Perkuat Kekompakan dengan Kegiatan Menyenangkan di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh umat muslim di dunia, karena di bulan inilah Allah SWT melimpahkan berkah dan melipatgandakan pahala bagi mereka yang melakukan kebaikan dan beramal sholeh. Di bulan Ramadhan setiap muslim di seluruh dunia diwajibkan melaksanakan puasa. Dalam melaksanakannya, kita dituntut untuk tetap aktif dan semangat dalam berkegiatan.

Namun tak sedikit orang menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan hingga menurunnya produktifitas kerja. Hal ini amat riskan jika sampai dialami oleh para karyawan online shop, khususnya penjual produk-produk yang laris selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Alasannya karena setiap memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri dipastikan akan terjadi lonjakan pembeli dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Apabila karyawan tidak semangat dalam bekerja, kemungkinan bisa berdampak pada performa mereka dalam memberikan pelayanan kepada customer. Oleh karena itu, Anda sebagai owner harus memiliki siasat bagaimana cara menjaga kekompakan dan semangat kerja karyawan selama bulan Ramadhan.

Berikut beberapa hal positif yang bisa Anda lakukan bersama karyawan selama bulan Ramadhan, agar mereka bisa tetap kompak, semangat, dan produktif meskipun sedang berpuasa.

Ngabuburit Asik sambil Menunggu Berbuka

Menjalin kekompakan dengan karyawan sangat diperlukan guna meningkatkan semangat dalam bekerja. Selama bulan Ramadhan, Anda bisa meningkatkan kekompakan tim kerja dengan mengajak mereka ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka.

Bhayangkari Polda Sulteng Bagi-Bagi Takjil Gratis. [sumber]
Ngabuburit tidak hanya diisi dengan jalan-jalan saja, namun Anda bisa mengemasnya dengan kegiatan positif seperti membagikan takjil gratis di jalanan atau dengan mendatangi salah satu panti asuhan untuk melakukan santunan. Setelah kegiatan, bisa dilanjutkan dengan acara berbuka bersama. Wah, pasti semakin seru tuh kegiatannya!

Jalin Kekompakan dengan Buka Bersama

Ajak karyawan Anda berbuka bersama di luar kantor.

Kalau di hari biasanya ada acara makan siang bersama, di bulan Ramadhan Anda bisa menggantinya dengan acara buka bersama tim kerja. Saat buka bersama, Anda bisa sambil mengevaluasi kinerja karyawan, mintalah mereka menyampaikan kritik dan saran yang positif bagi perusahaan. Di sinilah Anda akan mengetahui keinginan karyawan Anda, semoga tidak ada yang menyarankan kenaikan gaji, ya. 😀

Sahur on The Road

Ilustrasi kegiatan Sahur on the Road, berbagi dengan kaum dhuafa. [sumber]
Jika buka bersama terlalu mainstream, Anda bisa mengajak karyawan Anda untuk melakukan sahur on the road. Membagikan makanan untuk santap sahur kepada orang-orang yang kurang beruntung dan harus mengais rezeki di pagi hari tanpa kenal lelah di bulan yang suci ini bisa menjadi ladang amal untuk Anda dan tim kerja. Tetapi yang harus Anda ingat adalah tujuannya untuk membantu sesama bukan mengganggu ketertiban umum.

Sejukkan Kantor dengan Ngaji Bareng

Ilustrasi siraman rohani di perkantoran. [sumber]
Jika sebagian besar karyawan Anda adalah seorang muslim, tidak ada salahnya mendatangkan ustadz untuk mengisi pengajian di kantor. Dengan diadakannya pengajian, diharapkan semua karyawan mendapatkan siraman rohani agar lebih meningkatkan kinerjanya yang sesuai dengan ajaran agama.

 

Bekerja saat berpuasa memang agak lebih berat dari hari biasa. Tapi yakinlah, ibadah bukan hanya puasa, sholat, dan bersedekah. Selama pekerjaan Anda halal dan bertujuan baik, pekerjaan Anda juga ibadah. Semoga Anda dan tim tetap semangat dalam bekerja selama berpuasa, ya!

Comments