha, rekan Anda yang lebih tahu seluk beluk perusahaan. Begitu mendapat untung, bisa saja dia berpikir untuk tak lagi melanjutkan kerja sama bisnis dengan Anda, melainkan membuka usaha sendiri.

Jadi, jangan sampai Anda salah memilih rekan bisnis ya. Jangan sampai dengan memilih rekan bisnis malah membuat bisnis Anda dibawa kabur atau bangkrut. Semoga tipsnya bermanfaat 😉

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *