Step-by-Step Guide for Successful Sales

Punya produk bagus tapi tidak pernah laku?  Kira-kira apa penyebabnya?? Banyak faktor yang mendukung kesuksesan penjualan suatu produk, tapi salah satu yang paling penting adalah kemampuan menjual yang baik. Maka dari itu belajar cara menjual yang baik amat penting bagi siapapun. Tak peduli apakah Anda seorang frontliner, manajer, atau mungkin seorang teknisi. Kemampuan menjual akan sangat berpengaruh terhadap potensi penjualan produk Anda.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak percaya diri saat berjualan karena harus bertatap muka dan pandai berkata-kata secara langsung dengan prospek. Untungnya sekarang ada internet. Berkat internet, Anda bisa mulai bisnis online tanpa harus bertemu langsung dengan calon customer.

Yuk simak beberapa langkah berikut untuk mensukseskan penjualan online shop Anda dari 4 aspek yaitu Sales Attitude, Sales Call, Follow-up email  dan Discovery Call 😉

 The Sales Attitude

  1. Selalu bersikap ramah dan santun terhadap calon customer
  2. Berikan perhatian yang sama terhadap semua customer
  3. Layani customer dengan cepat dan memuaskan
  4. Selalu berikan solusi yang terbaik atas masalah yang dihadapi para customer
  5. Aktif bertanya apakah ada saran atau keluhan yang mereka hadapi selama menggunakan produk Anda

 The Sales Call

  1. Salam pembuka sangat penting untuk mengawali percakapan Anda dengan customer
  2. Kenali siapa customer Anda
  3. Gunakan volume dan nada suara yang konsisten
  4. Perhatikan kecepatan bicara Anda, jangan sampai terlalu cepat hingga sulit dimengerti
  5. Pilihlah kata yang sopan dan mudah dipahami, tapi tidak membosankan
  6. Ucapkanlah kata-kata secara jelas
  7. Sebutkan nilai guna dan manfaat dari produk Anda, buat hingga customer tertarik dengan produk Anda
  8. Tawarkan untuk melihat tutorial atau mencoba demo (untuk produk yang bisa dibuat tutorial/demonya)
  9. Sampaikan salam penutup dan ucapan terima kasih karena telah meluangkan waktunya untuk Anda
  10. Selalu jaga hubungan baik dengan customer, meskipun yang sudah jadi customer langganan

 The Follow-Up Email

  1. Gunakan desain template yang tidak monoton untuk follow-up email ke customer, tapi jangan over design yaa
  2. Kirimkan email konfirmasi sebagai persetujuan customer untuk selalu menerima info terupdate dari produk Anda
  3. Setiap minggunya, kirimkan email yang berisi link artikel pada blog Anda. Artikel bisa berisi penjelasan fitur, manfaat dan kelebihan produk Anda, serta tips dan trik dengan topik yang sedang trend saat ini
  4. Kirimkan email yang berisi update produk terbaru Anda, bisa berupa catalog produk atau bentuk lainnya yang menarik.

The Discovery Call

  1. Review apa saja saran dan kritik yang customer berikan untuk kemajuan produk atau jasa yang Anda kelola
  2. Perbaiki produk Anda sesuai kebutuhan dan keinginan customer
  3. Klarifikasi problem yang terjadi dan gambarkan bagaimana produk atau jasa Anda akan mengatasi masalah mereka
  4. Jika ada kekurangan pada produk atau jasa Anda, berikan pemahaman yang detail ke customer tentang rencana perbaikan produk atau jasa Anda ke depannya
  5. Buat matriks bisnis Anda, berupa grafik yang bisa menggambarkan penjualan Anda setiap bulannya, hal itu akan membantu Anda dalam menganalisa strategi bisnis yang dapat Anda terapkan pada bulan berikutnya

Nah, itu dia 4 langkah yang dapat mendukung kesuksesan penjualan produk atau jasa Anda. Intinya, pastikan bahwa customer selalu terhubung dengan Anda. Jalinlah hubungan baik dan selalu berikan produk yang terbaik untuk mereka. Good luck 😉

Comments