Sukses Berbisnis di Marketplace B2B

Marketplace B2B saat ini mungkin sudah bukan hal yang baru bagi masyarakat modern. Bisa dikatakan, marketplace B2B (business to business) adalah platform di mana penjual dan pembeli yang merupakan UMKM maupun perusahaan skala besar, bisa saling menyampaikan informasi terkait produk dan bertransaksi cukup di satu tempat.

Dengan marketplace B2B, pembeli bisa menemukan barang atau jasa yang dibutuhkan dengan lebih cepat dan biaya terjangkau. Sedangkan, si penjual juga dapat menjangkau para pelanggan secara lebih luas. Maka itu, banyak pelaku usaha yang melirik platform marketplace B2B untuk mengembangkan sayap bisnisnya yang lebih prospektif. Bagaimana cara sukses berbisnis di marketplace B2B? Mari simak ulasannya, berikut ya.

Karakteristik Bisnis B2B

Ada beberapa karakteristik bisnis B2B yang perlu dipahami para pelaku usaha, antara lain:

  • Pesanan atau order dalam skala besar.
  • Hubungan antara pembeli dan penjual terjalin dengan baik.
  • Calon pelanggan dapat dipilih dan disegmentasikan.
  • Lebih banyak orang terlibat dalam pembelian (misalnya, divisi keuangan, divisi teknik, manajemen, dll).
  • Diperlukan platform khusus yang terintegrasi dan memiliki fitur memadai untuk memudahkan transaksi secara aman, akurat, dan online.
Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Pentingnya UMKM Melek Digital Marketing di Era 4.0 Ini!

Strategi Digital Marketing untuk B2B

Di era serba digital saat ini, bisnis B2B yang dijalankan tentu membutuhkan pemasaran digital atau digital marketing yang efektif. Berikut diantaranya:

  • SEO Website dan Konten Blog

Tanpa SEO, mustahil bisa mendapatkan pengunjung baru ke situs web. Masyarakat modern umumnya mendapatkan semua informasi dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo Search, dll. Maka itu, anda harus menyediakan konten yang ramah SEO dan mudah dikenali oleh mesin penelusuran.

  • Media Sosial

Selain situs web, media sosial turut menjadi kunci sukses berbisnis di marketplace B2B. Hampir 60% calon konsumen meneliti dan memeriksa suatu brand melalui media sosial. Inilah sebabnya, media sosial seperti Instagram atau Facebook dapat menjadi sumber referensi yang umum ketimbang referensi lainnya.

  • Email Marketing

Berbisnis di Marketplace B2B, anda juga perlu merebut perhatian klien atau mitra dengan email marketing yang efektif. Kirimkan surat penawaran yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan klien melalui email. Berikan respon dan layanan yang ramah, sehingga keberhasilan akan semakin mudah diraih.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  Inspirasi Bisnis yang Laku Keras saat Ramadan, Dijamin Menguntungkan!

Keunggulan Marketplace B2B untuk Berbisnis (mengapa memilih marketplace B2B)

Banyak cara sukses berbisnis, namun mengapa anda layak menggunakan marketplace B2B? Berikut beberapa alasannya.

  1. Menjangkau pelanggan dan pasar yang luas

Marketplace B2B dapat menjangkau lebih banyak klien baru atau pasar baru tanpa batas. Karena, transaksi dapat dilakukan secara global, kapan saja dan dimana saja cukup dengan satu platform marketplace B2B.

2. Meningkatkan ranking search engine

Semakin bagus SEO bisnis, maka semakin mudah pelanggan menemukan brand produk atau jasa anda. Dengan marketplace B2B, traffic web dapat meningkat secara instan untuk tampil di halaman pertama Google.

  1. Efisiensi biaya dan waktu

Anda bisa lebih menekan biaya dari segi pemasaran sekaligus menghemat waktu. Sebab, proses transaksi berjalan secara otomatis berbasis online. Transaksi dapat dilakukan secara cepat, sederhana, dan mudah dengan portal marketplace B2B yang efisien.

Tips Sukses Memasarkan Produk di Marketplace B2B

Penjualan yang sukses turut didukung pemasaran produk yang handal. Simak tips-tips terbaik yang dapat anda lakukan berikut ini.

  1. Kenali Pelanggan

Pastikan siapa klien atau mitra anda, kemudian sesuaikan penawaran berdasarkan data yang ada. Bila perlu buat perubahan yang relevan untuk memenuhi permintaan klien anda.

  1. Membuat Katalog Produk

Buatlah katalog secara terperinci, lengkap, dan ada opsi pencarian atau filter untuk mempermudah klien menemukan produk sesuai kebutuhan.

  1. Deskripsi Produk

Penjualan B2B seringkali melibatkan banyak pertimbangan dari beberapa departemen dalam perusahaan. Cara termudah adalah menunjukkan deskripsi produk yang berisi nilai, manfaat, atau keunggulan secara lengkap, termasuk gambar atau video.

  1. Layanan Ramah & Responsif

Tingkatkan pengalaman berbelanja klien anda dengan memberikan layanan ramah dan responsif.

Baca juga Artikel Menarik lainnya:  10 Item Terkeren dengan Diskon Gede-Gedean di Harbolnas

IndoTrading.com Sebagai Marketplace B2B Terbesar se-Indonesia

Mari tingkatkan pemasaran produk bisnis anda di era digital dengan marketplace B2B terbesar se-Indonesia, IndoTrading.com. Daftarkan bisnis anda hari ini dan dapatkan akses ke ribuan informasi proyek, tender, maupun kerjasama bisnis dengan akses website gratis agar perusahaan anda bisa makin sukses jualan di internet. Yuk, daftar sekarang juga!