Tips Jualan

Sudah Tahu? 10 Situs Penyedia Foto Gratis Berikut Ini Cocok untuk UKM dan Startup Lho!

Sebagai UKM dan startup, menggunakan foto asal comot dari berbagai media tentunya cukup berbahaya. Bagaimana tidak, alih-alih mendapatkan konsumen, yang ada Anda bisa terkena sanksi pidana pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu, kehadiran situs penyedia foto gratis sangat dibutuhkan oleh pemilik bisnis rintisan dan UKM.

Berbagai jenis foto bebas royalty bisa Anda temukan, lho! Mulai dari foto bertemakan manusia, perkotaan, hingga perjalanan bisa Anda dapatkan di berbagai situs penyedia foto gratis. Penasaran? Yuk langsung kita simak beberapa situs di bawah ini!

Pexels

Pexels menyediakan banyak sekali foto high quality yang dapat Anda gunakan secara gratis, karena setiap foto dilindungi oleh lisensi Creative Commons Zero (CC0). Selain itu, tiap foto di situs ini juga memiliki tag masing-masing, sehingga lebih mudah untuk dicari tanpa harus mengeceknya satu persatu. Tidak hanya itu, Pexels juga menyediakan footage video gratis yang bisa Anda gunakan.

Akses Pexels selengkapnya di sini.

Unsplash

Sebagai situs penyedia foto gratis, kualitas Unsplash tidak perlu Anda ragukan lagi. Situs ini menyediakan ribuan foto yang bisa Anda download dan gunakan secara gratis, karena telah dilisensi khusus oleh Unsplash sendiri. Banyak UKM dan startup yang sudah menggunakannya. Kategori yang dihadirkan juga cukup beragam dan sesuai kebutuhan.

Akses Unsplash selengkapnya di sini.

StockSnap.io

Di StockSnap.io, Anda bisa menemukan ribuan foto dari kontributor yang tentunya bisa digunakan secara gratis. Ada fitur pencarian yang juga memudahkan Anda menemukan foto yang sesuai dengan bisnis Anda. Selain itu, situs ini juga menyediakan fitur tracking yang memungkinkan Anda melihat foto dengan download terbanyak dan populer.

Akses StockSnap.io selengkapnya di sini.

MMT Stock

Jika Anda sedang mencari foto bertemakan kantor atau komputer, MMT Stock adalah pilihan yang tepat. Situs penyedia foto gratis ini dimiliki oleh Jeffrey Betts dan di-update secara berkala oleh sang pemilik. Selain kedua tema di atas, MMT Stock juga menyediakan foto bertemakan alam dan tumbuhan. Semua foto bisa digunakan gratis berkat lisensi Creative Commons Zero (CC0).

Akses MMT Stock selengkapnya di sini.

Reshot

Processed with VSCOcam with a6 preset

Capek dengan stok foto yang itu-itu saja? Berarti Anda harus coba berselancar ke Reshot! Berbagai foto di situs ini dikurasi sesuai kebutuhan startup, freelancer, dan juga bisnis kreatif yang membutuhkan foto bertema tidak biasa. Mulai dari foto potret model, arsitektur, hingga makanan bisa Anda temukan di sini. Seluruh fotonya bisa digunakan gratis tanpa perlu lisensi apapun.

Akses Reshot selengkapnya di sini.

Pixabay

Bagi Anda yang mencari foto, ilustrasi, dan juga vekto, Pixabay layak untuk dijadikan pilihan. Menurut klaimnya, situs penyedia foto gratis ini memiliki sekitar 1,5 juta stok foto dan video yang bisa Anda gunakan di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0). Selain itu, tersedia fitur pencariannya juga cukup responsif.

Akses Pixabay selengkapnya di sini.

Foodiesfeed

Berbeda dengan situs lainnya yang menyediakan foto dengan berbagai kategori, Foodiesfeed menyediakan foto makanan dan minuman dengan tampilan yang realistis dan menggugah selera. Jika kebetulan Anda memiliki lini bisnis dalam bidang F&B, situs ini layak untuk dijadikan pilihan. Tersedia juga tag healthy dan close up untuk memudahkan Anda dalam pencarian.

Akses Foodiesfeed selengkapnya di sini.

Kaboom Pics

Kaboom Pics menyediakan koleksi foto high quality dengan berbagai kategori, seperti abstrak, fashion, arsitektur, lanskap, dan masih banyak lagi. Meskipun setiap foto di situs ini bisa Anda gunakan secara gratis, tetapi Anda dilarang untuk menjual atau mendistribusikannya kembali. Untuk digunakan di situs atau social media tetap aman kok.

Akses Kaboom Pics selengkapnya di sini.

Little Visual

Untuk situs penyedia foto gratis ini, ada cerita menyedihkan di belakangnya. Pemilik Little Visual telah meninggal, tapi karya fotonya tetap bisa Anda gunakan secara gratis. Semua foto yang Anda temukan di sini termasuk dalam public domain di bawah lisensi creative commons yang dapat Anda gunakan secara bebas.

Akses Little Visual selengkapnya di sini.

StyledStock

Jika kebetulan bisnis Anda bergerak di bidang yang lebih feminim, StyledStock merupakan pilihan yang menarik untuk disimak. Situs ini menawarkan ribuan koleksi foto bertemakan wanita seperti make up, fashion, aksesoris, dan masih banyak lagi. Fitur menarik dari situs ini adalah Filter by Color, yang memungkinkan Anda mencari foto berdasarkan warna di tiap foto.

Akses StyledStock selengkapnya di sini.

 

Itulah beberapa situs penyedia foto gratis yang bisa Anda jadikan pilihan untuk mencari sumber foto berkualitas tanpa takut terkendala hak cipta. Manakah kira-kira yang jadi favorit Anda?

 

Sumber: Snappa Blog

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *