Punya Toko Offline, Masih Perlukah Toko Online?

peralatan untuk jualan

Memiliki toko sendiri memang menjadi idaman banyak orang. Bagaimanapun juga memang tidak ada yang mengalahkan sensasi serunya punya toko fisik, dikunjungi banyak orang. Menata barang jualan di display, membuka tutup toko dan masih banyak lagi. Terlebih jika lokasinya strategis, dagangan bakalan laris manis.

Jika sudah nyaman berjualan secara offline, sebenarnya apakah masih perlu membuka toko online? Hal-hal di bawah ini membantu Anda memutuskan apakah tetap butuh buka toko online atau cukup offline saja:

Jenis Barang yang Anda Jual

Barang yang Anda jual berpengaruh terhadap keputusan apakah membuka toko online atau tidak. Hal ini karena, banyak barang yang juga dijual offline di banyak tempat. Jadi tidak ada alasan bagi pembeli untuk membeli secara online. Atau barang tersebut sangat besar atau berat sehingga malah mahal di onkir.

barang yang dijual
barang yang dijual

Contohnya saja, jika Anda berjualan gula pasir maka jika dionlinekan maka tentu saja jarang bahkan mungkin peminatnya tidak ada. Lebih baik beli offline saja bukan? Paling jika selisih juga tidak banyak, tetap nombok di onkir. Namun jika Anda berjualan barang yang unik dan tidak banyak dijual offline atau penjual lain, maka buka toko online bisa dipertimbangkan. Contohnya: rangkaian bunga dari flannel.

Ada Atau Tidak Tenaga Untuk Mengurus Toko Online

Toko online prinsipnya sama seperti toko offline, bedanya ada pada bentuk fisik toko dan alokasi tenaga. Membersihkan toko, melayani pembeli secara langsung berganti menjadi melayani chat dari customer dan membungkus pesanan kemudian mengirimnya ke ekspedisi. Ini wajib Anda perhitungkan, ada tidak tenaga untuk mengerjakannya?

pisahkan uang
Manajemen SDM toko online

Jika tidak, pesanan bisa keteteran dan yang paling fatal, customer pada kabur. Jika memang ada tenaganya, bisa dikerjakan namun jika tidak, tetap focus pada toko offline saja tidak masalah.

Lokasi Tempat Tinggal Anda

Jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya maka jualan online peluangnya besar. Hal ini dari sisi grosir barang dari supplier dan juga ongkos kirim ke customer. Pilihan ekspedisi juga lebih banyak.

lokasi tempat tinggal dan toko anda
lokasi tempat tinggal dan toko anda

Berbeda jika tinggal di kota kecil, misalnya Bondowoso. Letaknya yang bukan jalur utama, membuat distribusi barang dari supplier dan ongkos kirim ke tempat customer juga lebih mahal. Ini bisa jadi pertimbangan penting sebelum membuka online shop.

Perangkat Untuk Membuka Online Shop

Salah satu kunci kesuksesan online shop adalah perangkat yang dimiliki. Misalkan Anda berjualan peralatan makan, maka foto yang cantik dan jelas akan menarik minat calon pembeli. Ini tentu butuh modal bukan? Belum lagi perangkat seperti handphone atau laptop untuk menghandle orderan customer.

peralatan untuk jualan
peralatan untuk jualan

Jika Anda sudah memiliki perangkatnya maka silakan membuka online shop. Jika belum maka dimulai dengan hal sederhana tidak masalah. Yang penting adalah niat dan kerja keras yang benar-benar bertujuan agar online shop berjalan lancar.

Itu dia tips membuka online shop bagi Anda pemilik offline shop. Semoga bermanfaat.

Comments