Tips Jualan

Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Ngiler melihat kawan sukses berjualan di Internet, tapi bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir, ada banyak orang memikirkan hal serupa di luar sana. Kunci pentingnya adalah mengambil langkah-langkah awal yang tepat untuk membangun bisnis online.

Jika dari awal sudah dibangun dengan benar, niscaya usaha akan berjalan mulus dan penjualan bisa terus konsisten. Berikut ini adalah beberapa panduan bisnis online untuk pemula yang bisa dicoba.

Membangun Pola Pikir

Pondasi utama kesuksesan bisnis online adalah pola pikir atau mindset yang benar. Jangan lupa untuk selalu menerapkan sikap mental positif. Hal ini penting sebagai modal awal menggapai kesuksesan.

Seseorang bisa saja punya kemampuan luar biasa dalam membuat halaman web keren, lengkap dengan tampilan dan fitur canggih. Namun semua akan percuma jika tak disertai visi jelas. Bisnis yang dibangun takkan bisa berkembang.

Upayakan berbisnis bukan hanya sekedar untuk mendapat penghasilan. Berikan sesuatu yang bermanfaat untuk sesama. Utamakan pelayanan maksimal untuk banyak orang.

Menentukan Produk

Langkah penting berikutnya adalah menentukan produk yang ingin dijual. Mula-mula identifikasi masalah apa yang muncul di masyarakat. Cari tahu hal-hal yang dibutuhkan orang-orang di sekitar.

Berikutnya tentukan apakah sudah ada solusi atas permasalahan tersebut. Barang atau jasa apa yang kira-kira relevan dan bisa ditawarkan secara online. Jangan sampai produk yang dijual nantinya tidak memiliki pasar.

Jenis produk pun bermacam-macam, mulai dari barang fisik, digital, hingga jasa. Masing-masing menuntut pola konsep usaha dan pemasaran berbeda. Mau tak mau harus ada usaha untuk mempelajari ilmu bisnis.

Membangun Toko Online

Sebagai langkah awal untuk pemula, berjualan di marketplace lebih disarankan. Semua tools sudah tersedia. Penjual tinggal membuat akun baru, mengisi keterangan dan foto produk, selesai.

Jika penjualan sudah konsisten, waktunya beralih ke toko online pribadi. Mengapa demikian? Webshop milik sendiri jauh lebih efektif untuk membangun brand dan menjaring loyal customer, dibanding marketplace. Dua hal ini vital dalam kesuksesan sebuah bisnis online.

Mungkin ada banyak orang yang keburu bingung begitu mendengar kata-kata toko online. Jangan khawatir, membuat web shop sekarang sudah sangat mudah. Ada banyak tools dan template yang bisa digunakan secara gratis. Hanya dalam hitungan jam, toko online sudah bisa dibangun dan siap dipakai berbisnis.

Promosi

Semua jenis halaman web tentu butuh isi alias konten. Untuk toko online, hal-hal yang wajib ada antara lain profil usaha, galeri produk, alamat usaha, cara pemesanan, serta logo. Hal-hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Selanjutnya jangan lupa mempromosikan web shop yang sudah dibuat. Bisa memanfaatkan marketplace atau mesin pencari Google, Bing, atau lainnya lewat teknik SEO. Tentu saja cara terakhir lebih rumit dan khusus bagi mereka yang sudah lumayan ahli.

Maksimalkan sosial media untuk mempromosikan web shop. Rajin-rajin browsing untuk mengetahui hal-hal apa saja yang tengah diminati customer. Pastikan toko yang dibangun bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Gabung Komunitas

Internet memang bisa jadi sumber informasi lengkap. Namun bagi yang ingin serius menjalankan bisnis online, sebaiknya mencari seorang pembimbing. Cari seseorang yang bersedia menjadi mentor atau guru.

Dengan mempelajari pengalaman dari orang yang sudah melalui pasang surut bisnis online, proses coba-gagal-coba lagi bisa diminimalisir. Sukses bakal lebih mudah diraih.

Bergabung dengan komunitas sesama penjual online juga tak ada salahnya. Selain menambah kawan baru, juga bisa terus update informasi soal metode pemasaran dan penjualan terbaru via Internet.

Related posts
Tips Jualan

Trik Membuat Toko Online Mobile Friendly, Jaring Pembeli Sebanyak-banyaknya!

Tips Jualan

Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Tips Jualan

Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Tips Jualan

Panduan SEO Lengkap, Jadi Raja di Google dalam Waktu Singkat!

Sign up for our Newsletter and
stay informed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *