Tips Jualan

Ragam SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website!

Website merupakan salah satu teknik digital marketing yang cukup ampuh mendatangkan customer. Maka dari itulah, tidak hanya dibangun, website juga perlu untuk dioptimasi untuk membuatnya bertengger di halaman pertama mesin pencari. Caranya? Bisa melakukan optimalisasi dengan Search Engine Optimization (SEO).

Guna memaksimalkan praktik SEO, perlu sekali menggunakan SEO tools. Ada banyak jenis yang ditawarkan, dari yang berbayar sampai dengan gratis. Meskipun gratis sama-sama memberikan manfaat dan bisa bersaing untuk merajai search engine. Inilah rekomendasi SEO tools gratis untuk membuat website bisa nangkring di halaman pertama mesin pencarian.

Google Analytics

Namanya adalah Google Analytics yang tersedia dalam versi berbayar ataupun gratis. Kegunaan utamanya adalah menampilkan statistic pengunjung di website. Hasilnya akan terperinci, mulai dari jumlah page views, new visitor, returning visitor, dari mana pengunjung berselancar di internet (Google, Bing, Safari, dan lain-lain), bahkan juga devices yang digunakan. Bisa juga menganalisa keyword yang mendatangkan banyak pengunjung.

Google Keyword Planner

Masih dari Google, ada yang namanya Google Keyword Planner. Fungsi utamanya adalah mencari dan menganalisa keyword yang tepat untuk iklan. Tapi pada penggunanya, alat satu ini juga membantu tugas SEO. Bisa mencari ide kata kunci yang akan ditulis, mengetahui jumlah keyword yang sedang berkembang di mesin pencari, dan lain-lain.

MOZ

MOZ merupakan sebuah software SEO yang berbasis di Amerika. Tujuan utamanya untuk mengetahui domain authority (DA) dan page authority (PA) sebuah website. Makin tinggi PA dan DA yang dimiliki sebuah website maka makin besar pula peluang untuk bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari. Hal tersebut berguna sebagai tolok ukur berkualitas atau tidak sebuah website. Ada versi MOZ berbayar, tentunya memiliki fitur yang lebih mumpuni.

Ubersuggest

SEO tools gratis lainnya yang disarankan adalah Ubersuggest. Fitur yang ditawarkan Ubersuggest cukup lengkap. Bisa digunakan untuk mencari rekomendasi keywords, melihat overview performa website, data backlink, dan lain-lain. Tidak hanya memiliki banyak manfaat, Ubersuggest juga memiliki user interface yang ramah untuk para penggunanya. Sudah gratis, menawarkan banyak sekali bantuan.

 

Meskipun gratis, SEO tools yang disebutkan di atas cukup membantu dalam optimasi website. Jika sudah begitu, meningkatkan trafik bukan impian lagi. Jangan lupa untuk terus melakukan inovasi dalam teknik SEO, website nangkring di halaman pertama search engine, pelanggan berdatangan.

Related posts
Tips Jualan

4 Strategi Ampuh Menjalankan Bisnis Selama New Normal, Dapatkan Target Maksimal!

Tips Jualan

Supaya Tak Habis-habisan, Ini Tips Cerdas Memanfaatkan Diskon Lebaran!

Tips Jualan

Tips Belanja Online Murah Menjelang Idul Fitri, Uang THR Tak Ludes!

Tips Jualan

Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Sign up for our Newsletter and
stay informed